Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

madi.notoAvatar border
TS
madi.noto
Orang Paling Kaya di Dunia Diminta Resign dari Kerjaannya
Spoiler for reff:


Spoiler for bill gates:


Jakarta - Orang terkaya sejagad raya, Bill Gates diminta untuk mengundurkan diri dari posisinya sebagai Chairman. Pendiri Microsoft ini diminta resign oleh tiga dari 20 investor top Microsoft.

Investor tersebut terus melakukan lobi kepada dewan pimpinan Microsoft untuk memuluskan aksi mendepak Gates. Ini adalah pertama kalinya posisi Gates di Microsoft digoyang.

Namun tidak ada indikasi dari dewan pimpinan Microsoft mau mengabulkan permintaan investor tersebut, yang bersama-sama memegang lebih dari 5% saham Microsoft.

Gates sendiri memiliki sekitar 4,5% saham Microsoft, menjadikannya sebagai pemegang saham individual Microsoft terbesar. Lalu, apa alasan ketiga investor itu ingin menendang Gates yang masih berpengaruh di jagat teknologi?

Mereka mencemaskan peran Gates sebagai chairman menghalangi adopsi strategi baru Microsoft dan juga akan membatasi peran CEO baru. Seperti diketahui, Microsoft sedang mencari CEO baru sepeninggal Steve Ballmer.

Gates sendiri mundur dari jabatan CEO Microsoft sejak tahun 2000 yang diserahkan pada Steve Ballmer. Ia kemudian fokus mengurusi yayasan kemanusiaannya, Bill & Melinda Gates Foundation, namun masih campur tangan terhadap perkembangan Microsoft.

Usulan untuk menghentikan Gates dari jabatan chairman Microsoft menimbulkan pro dan kontra. "Mengganti muka lama dengan orang baru bisa menyediakan oksigen untuk mengevaluasi strategi perusahaan," kata Todd Lowenstein, salah satu pemegang saham Microsoft.

Dari metro tv:
Spoiler for reff:


Metrotvnews.com: Tiga dari 20 investor utama Microsoft tengah melobi dewan direksi untuk mencopot Bill Gates dari jabatannya sebagai Chairman. Padahal Gates juga merupakan pendiri perusahaan tersebut dan saat ini memiliki sekitar 4,5% saham, terbesar untuk kepemilikan pribadi.

Disebutkan, ketiganya beralasan bahwa Gates dianggap menghambat penerapan strategi dan akan membatasi kekuasaan Chief Executive Officer baru yang akan menggantikan Steve Ballmer yang akan pensiun pada tahun depan. Mereka juga khawatir Gates menggunakan kekuasaan di luar wewenangnya.

Seorang perwakilan dari perusahaan menolak untuk berbicara dan tidak ada tanda-tanda bahwa dewan direksi akan menuruti kemauan ketiga investor tersebut.

Kabar mengenai desakan agar Gates mundur dari jabatannya sekarang memicu berbagai reaksi dari para pemegang saham Microsoft. Manager Portofolio HighMark Capital Management yang juga memiliki saham Microsoft, Todd Lowenstein, mengatakan rencana tesebut sudah tercium lama dan mengganti Gates merupakan keputusan yang tepat.

Analis Senior Fort Pitt Capital Group Kim Caughey Forrest merasa Gates justru bisa memiliki peran lebih nantinya sehingga tidak tepat jika harus membuang Gates dari perusahaan. "Pernah terpikir jika perusahaan akan kehilangan tokoh yang visioner, tapi Gates pasti bisa mengatasinya," kata Kim.

Editor: Asnawi Khaddaf

dari Voa Indonesia:

Investor Microsoft Desak Bill Gates Mundur


NEW YORK/SEATTLE — Tiga dari 20 investor teratas di Microsoft Corp sedang melobi dewan direksi untuk menekan Bill Gates supaya mundur sebagai komisaris utama perusahaan perangkat lunak yang ia bantu dirikan 38 tahun lalu, menurut beberapa sumber.

