Selamat datang di thread ane Gan, maaf kalo ada salah2 karena ini pertama kalinya belajar buat thread. Maklum Gan masih newbie...
Oke langsung aja deh Gan, disini TS mau sedikit share tentang sejarah dan evolusi salah satu motor favorit TS, yang tak lain dan tak bukan adalah Honda CBR 600. Mulai dari edisi pertama CBR600F atau sering disebut CBR600 Hurricane di Amerika, sampai edisi keluaran terakhir CBR600RR yang baru aja rilis di tahun 2013 kemarin.
Kalo favorit TS sendiri ya CBR600F Series Gan, dari F1 s/d F4i suka semua... kalo 600RR sebenernya suka juga, tapi gak terlalu... Demennya yang tua-tua Gan, soalnya kalo 600RR udah terlalu mainstream
Oh iya Gan, CBR600F itu adalah cikal bakal dari Honda CBR600RR yang sekarang ini masih diproduksi. Jadi antara CBR600F dan CBR600RR itu masih 1 gen, kecuali CBR600F keluaran 2011 itu udah beda.
Spoiler for 2011 CBR600F:
2011 Honda CBR600F
CBR600F 2011 bisa dibilang lebih ke arah sport touring, bahkan sasis dan mesin pun sama dengan Hornet 600 (Versi naked dari CBR600F). Sedang CBR600F Hurricane - CBR600RR itu sportbike sejati...
Spoiler for 2011 Hornet 600:
2011 Honda Hornet 600
Honda CBR 600 Generation
Spoiler for CBR600F1:
1987 Honda CBR600F
Ini dia generasi pertama Honda CBR600. Semua berawal dari sini. Pada masanya, CBR600F menjadi standar baru motor sport kelas menengah. Mesinnya yang powerfull, membuat motor ini banyak memenangi balap dengan mengalahkan para kompetitornya pada kelas sejenis...
1990 Honda CBR600F
Sebenernya motor ini gak jauh beda dari versi sebelumnya, cuma ada sedikit ubahan pada sektor mesin aja. Menghasilkan 10hp lebih besar dibanding versi sebelumnya, membuat motor ini makin sulit dikejar di trek maupun jalan raya...
Spesifikasi:
Model: Honda CBR 600 F
Year: 1987
Category: Sport
Rating: 74 out of 100
Displacement: 598.00 ccm (36.49 cubic inches)
Engine type: In-line four, four-stroke
Power: 85.00 HP (62.0 kW) @ 11000 RPM
Top speed: 222.0 km/h (137.9 mph)
Compression: 11.0:1
Bore x stroke: 63.0 x 48.0 mm (2.5 x 1.9 inches)
Valves per cylinder: 4
Fuel control: DOHC
Cooling system: Liquid
Gearbox: 6-speed
Transmission type, final drive: Chain
Front tyre dimensions: 110/80-17
Rear tyre dimensions: 130/80-17
Front brakes: Dual disc
Rear brakes: Single disc
Suksesor dari CBR600F. Honda mendesain ulang motor ini lebih ringan dan lebih powerfull lagi. Dan motor ini pun dikenal sebagai motor terringan, tercepat dan paling powerfull di kelasnya pada masa itu...
Banyak juga yang bilang kalau motor ini adalah yang paling legendaris dibanding CBR600F series lainnya. Sebenernya F2 sama F3 sama aja, cuma beda stripping. F2 itu versi Jerman, katanya mesinnya lebih enak...
Spesifikasi:
Model: Honda CBR 600 F2 (PC25)
Year: 1991
Category: Sport
Rating: 73.2 out of 100
Displacement: 600.00 ccm (36.61 cubic inches)
Engine type: In-line four, four-stroke
Power: 100.00 HP (73.0 kW) @ 12000 RPM
Top speed: 230.0 km/h (142.9 mph)
Compression: 11.6:1
Bore x stroke: 65.0 x 45.2 mm (2.6 x 1.8 inches)
Valves per cylinder: 4
Fuel control: DOHC
Cooling system: Liquid
Gearbox: 6-speed
Transmission type, final drive: Chain
Front tyre dimensions: 120/60-17
Rear tyre dimensions: 160/60-17
Front brakes: Dual disc
Rear brakes: Single disc
Generasi ketiga dari Honda CBR600. Dari segi bentuk, sebenernya motor ini gak jauh beda dari CBR600F2. Tapi motor ini telah mengalami sedikit ubahan pada bagian mesin, sasis, suspensi dan sektor pengereman. Juga ada penambahan aplikasi Dual-Stage Ram Air System yang membuat tenaganya sedikit lebih powerfull...
Motor Mulder di Tarix Jabrix 2
Oh iya, motor ini sama dengan tipe motor yang dipakai Mulder di film Tarix Jabrik 2. Bahkan yang dipakai Mulder itu konon adalah limited edition dengan livery khusus, hanya diproduksi 50 unit di dunia.
