Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

src.034Avatar border
TS
src.034
Gini nih cara MotoGP pindahan :)
ini jawaban dari soal ke dua untuk agan yang bikin trit Ini

Repsol ato ga, gw ga peduli yang jelas cuman mau sharing... emoticon-Kiss
bantu Rate dong gan, biar sekaskus tau emoticon-I Love Indonesia (S)

Spoiler for orangnya nih gan:


Bro Sekalian, Via artikel ini tmcblog | motoupdate mau berbagi Oleh oleh dari Misano berupa hasil interview dan paparan yang disampaikan oleh Carles Jorba, Operational Director Dorna Sports S.L Tentang bagaimana sih sebenarnya Dorna menghandle logistik Gelaran Sesibuk MotoGP yang kadang bukan hanya memindahkan semua material antara negara eropa yang saling menempel, namun sering juga memindahkan semua material antar benua . . . Sebelumnya terimakasih kepada Shell Advance Indonesia yang merancang agenda Interview dengan salah satu Big Boss Di Dorna ini di Misano Italia dua pekan yang lalu . . . Oke mari kita mulai

Spoiler for motogp:


Berapa sih Angka yang dibukukan oleh material sebesar gelaran MotoGP? Menurut Dorna, material yang harus di pindahkan antar sirkuit dalam gelaran MotoGP adalah sekitar 260 ribu kg atau 260 ton mas bro dimana 210 ton merupakan material tim MotoGP, Moto2 dan Moto3 sekaligus event tambahan seperti Rokie Cup dan 50 ton adalah material Dorna sendiri sebagai EO nya . . . koq banyak banget 50 ton . . . yoi mas bro, cek aja semua peralatan pengukuran, sumberlistrik, sampai peralatan televisi, safety car, pemancar . . . dibawa semua.

Spoiler for motogp:


Dari 210 ton material Tim ini semua dikemas menjadi sekitar 300 box/petikemas dimana masing masing tim memiliki bobot material bawaan sekitar 10-12 ton sedangkan untuk Tim moto2 dan moto3 adalah sekitar 4-6 ton per tim. Proses pengirimannya juga mirip dengan pengiriman barang biasa, semua di asuransikan . . . yaa, walaupun untuk motor motor prototipe macam RCV, M1 dan Desmo GP itu kadang kadang Priceless, namun untuk masalah asuransi tim harus menuliskan secara eksak berapa besar nilai per motor . . .

Spoiler for motogp:


Seperti Kita ketahui juga bahwa perjalanan Race MotoGP kadang dilakukan diantara negara negara eropa seperti misalnya dari seri ke tiga 2013 dari jerez ke lemans lalu ke mugello-Catalunya dan Assen , namun sering juga mereka traveling antar benua misalnya antara seri 1 dan 2 dari Qatar ke Austin USA atau misalnya yang sedang mereka lakukan saat ini dari Aragon Spanyol ke Malaysia. Untuk Perjalanan ANtara Eropa sistem Logistik peralatan menggunakan Truk Motorhome besar (mengenai Seluk belum motor home kita akan bahas sendiri di artikel mendatang) , sedangkan untuk perjalanan Antar benua mereka mengunakan Pesawat Cargo Carteran. So makanya jangan harap ketemu Truk truk motorhome besar di gelaran MotoGP sepang nanti emoticon-Smilie

Spoiler for motogp:


Untuk penerbangan Cargo mereka nggak pakai penerbangan regular tentunya . .. Harus Carteran karena Beban Dorna terhadap masing masing tim untuk masalah logistik ini besar banget, Tim sih tahunya beres, barang sampai di Sirkuit dengan aman. Dorna melakukan Kontrak dengan berbagai maskapai charter dimana 70% merupakan Kontrak langsung dan 30% via perantara Broker . . . Prinsip Dorna dalam pengangkutan Barang adalah YES or YES . . . serem juga nih . . . apa artinya?

