Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

WakBroeAvatar border
TS
WakBroe
Yuk mengenal kuliner dari Aceh...
agan-agan skalian kali ini ane mau share kuliner dari provinsi terujung nusantara yaitu Aceh, pas banget siang-siang gini liatin makanan...bikin laper gan...emoticon-Ngakak

Mohon maaf klo..emoticon-Blue Repost

Mie Aceh
Untuk kuliner yang ini ane yakin agan-agan udah pada tau, karena di luar aceh udah banyak dijumpai kafe maupun warung kopi yang menjual mie aceh ini. Bahan utama Mie aceh adalah mie kuning basah yang dimasak menggunakan bumbu yang telah dihaluskan seperti cabe, bawang merah, bawang putih, tomat, dll. Menu mie aceh punya berbagai pilihan seperti : Mie goreng, Mie tumis, Mie rebus, Mie Kepiting, Mie Udang, Mie Cumi, mie daging dan Mie Jamur.
Spoiler for Mie Aceh:

Ayam Tangkap
Kuliner yang satu ini sangat populer di aceh, bahan Ayam tangkap menggunakan ayam kampung yang masih muda yang telah direndam dengan bumbu dan digoreng dalam minyak panas bersama-sama dengan daun temurui (salam koja), daun jeruk dan bawang merah sehingga menghasilkan bau masakan yang menggugah selera.
Spoiler for Ayam Tangkap:


Keumamah
Keumamah biasa juga disebut ikan kayu,karena teksturnya yang keras seperti kayu, bahan utama keumamah adalah ikan tongkol atau tuna yang sebelumnya direbus terlebih dahulu kemudian dijemur dan diiris kecil-kecil. Biasanya keumamah ini dimasak dengan bahan-bahan seperti asam sunti (belimbing sayur yang telah dikeringkan) dan bahan-bahan lainnya. Klo bulan puasa keumamah ini laris manis gan..dan biasa disajikan ketika makan sahur.
Spoiler for Keumamah:


Kuah Pliek U
Masakan ini terbuat dari berbagai macam sayuran seperti daun dan buah melinjo, buah pepaya muda, kacang panjang, nangka, dll, masakan ini biasa juga dilengkapi dengan udang ataupun kulit sapi. Bahan utama masakan ini adalah pliek u atau kelapa yang telah dibusukkan dan dikeringkan, namun aromanya sangat harum.
Spoiler for Kuah Pliek U:


Sie Reuboh
Sie Reuboh adalah daging yang direbus dengan bumbu yang telah dihaluskan dan ditambah sedikit cuka sehingga menghasilkan rasa yang asam dan segar, sie reuboh menggunakan daging sapi maupun kambing, kuliner ini berasal dari Kabupaten Aceh Besar, Biasanya dihidangkan ketika perayaan hari-hari besar seperti Idul Fitri, Idul Adha dan Maulid Nabi.
Spoiler for Sie Reuboh:


Sambai Udeung / Asam Udeung
Di aceh biasanya disebut Asam Udeung terbuat dari udang yang dihaluskan dengan bumbu seperti cabe rawit, bawang merah dan belimbing wuluh, citarasa dari kuliner ini adalah asam segar, biasanya digunakan sebagai sambal atau pelengkap makan nasi.
Spoiler for Asam Udeung:

Gulee Kameng/Kuah Belangong
Masakan adalah gulai kambing, sama seperti di daerah lain di luar aceh, masakan ini adalah hidangan utama ketika ada acara-acara besar seperti pesta perkimpoian, maulid nabi, akikah anak maupun kenduri kampung. Dimasak dalam belanga besar menggunakan kayu bakar, bubuk gergaji maupun sekam padi sebagai bahan bakar, biasanya diberikan pelengkap seperti nangka muda, batang pisang muda dan buah pisang.
Spoiler for Gulee Kameng:

Bubur Kanji/Kanji Rumbi
Kuliner ini berupa bubur yang dibuat dari beras yang telah ditumbuk kasar dan dimasak dengan ayam maupun udang dan bumbu seperti biji pala, jahe, bawang merah, jintan, dll cita rasa bubur ini seperti kaldu ayam…enak ganemoticon-Ngakak
Spoiler for Bubur Kanji:

Abis makan masakan itu gan ditutup dengan minum ini….
Spoiler for Kopi Uleekareng:


gimana gan...bikin laperr kan..emoticon-Ngakak

Nah..itu gan sekedar ane share kuliner dari aceh…mungkin ada agan-agan yang mau nambahin lagi silahkan gan…

emoticon-I Love Indonesia

nah klo udah baca mohon dicomment atau diemoticon-Blue Guy Cendol (L)atau emoticon-Rate 5 Star

sumber mbah google
0
5.1K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.