ato19Avatar border
TS
ato19
Tinggal 3 Bulan, DKI Harus Belanjakan Rp 35,48 Triliun
JAKARTA, KOMPAS.com — Kurang dari 100 hari sisa waktu tahun 2013, penggunaan anggaran pendapatan dan belanja DKI Jakarta tahun ini dipantau setiap saat. Penggunaan anggaran itu bergerak setiap menit dan diharapkan terserap maksimal sampai akhir tahun ini.

Sejauh ini, serapan anggaran Provinsi DKI Jakarta baru 22,14 persen dari total target belanja daerah sebesar Rp 45,57 triliun sampai akhir 2013. Dengan demikian, masih ada Rp 35,48 triliun yang harus dibelanjakan Pemerintah Provinsi DKI tahun dalam waktu kurang dari tiga bulan.

"Penggunaan anggaran terus bergerak dari menit ke menit, jam ke jam. Kami terus memantaunya. Memang ini tantangan kami, lelang di akhir tahun semoga bisa lancar dan menyerap anggaran yang dialokasikan," kata Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Provinsi DKI Jakarta Endang Wijayanti, Selasa (8/10/2013) di Jakarta.

Pengesahan perubahan APBD DKI dilakukan pada Senin (30/9/2013) pukul 19.30. Menurut Endang, masih ada puluhan ribu mata anggaran yang belum terserap hingga saat ini. Fenomena ini sudah terjadi bertahun-tahun, di mana puncak penggunaan anggaran sering pada bulan-bulan akhir tahun.

Menurut Endang, proses pencairan anggaran untuk pengadaan barang dan jasa bisa dilakukan dalam waktu kurang dari dua jam saja. Namun, proses lelang proyek yang sering merepotkan, apalagi jika sampai ada yang menyanggah proses lelang itu. "Jika hal itu terjadi, terpaksa kami harus melayani dengan konsekuensi proyek terhambat," kata Endang.

Selama ini, pengadaan barang dan jasa mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang Jasa Pemerintah. Pemprov DKI berniat mengubah pola pengadaan barang dan jasa. Tahun depan sejumlah proyek akan dilakukan dengan menggunakan katalog elektronik.

sumur
semoga abis sampai akhir tahun
0
4.9K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.