Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

shimmentakezouAvatar border
TS
shimmentakezou
Pengetahuan Dasar tentang Cat
Panduan awal untuk cat

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memberikan anda informasi dasar mengenai cat,apa cat itu,perbedaan jenis cat,dan kesesuaian dengan cat lain.Hobby kita berkisar seputar cat dan plastik,tetapi banyak dari kita yang menggunakan cat tanpa mengetahui seluk beluknya dan bagaimana cara kerjanya.Setelah anda mengetahui lebih jauh mengenai cat,anda dapat mengaplikasikannya lebih efektif pada model kit anda.Ini hanya panduan kasar,saya harap anda bisa mendapatkan hasil yang diharapkan tanpa merusak hasil pengecatan anda.

Cat – apa itu cat?

Pikirkan sejenak mengenai lem kayu.Tuangkan beberapa tetes di atas sepotong kertas dan biarkan mengering.Apa yang terjadi?Lemnya akan mengering dan membentuk lapisan yang keras dan bening.Kalau anda menaruh sedikit air di atasnya,air akan melunturkannya.Kurang lebih seperti itulah gambaran cat,hanya saja cat mengandung warna.

Cat terdiri atas tiga bagian,solvent (pengencer),carrier (pengangkut) dan pigment (pigmen) (bukan istilah resminya). Pertama,bagian yang paling penting.Pigment pada dasarnya adalah warna cat itu sendiri.Molekul warna.Tapi seringkali,tidak dapat menempel sendiri ke permukaan.Kalau anda mencincang krayon menjadi serpihan-serpihan kecil dan menaburkannya di atas kertas,serpihan itu tidak akan menempel kan?Tapi apa yang akan terjadi jika anda menuangkan lem di atas kertas lebih dahulu?Serpihan tersebut dapat menempel kan?

Itulah yang dimaksud dengan carrier.Pigment diikat secara kimiawi ke carrier-nya,dan carrier adalah ‘lem’ yang mengikatnya ke permukaan plastik,membuat pigment tetap menempel di atas permukaan tersebut.

Bagian ketiga,solvent,adalah yang membedakan jenis cat menjadi: cat lacquer (dalam bahasa Indonesia: pernis; tapi sepertinya kurang pas),cat enamel,dan cat acrylic (akrilik).Kembali lagi ke analogi lem fox,lem itu seperti ‘air’ yang menjaga pigment dan carrier selalu encer.Lacquer,enamel,acrylic;bahan kimia inilah yang digunakan untuk membuat pigment dan carrier selalu encer.Setelah bahan tersebut mengering,maka cat anda sudah ‘kering’.Bahan tersebut juga yang menimbulkan bau,membuat anda berhalusinasi dan sakit kepala bila terlalu lama menghirup baunya.

Semakin kuat solvent-nya,semakin banyak jenis cat yang dapat diencerkan.Bila anda mencampur cat dan pengencer,anda mengencerkan cat tersebut sehingga catnya dapat diaplikasikan lebih baik dengan kuas,airbrush, dll.Solvent dapat mengencerkan cat jika tersebut mampu melarutkan pigment dan carrier-nya.Sebagai contoh,anda tidak dapat menggunakan air untuk mengencerkan cat lacquer,karena air saja tidak dapat melarutkan carrier dan pigment cat lacquer.

Terdapat beberapa bahan yang ditambahkan ke dalam cat.Bahan-bahan itu termasuk ‘agen pengatur’ yang mempengaruhi bagaimana permukaan cat setelah mengering,apakah membuat permukaan gloss (mengilap),semi gloss atau flat (rata/tidak mengilap).Ada juga metalflakes (serpihan metal) atau partikel mika yang menciptakan warna metalik.Yang termasuk ke dalam kategori ini juga adalah efek Pearls (efek mutiara).


Kenapa saya harus menunggu catnya benar-benar kering? Kenapa saya tidak dapat memolesnya segera setelah catnya mengering?


Bayangkan sepatu dan talinya.Kalau anda mengikat tali sepatu anda dan anda mencoba untuk menariknya,anda tidak akan dapat melakukannya karena mereka sudah menyatu.Sama dengan cat,pada tingkat molekul.Anda mempunyai tali panjang yang terdiri atas molekul cat dan carrier yang menggantung di dalam solvent.Setelah solvent mengering, ikatan antara cat dan carrier akan mulai terjalin.Ini yang membuat cat jadi lebih keras.Semakin sedikit solvent,catnya akan semakin keras.Semakin keras catnya,proses memoles akan semakin baik dan anda akan mendapatkan cat yang mengilap seperti kaca.Itulah kenapa anda harus menunggu sampai cat benar-benar mengering.


Bagaimana saya mengetahui catnya sudah benar-benar mengering?

Tidak ada cara pasti untuk mengetahui apakah catnya sudah benar-benar mengering, tetapi berdasarkan uji coba yang sudah dilakukan,inilah beberapa panduan untuk setiap jenis cat.Setiap jenis dan merk cat membutuhkan waktu yang tidak sama agar benar-benar mengering.Sebagai contoh, cat lacquer akan mengering dalam beberapa hari,tapi cat enamel mungkin membutuhkan waktu beberapa minggu bahkan bulan,dan hal yang sama untuk cat acrylic.Hal itu juga terkait dengan suhu penyimpanan anda.