Model: Honda CBR 600 F3
Year: 1995
Category: Sport
Rating: 75.1 out of 100
Displacement: 599.00 ccm (36.55 cubic inches)
Engine type: In-line four, four-stroke
Power: 100.00 HP (73.0 kW) @ 12000 RPM
Torque: 61.80 Nm (6.3 kgf-m or 45.6 ft.lbs) @ 10500 RPM
Valves per cylinder: 4
Cooling system: Liquid
Gearbox: 6-speed
Transmission type, final drive: Chain
Front brakes: Dual disc
Rear brakes: Single disc
Dry weight: 185.0 kg (407.9 pounds)
Power/weight ratio: 0.5405 HP/kg
Seat height: 810 mm (31.9 inches) If adjustable, lowest setting
Starter: Electric
Spoiler for CBR600F4:
1999 Honda CBR600F4
Secara desain dan bahan, motor ini berubah total dari versi sebelumnya. Motor ini menggunakan mesin baru dipadu dengan sasis alumunium, juga model yang sudah terlihat lebih modern. Dan ini pun menjadi produk terakhir Honda, khususnya CBR 600 Series yang masih menggunakan karburator.
Yang spesial dari motor ini, dibagian dalam fairing atas terdapat embos yang bertuliskan "Dedicated to Super Evaluators Dirk Vandenberg and Josef Boyd". Untuk mengenang kedua R&D Senior Honda yang tewas saat pengetesan motor ini...
Spesifikasi:
Model: Honda CBR 600 F4
Year: 1999
Category: Sport
Rating: 79.1 out of 100
Displacement: 599.00 ccm (36.55 cubic inches)
Engine type: In-line four, four-stroke
Power: 110.00 HP (80.3 kW) @ 12500 RPM
Torque: 67.00 Nm (6.8 kgf-m or 49.4 ft.lbs) @ 10500 RPM
Top speed: 255.0 km/h (158.4 mph)
0-100 km/h (0-62 mph): 3.200 seconds
60-140 km/h (37-87 mph), highest gear: 12.600 seconds
Compression: 12.0:1
Bore x stroke: 67.0 x 42.5 mm (2.6 x 1.7 inches)
Valves per cylinder: 4
Cooling system: Liquid
Gearbox: 6-speed
Transmission type, final drive: Chain
Fuel consumption: 0.62 litres/100 km (161.3 km/l or 379.39 mpg)
Greenhouse gases: 14.4 CO2 g/km. (CO2 - Carbon dioxide emission)
Front suspension travel: 120 mm (4.7 inches)
Rear suspension travel: 120 mm (4.7 inches)
Front tyre dimensions: 120/70-ZR17
Rear tyre dimensions: 180/55-ZR17
Front brakes: Dual disc
Front brakes diameter: 296 mm (11.7 inches)
Rear brakes: Single disc
Rear brakes diameter: 220 mm (8.7 inches)
Weight incl. oil, gas, etc: 199.0 kg (438.7 pounds)
Front percentage of weight: 49.6
Seat height: 810 mm (31.9 inches) If adjustable, lowest setting
Wheelbase: 1,395 mm (54.9 inches)
Fuel capacity: 18.00 litres (4.76 gallons)
Starter: Electric
Spoiler for CBR600F4i:
2001 Honda CBR600F4i
Sebenernya gak ada terlalu banyak perubahan berarti di bagian mesin ataupun sasis, hanya saja terdapat perubahan total pada sistem pengabutan bahan bakar dari sebelumnya masih menggunakan karburator dan sekarang sudah berganti ke sistem injeksi.
Perubahan berarti terlihat pada bodywork, lebih sporty dengan dua headlamp dan jok bertingkat. Di beberapa negara tertentu, motor ini dijual dengan 2 versi. CBR600F4i dengan jok biasa menyatu dan CBR600F4i Sport dengan jok terpisah.
Motor ini diproduksi dari tahun 2001-2006, lalu setelahnya keberadaan motor ini digantikan oleh CBR 600 yang telah berubah total dan dengan nama yang berbeda, yakni Honda CBR600RR...
Spesifikasi:
Model: Honda CBR 600 F4i
Year: 2001
Category: Sport
Rating: 73.2 out of 100
Displacement: 599.00 ccm (36.55 cubic inches)
Engine type: In-line four, four-stroke
Power: 109.00 HP (79.6 kW) @ 12500 RPM
Torque: 65.00 Nm (6.6 kgf-m or 47.9 ft.lbs) @ 10500 RPM
Top speed: 250.0 km/h (155.3 mph)
Bore x stroke: 67.0 x 42.5 mm (2.6 x 1.7 inches)
Valves per cylinder: 4
Fuel system: Injection
Cooling system: Liquid
Gearbox: 6-speed
Transmission type, final drive: Chain
Front suspension travel: 120 mm (4.7 inches)
Rear suspension travel: 120 mm (4.7 inches)
Front tyre dimensions: 120/70-ZR17
Rear tyre dimensions: 180/55-ZR17
Front brakes: Dual disc
Front brakes diameter: 296 mm (11.7 inches)
Rear brakes: Single disc
Rear brakes diameter: 220 mm (8.7 inches)
Dry weight: 170.0 kg (374.8 pounds)
Power/weight ratio: 0.6412 HP/kg
Seat height: 810 mm (31.9 inches) If adjustable, lowest setting
Wheelbase: 1,390 mm (54.7 inches)
Fuel capacity: 18.00 litres (4.76 gallons)
Starter: Electric
Dan CBR600F4i adalah CBR 600 varian F Series yang diproduksi, setelah itu CBR 600 berubah total dan diganti dengan nama CBR600RR...
Untuk generasi CBR600RR silakan scroll ke bawah aja Gan...
Diubah oleh Ryu.Trengginas 25-09-2013 06:00
0
22K
Kutip
103
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!