Sementara Direktur Utama Microsoft Steve Ballmer telah berada di bawah tekanan selama bertahun-tahun untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan harga saham, ini untuk pertama kalinya para pemegang saham utama menyasar Gates, yang masih menjadi salah satu figur paling dihormati dan berpengaruh dalam bidang teknologi.

Tidak ada indikasi bahwa dewan komisaris Microsoft akan mendengar permintaan dari tiga investor, yang secara kolektif memegang lebih dari 5 persen saham perusahaan, menurut para sumber.

Gates sendiri memiliki sekitar 4.5 persen dari perusahaan senilai US$277 miliar itu dan merupakan pemegang saham individual terbesar.

Ketiga investor tersebut merasa khawatir peran Gates sebagai komisaris utama menghalangi pengadopsian strategi-strategi baru dan akan membatasi kewenangan kepala eksekutif baru untuk membuat perubahan-perubahan yang substansial. Secara khusus, mereka menunjuk pada peran Gates dalam komite khusus yang mencari pengganti Ballmer.

Mereka juga khawatir Gates – yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk yayasan amal – memegang kekuasaan yang jauh melebihi porsi sahamnya yang nilainya menurun.

Gates, yang memiliki 49 persen saham Microsoft sebelum menjadi perusahaan publik pada 1986, menjual sekitar 80 juta saham Microsoft setahun, yang jika diteruskan akan membuatnya tidak lagi memiliki saham di perusahaan itu pada 2018.

Ia tidak lagi terlalu tampil di Microsoft setelah memberikan peran direktur utama (CEO) pada Ballmer pada 2000, menyerahkan operasi sehari-hari pada 2008 untuk fokus pada senilai yayasan amal Bill & Melinda Gates Foundation yang bernilai $38 miliar.

Pada Agustus, Ballmer mengatakan ia akan pensiun dalam 12 bulan, di tengah tekanan dari aktivis manajer dana ValueAct Capital Management.

Microsoft sekarang mencari CEO baru, meski dewan direksi mengatakan strategi Ballmer akan terus berjalan. Ia telah fokus pada pembuatan alat-alat, seperti tablet Surface dan permainan Xbox, dan mengubah perangkat lunak utama menjadi layanan-layanan yang tersedia di Internet. Beberapa investor mengatakan CEO yang baru tidak akan terikat oleh strategi tersebut.

“Ini sudah lama seharusnya terjadi,” ujar pemegang saham Todd Lowenstein, mengenai tekanan terhadap Gates.

“Penggantian orang lama dengan mata baru dapat menyediakan oksigen yang dibutuhkan untuk mengevaluasi strategi perusahaan secara benar.”

Kim Caughey Forrest, analis senior dari Fort Pitt Capital Group, mengatakan sekarang bukan saat yang tepat untuk menendang Gates karena ia dapat memainkan peranan yang lebih besar.

“Saya kira perusahaan telah kehilangan seorang visioner teknologi dan Bill dapat mengisi kekosongan itu,” ujarnya.

Microsoft masih menjadi salah satu dari perusahaan-perusahaan teknologi paling bernilai di dunia, dengan laba bersih $22 miliar tahun fiskal yang lalu. Namun sistem operasi komputer Windowsnya yang utama, dan perangkat lunak Office, mendapat tekanan karena penurunan penggunaan komputer personal dan meningkatnya popularitas ponsel pintar dan tablet.

Saham-saham Microsoft telah stagnan dalam 10 tahun terakhir, dan perusahaan ketinggalan dari Apple Inc dan Google Inc dalam gerakan menuju komputer yang bergerak.

Salah satu sumber mengatakan Gates merupakan salah satu pionir industri teknologi terbesar, namun para investor mengatakan ia lebih efektif sebagai direktur utama daripada komisaris utama. (Reuters/Nadia Damouni dan Bill Rigby)


Hayo gimana tuh emoticon-Big Grin
nanti bisa jadi ga terkaya lagi loh emoticon-Ngakak
Diubah oleh madi.noto 02-10-2013 15:27
0
4K
33
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.