mohfarAvatar border
TS
mohfar
Makin Sering Ber-SMS, Makin Susah Tidur???
Spoiler for Bukti no Repsol:


Makin Sering Ber-SMS, Makin Susah Tidur???



Banyak orang mengaku bahwa mereka tidak bisa hidup tanpa telepon genggam. Tapi menurut para ahli, kecanduan ini sebenarnya bisa berakibat lebih buruk ketimbang manfaatnya.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengirimkan pesan teks berlebihan bisa menyebabkan gangguan tidur secara menyeluruh. Para peneliti itu yakin bahwa hal ini bisa membuat seseorang merasa tertekan untuk merespons pesan-pesan itu secepatnya tanpa mempedulikan waktu, dan sebagian orang tidur dengan telepon genggam di dekat tempat tidur mereka. Hal ini berarti bahwa mereka bisa terbangun akibat pesan teks yang masuk sepanjang malam.

Karla Murdock di Washington Lee University, seperti dikutip situs Daily Mail edisi 30 September 2013, menemukan bahwa para mahasiswa tahun pertama yang mengirimkan pesan sangat banyak ternyata kurang tidur, tanpa mempedulikan tingkat stres mereka. Ia meminta para mahasiswa itu menjawab pertanyaan yang menilai kesejahteraan emosional dan gangguan tidur. Ia juga meminta mereka untuk mengestimasi jumlah pesan teks yang mereka kirimkan dan terima rata-rata per hari.

Untuk menilai kualitas tidur para mahasiswa itu, Dr Murdock menggunakan Pittsburgh Sleep Quality Index. Ini adalah instrumen yang bisa digunakan untuk mengukur berbagai aspek dari kualitas tidur, seperti durasi tidur, jumlah waktu yang diperlukan untuk tertidur, jumlah waktu yang sebenarnya dihabiskan untuk tidur di tempat tidur, gangguan malam, dan rasa kantuk pada siang hari. Temuan utama dari riset ini adalah bahwa semakin banyak seseorang mengirimkan pesan teks melalui telepon genggam mereka, lebih sering mereka mengalami gangguan tidur.

Dr Murdock mencatat bahwa temuan ini memperkuat temuan sebelumnya yang menunjukkan bukti adanya hubungan langsung antara penggunaan telepon genggam dengan kurang tidur pada remaja dan orang dewasa muda. Studi ini juga menemukan seringnya berkirim pesan teks ada kaitannya dengan stres yang lebih banyak dalam hubungan pertemanan.

"Korelasi temuan ini menunjukkan indikasi awal bahwa berkirim pesan teks secara terus-menerus bisa menjadi masalah selama waktu stres," kata Dr Murdock.

Sumber: TEMPO

Spoiler for xxx:
Diubah oleh mohfar 03-10-2013 00:40
0
1.8K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.