Tes paling sederhana yang dapat anda lakukan adalah tes bau.Cium/enduslah permukaan cat.Kalau tidak berbau seperti cat,anda dapat menyimpulkan catnya sudah kering atau akan kering sebentar lagi.Ini dikarenakan anda sudah tidak mencium bau solvent-nya lagi – ingat di atas? – solvent-nya sudah menguap,yang berarti tidak banyak solvent yang tertinggal di model.Ini adalah metode paling aman.Selain cara ini,anda dapat menekan keras-keras permukaan yang dicat menggunakan jari,dan perhatikan apakah ada berkas sidik jari di permukaannya.Tapi bila anda salah dan permukaan cat ternyata belum kering,maka anda harus mengecat ulang model kit anda.

Cara terbaik untuk mengeringkan cat adalah dengan membeli pengering makanan – food dehydrator.Food dehydrator menguapkan solvent menggunakan panas.Karena solvent akan menguap jika terkena panas.Jadi semakin banyak panas yang anda berikan,semakin cepat solvent-nya menguap.Disinilah kegunaan food dehydrator.Anda bisa membeli food dehydrator di am*z*n.com seharga kurang lebih $40 atau Rp.400.000 atau cek toko peralatan dapur atau cari di forum.
Note: Food dehydrator sedikit banyak berbeda dengan oven kue ibu anda!


Mengabut/Misting – apa itu?

Mengabut/misting merupakan cara menyemprotkan lapisan ‘kabut’ tipis sehingga anda menutupi permukaan model dengan pola tutupan cat yang merata,walaupun tidak cukup untuk menutup permukaan plastik atau cat primer dari model.Tujuannya adalah pada saat anda melakukannya, lebih sedikit jumlah solvent yang menempel pada permukaan dibandingkan saat anda menyemprot sekaligus.Solvent-nya bisa mengering dan meninggalkan carrier dan pigment-nya tanpa menimbulkan kerusakan.Teknik ini memberikan anda lapisan carrier dan pigment,dengan kerusakan yang sangat kecil pada plastik di bawahnya. Sehingga,bila anda menyemprotkan wet coat (lapisan cat yang banyak) untuk mendapatkan tampilan glossy,anda tidak akan melelehkan plastiknya,wet coat hanya menyentuh lapisan penyangga yang sudah anda buat dengan lapisan ‘kabut’.


Gloss, semi-gloss, flat – apa artinya?

Mungkin anda pernah mendengar istilah “licin seperti kaca”? pernah menyentuh permukaan kaca?Bagaimana dengan ini, anda sedang mengerjakan sesuatu ketika permukaan kaca arloji seseorang menyilaukan anda saat tertimpa sinar matahari ke mata anda.Itulah analogi gloss, semi-gloss dan flat. Gloss berarti cat anda didesain selicin mungkin saat kering.Semakin licin catnya,semakin glossy, semakin banyak memantulkan cahaya, efek ‘kaca’nya semakin didapat.Cat dikatakan semi-gloss bila memantulkan sebagian cahaya,tapi juga menyebarkan sisanya.Cat dikatakan flat jika permukaannya tidak memantulkan cahaya sama sekali.Semi-gloss dan flat didapatkan karena cat didesain untuk mengering tidak rata dan bergelombang,tidak licin.

Memoles cat merupakan salah satu aplikasi prinsip ini.Untuk mendapatkan model kit yang berkilau, cat harus licin. Untuk membuat cat licin,anda harus mengamplasnya dan memolesnya sampai permukaannya menjadi licin.


Pentingnya cat primer

Primer mempunyai beberapa fungsi sekaligus.Satu, beberapa cat bersifat tembus pandang – warna material dasar dimana cat diaplikasikan mempengaruhi warna cat tersebut.Cobalah mengecat cat merah di atas warna hitam, lihat seberapa bagus hasilnya.Primer yang baik akan memberikan warna dasar yang solid untuk warna cat di atasnya.Dalam hal ini, akan menyerupai warna cat di atasnya.
Contohnya, merah di atas putih = merah cerah,merah di atas hitam = merah gelap,putih di atas putih = putih,putih di atas hitam = abu-abu,dst.

Kedua,carrier dan pigment cat biasanya melekat lebih baik ke lapisan primer dibandingkan plastik.Cat akan melekat lebih baik ke permukaan yang datar dan tidak rata.Tapi jangan membuat lapisan primer yang sangat tidak rata atau hal itu akan membuat permukaan top coat cat jadi rusak,itulah mengapa beberapa orang mengamplas primernya dengan amplas grit 1500 sebelum mengecat.

Ketiga,primer membentuk pelindung antara plastik dan cat yang lebih keras.


Bagaimana saya melindungi diri dari uap cat?

Solvent cat sangat,sangat buruk bagi kesehatan anda.Bila anda menggunakan cat lacquer,lengkapi diri anda dengan masker.Jangan masker murahan – lengkapi diri anda dengan masker yang berkualitas,heavy-duty,double filter respirator.Simpan di plastik kedap/seal bag bila sedang tidak digunakan.Ini akan melindungi anda dari buruknya pengaruh cat.
0
168.4K
193
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gallery & Tutorial
Gallery & TutorialKASKUS Official
851Thread479Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.