Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

atjiahAvatar border
TS
atjiah
Open Source Software membuat semuanya jadi mungkin
emoticon-Matabelo Mungkin banyak yang tidak percaya kalau implementasi otomasi di perpustakaan bisa dilakukan dengan biaya rendah bahkan sangat rendah sekalipun, namun pada kenyataannya dapat kita lihat banyak perpustakaan yang berhasil melakukannya. Khususnya di Sumatera Barat sendiri, diantaranya adalah Perpustakaan Umum Kota Solok yang pada tahun ini kembali meraih juara 1 perpustakaan terbaik se Sumatera Barat, dan ini adalah berkat kegigihan dan kemauan pustakawannya, dan perpustakaan Umum Kota Solok ini juga memiliki sejarah implementasi Otomasi dengan biaya yang rendah,kemudian baru-baru ini disusul oleh Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah, khusus untuk perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah saya ingin memberikan sedikit gambaran mengenai persiapan dan biaya yang dikeluarkan.

Untuk persiapan yang paling utama adalah keinginan, Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah sangat beruntung sekali memiliki dua orang pustakawan yang memiliki etos kerja tinggi dan memiliki keinginan untuk lebih baik yaitu kak Widya dan kak Nila. Selanjutnya perlengkapan, sebelum adanya PC baru Perpustakaan FK hanya menggunakan PC dengan spesifikasi rendah yaitu pentium 4. Kemudian untuk software Perpustakaan FK menggunakan sistem operasi open source yaitu Linux (BlankOn) kemudian didukung dengan software open source juga yaitu SLiMS sebagai aplikasi otomasinya.

Teman-teman di Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah sempat mengalami kendala yaitu dalam pencetakan barcode buku sebab harga sebuah barcode printer cukup mahal namun permasalahan tersebut bisa diatasi dengan cara mencetak barcode pada kertas A4 dengan emnggunakan printer laser jet itupun dilakukan di rental komputer. Untuk menggenerate barcode buku Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah menggunakan modul barcode generator milik Koha. Biaya yang dikeluarkan untuk mencetak 4000 barocode buku sekitar Rp.36.000.

Kemudian setelah Implementasi berangsur-angsur dilakukan para pengambil keputusan di Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah mulai tertarik juga dengan apa yang dilakukan oleh para pustakawan sehingga Perpustakaan diberikan seperangkat komputer baru lengap dengan printer laser jet dan barcode scaner. Saat ini teman-teman Pustakawan di Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah sedang melakukan uji coba dengan harapan dalam waktu dekat mereka bisa memberikan pelayan prima kepada para pemustaka.

Sumber
Diubah oleh atjiah 28-09-2013 23:24
0
1.3K
6
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Linux dan OS Selain Microsoft & Mac
Linux dan OS Selain Microsoft & MacKASKUS Official
4.4KThread2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.