Spoiler for motogp:


jadi gini . .. masih ingat kejadian April 2010 dimana gunung Eyjafjallajoekull melakukan aktivitas Vulkanik yang menyebabkan Udara eropa tertutup kabut dan menggagalkan mayoritas penerbangan udara di eropa (No Fly ZOne) ? Masalahnya sejak sehari pasca seri 1 di Qatar semua Petikemas sudah diterbangkan dulu dan sampai di Narita (bandara Tokyo) , namun mayoritas semua rider dan juga Dorna sendiri yang bermarkas di Spanyol nggak bisa berangkat ke jepang . . . so akhirnya MotoGP jepang saat itu di geser ke oktober

Spoiler for motogp:


Kalo personalnya sih bisa menggunakan perjalanan darat, akan tetapi seluruh Logistik harus sampai di jerez sepekan sebelum dimulai yakni 2 mei. Nah, Mr Carles Jorba nggak menjelaskan secara detail apa yang dilakukan oleh Maskapai kargo, pokoknya itu barang barang sudah sampai di jerez tepat pada waktunya . . . Mungkin pesawat itu menggunakan jalur Narita – chicago – jerez atau Narita – Istambul – Jerez . . . ya gitu keuntungan sudah mengantungi kontrak, Pihak maskapai harus semaksimal mungkin mencari alternatif jalur penerbangan lain. Pokoke nggak ada istilah “tapi” barang musti sampe Jerez Yes or Yes

Spoiler for motogp:


Total Perjalanan yang dilalui oleh tim, peralatan dan dorna sendiri tiap tahunnya adalah sekitar hampir 100 ribu km dimana 86,6 ribu km via udara dan 13,25 ribu km ditempuh truk truk besar via darat.

Ada pertanyaan penting . . . Dari tmcblog ke Carles Jorba saat interview yakni . . . apa sih aksi logistik yang dilakukan oleh Dorna selaku EO saat MotoGP dilakukan Back to back hanya dalam hitungan 1 pekan seperti misalnya tahun ini dari Indianapolis-Brno-Silverstone? edaaan kan 260 ton harus dipindahkan dan ditata antar benua-antar negara dalam 1 pekan? Mr Jorba menjelaskan secara terperinci gini . .

Spoiler for motogp:


Misalnya hari ahad/minggu Jam 20:00 setelah gelaran MotoGP biasanya tim tim sudah selesai membereskan/mengemas semua peralatan pribadi tim. Dorna sendiri dengan sekitar 50 ton peralatannya baru selesai sekitar jam 24:00 . . . nah first flight itu biasanya sudah dilakukan sekitar jam 3/jam 4 pagi hari berikutnya sehingga time line yang diharapkan adalah sekitar senin malam atau selasa pagi barang barang sudah di unload dari pesawat di Bandara terdekat dengan sirkuit, yang lalu setelah itu petikemas diangkut ke sirkuit via transportasi lokal. Setelah itu persiapan 3 hari dari selasa sampai kamis dilakukan semua seperti pemasangan kamera, lap timer, advertising di sikuit dll sehingga jumat biasanya sudah bisa dilakukan Free Practice 1 . . . bengiiis

Spoiler for motogp:


Pertanyaannya . . . Berapa sih personal Dorna . . . cekidot infogram diatas . . . Sangat simple dan Efesien, Dari dorna sendiri cuma ada 2 orang yakni Mr Jorba sendiri dan seorang staffnya lalu ada 21 orang yang dikontrak dorna ikut bersama barang plus 7 orang dari perusahaan partner ditambah biasanya 12 orang dari perusahaan dan otoritas Lokal . . . edaaann, 260 ton barang, 100ribu km mengelilingi dunia . . . cuma ditangani segini orang doang mas brooo . . . nahhh begitulah sekilas kupasan mengenai Logistik MotoGP . . . so Nontonnya sih enak, tapi kalo ngebayangin ngangkutnya segitu banyak tmcblog | motoupdate harus angkat topi berkali kali sama dorna he he he . . . silahkan dikunyah kunyah, silahkan nantikan artikel menarik lain seputaran Hidup di gelaran MotoGP . . . semoga berguna

Spoiler for packing garasi rizla suzuki:


Spoiler for Behind the scene MotoGP:


Semoga bermanfaat... emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
menerima cendol emoticon-Matabelo

Quote:
Diubah oleh src.034 14-11-2013 03:04
0
32.9K
221
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.