Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cw0Avatar border
TS
cw0
Tilang Polisi di Ciawi Bogor
Hari ini ane ama bini pergi ke puncak bogor gan, tanpa diduga ada tilangan di belokan tol ciawi gan. Polisi keliatan banget cari2 kesalahan ane gan. Tapi kelengkapan ane lengkap gan mulai dari helm, spion, tutup pentil sampai lampu besar ane nyalain.
Pas penyerahan STNK dan SIM terlihat petugas tersenyum melihat pajak motor ane telat 2 tahun. Dengan berwajah sedikit disangarkan petugas menunjukan tahun pajak yg telat dibayar. Berikut percakapan ane dan polisi itu gan:
A=ane
P=polisi

P=selamat siang
A=siang pak
P=bisa lihat kelengkapan suratnya pak?
A=Ini pak,(sambil menyerahkan STNK&SIMemoticon-Wink
P=Ini pajaknya telat 2tahun, bapak saya tilang.
A=(dengan hati tertawa geli dan santai ane bilang) Masalah pajak itu urusan saya dengan DISPENDA pak, bukan dengan polisi.
P=(membela diri) sekarang sistemnya beda, motor anda saya bawa dan setelah anda melunasi pajak, baru motor bisa dibawa kembali.
A=(turun dari motor dan sedikit emosi bicara sedikit membentak*semua ini alami gan, ane emosi tanpa dibuat-buat dan siap tempur juga karena ane sayang banget ama motor ane*) Emang motor saya motor bodong? Kalo motor bodong bolehlah diangkut. Jika saya bersalah tahanlah STNK, bukan motor. (dimana2 penilangan cuma ditarik STNK/SIM aja gan).
P=kamu ini dibilangin ngeyel.(menyerahkan STNK∼ ane gan, lalu pak polisi yang berpendidikan itu pergi tanpa permisi melanjutkan cari uang, eh salah, melanjutkan pemeriksaan kendaraan yg lain)

*Memang ane akui ane telat pajak gan, tapi bukan karena ane sengaja melalaikannya, tapi emang ane belum ada duit gan.
Tapi bukan berarti ane berhak dibodohi ama oknum polisi.
Masalah telat pajak toh kita juga membayar dendanya gan.

#Jelas dalam kasus ini polisi niat banget cari uang. Kenapa saya berkesimpulan demikian? Karena sudah jelas, polisi bermaksud menilang ane dengan kesalahan yang mana polisi tidak berhak menindaknya.
#Kesalahan polisi kedua, dia bertindak semena-mena. Ketika kita salah kita dicecar ,ditindak dan dihukum. Ketika dia salah dan kalah adu argumen, dia pergi seenaknya tanpa menyadari kesalahannya.

Hikmah dari kejadian ini gan:
* Jangan mau disalahkan bila agan ga salah.
*Jangan takut berdebat adu mulut dengan polisi jika kita ga salah(ga bakal dipukul ini gan, ane jamin).
*Bila tetap ditilang tanpa salah, minta ketemu aja ama komandan petugas yg berada ditempat penilangan "saya mau bicara sama pangkat tertinggi disini".(ane jamin polisi yg nilang bakal ketakutan gan).

Intinya dari kejadian ini, Pajak telat itu urusan DISPENDA gan, bukan urusan polisi. Kecuali plat nomor agan habis masa berlakunya baru itu urusan polisi.

Sekian informasi yg bisa ane berikan gan, jika bermanfaat ane minta cendol dan rate bintang lima ya gan.
Makasih.
Keep brotherhood and safety riding !
Diubah oleh cw0 04-10-2013 09:26
0
5.7K
72
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.