Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

d14n18Avatar border
TS
d14n18
Waspada !! 8 Wilayah di Jawa Timur Ini Rawan Tsunami
Quote:


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur, Sudharmawan mengatakan terdapat delapan wilayah kabupaten di Jatim yang berpotensi terjadi Tsunami.

Selain karena berada di wilayah selatan Pulau Jawa, potensi ini terjadi juga karena wilayah tersebut berada di jalur yang dilintasi dua lempeng, yakni lempeng Eurasia dan Indo Australia.

"Kejadian gempa kerap terjadi di wilayah itu, termasuk di Pacitan, Malang dan lainnya, beberapa waktu lalu juga terjadi longsor," ujar Dharmawan, Jumat kemarin.

Ia menerangkan, delapan wilayah yang rawan Tsunami itu membentang dari Selatan ke Utara, letaknya di pesisir selatan, mulai dari Kabupaten Pacitan, Trenggalek, Tulung Agung, Lumajang, Malang, Ponorogo, Jember sampai Banyuwangi.

Menghadapi itu, Sudharmawan melanjutkan, BPBD Jatim telah melakukan pemetaan. Termasuk membuat master plan, dengan membuat peringatan dini.
Tujuannya, meminimalkan terjadinya kerugian jika terjadi Tsunami.

"Selain ada peringatan dini, juga terus kita lakukan sosialisasi dan simulasi dengan melibatkan berbagai unsur. Dari pemangku pemerintahan daerah setempat dengan melibatkan BPBD Provinsi, TNI, Polri, tim SAR, relawan dan masyarakat," ujarnya.

Dengan seringnya masyarakat setempat, khususnya di pesisir pantai selatan, mengikuti simulasi, diharapkan menambah kesiapsiagaan terhadap ancaman Tsunami di sekitar tempat tinggalnya.

"Dengan begitu, warga memahami jalur yang ditempuh menuju lokasi evakuasi dan penyelamatan serta lokasi penampungan," katanya.

VIVAnews
Diubah oleh d14n18 28-09-2013 10:29
0
1.1K
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.3KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.