adi66Avatar border
TS
adi66
Bahan Dibalik Kuatnya Pipa Modern

Dibalik kualitas pipa yang tak tertandingi dari jenis pipa yang lain, rahasia dibalik sifat istimewa pipa HDPE terletak pada bahan baku yang digunakan. Polyethylene, jenis bahan olahan plastik ini memiliki kelebihan dibanding jenis plastik yang lain. Berikut karakter yang ada pada jenis bahan yang juga disebut PE ini.
PE atau Polyethylene pada dasarnya merupakan jenis Termoplastik. Bahan ini merupakan jenis ini merupakan bahan plastik yang dapat dibentuk ulang dalam sebuah proses pemanasan. Dalam unsur pembentuknya, jenis plastik ini memiliki unsur kimia karbon dan hydrogen. Dan proses pengolahannya untuk menjadi produk, bahan ini biasanya disiapkan dalam bentuk bahan murni dalam bentuk pil (tablet).
Dalam pengolahannya, bahan ini sering diolah dalam bentuk kantongan, Gulungan / Roll dan Lembaran / Sheet. Bahan ini kemudian melalui serangkaian proses produksi yang nantinya akan diubah menjadi produk yang diinginkan.
Secara umum bahan Plastik PE ini memiliki ciri-ciri umum. Diantaranya bahan yang elastis, tidak tertembus air, tidak berbau, berwarna buram dan transparan, tahan benturan, serta tahan terhadap panas hingga suhu 135 derajat.
Sementara untuk penggunaannya jenis pipa PE sering digunakan untuk beberapa jenis produk. Seperti plastik pembungkus makanan beku dan cair. Selain itu, kualitasnya yang baik membuat bahan ini juga sering digunakan sebagai pembungkus produk-produk berat dan padat. Dan bahannya yang membungkus dengan rapat, membuat jenis plastik PE juga sering digunakan sebagai plastik pembungkus sampah.
Dalam prosesnya bahan PE sering dibedakan menjadi dua, yakni bahan dengan kepadatan tinggi dan kepadatan rendah. Hal ini yang kemudian berpengaruh dengan kelenturan dan kekuatan pipa. Untuk jenis pipa HDPE, bahan ini biasanya dibuat dari bahan PE dengan tingkat kepadatan tinggi. Selain memberi jaminan tidak akan tertembus air, bahan ini membuat produk pipa HDPE memiliki usia rata-rata hingga 50 tahun, tahan terhadap cuaca panas dan lentur, sehingga dapat digunakan di berbagai medan. Dalam penggunaannya, jenis pipa ini biasa digunakan untuk metode penyaluran air dan gas.

Sumber
Diubah oleh adi66 30-09-2013 09:04
0
1.2K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.