- Beranda
- The Lounge
"Selamat Hari Kereta Api Nasional" ini dia ulasannya gan,, (+PIC)
...
TS
rales759
"Selamat Hari Kereta Api Nasional" ini dia ulasannya gan,, (+PIC)
Quote:
Quote:
Spoiler for Bukti No Repsol:
Quote:
Spoiler for Inspirasi:
Ini inspirasi ane bikin trit ini...
Doain biar jadi HT ya gan,,bantu comeng juga...makasih...
Quote:
“Hari Kereta Api? Emang ada? Belum pernah denger tuh… Kapan yah? Yang aku tahu sih cuma Hari Kemerdekaan Indonesia,”mungkin itulah jawaban sebagian besar orang Indonesia ketika ditanya tentang Hari Kereta Api. Tidak banyak yang tahu bahwa tanggal 28 September merupakan hari Kereta Api Indonesia, padahal tidak sedikit orang yang pernah menggunakan alat transportasi yang satu ini. Mengapa tanggal 28 September diperingati sebagai Hari Kereta Api Indonesia? Mari kita lihat sejarah dari perkeretaapian Indonesia.
Quote:
Sejarah Perkeretaapian Indonesia
Munculnya kereta api Indonesia diawali dengan adanya pembangunan jalur kereta api pada tanggal 17 Juni 1864 oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr. Ludolph Anne Jan Wilt Sloet van de Beele di desa Kemijen, Semarang. Pembangunan kereta api tersebut diprakarsai oleh “Naamlooze Venootschap Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij” atau NV.NISM dan dipimpin oleh Ir. J.P de Bordes dari Kemijen menuju ke desa Tanggung. Rel tersebut dibangun sepanjang 26 km dan lebar kereta api 1435 mm dan berhasil sehingga pembangunan dilanjutkan kembali dengan menghubungkan kota Semarang dan Surakarta sepanjang 110 km. Atas keberhasilan itu, para investor pun juga ikut-ikutan untuk membangun jalur kereta api di berbagai daerah. Mulai tahun 1864 hingga tahun 1900 adalah tahun-tahun di mana jumlah rel kereta api yang dibangun meningkat pesat.
Tidak Hanya di Pulau Jawa
Pembangunan kereta api tidak hanya dilakukan di sekitar Pulau Jawa, namun juga di luar Jawa juga terjadi pembangunan kereta api besar-besaran. Misalnya seperti di Aceh pada tahun 1874, Sumatera Utara pada tahun 1886, Sumatera Barat pada tahun 1891, Sumatera Selatan pada tahun 1914, dan di Sulawesi pada tahun 1922. Bahkan di Kalimantan, Bali dan Lombok pun juga dibangun beberapa jalur kereta api meski tidak sepanjang yang dibangun di Pulau Jawa.
Pada tahun 1939, panjang jalur kereta api di Indonesia telah mencapai 6.811 km, namun pada tahun 1950 panjangnya berkurang 901 km. Hal itu disebabkan karena ada pembongkaran rel kereta api pada masa pendudukan Jepang untuk pembangunan jalur kereta api di Burma sehingga jalur kereta api yang tersisa hanya sepanjang 5.901 km. Jenis rel kereta api di Indonesia pun dibagi menjadi 3 macam berdasarkan lebar kereta apinya, ada yang 1.067 mm, 750 mm, dan ada pula yang 600 mm.
Setelah kemerdekaan Indonesia diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, beberapa karyawan KA yang tergabung dalam AMKA atau Angkatan Moeda Kereta Api mulai mengambil alih kekuasaan perkeretaapian dari pihak Jepang. Para anggota AMKA menegaskan bahwa mulai tanggal 28 September 1945, kekuasaan perkeretaapian telah berada di tangan bangsa Indonesia. Hal inilah yang menjadi dasar untuk ditetapkannya tanggal 28 September 1945 sebagai Hari Kereta Api Indonesia, serta dibentuknya DKARI atau Djawatan Kereta Api Republik Indonesia.
Makna Logo Kereta Api
Logo yang tertera pada kereta api juga memiliki arti. Logo tersebut berupa gambar mirip angka 2 dengan kemiringan 70 derajat berwarna oranye dan warna dasar putih yang menampakkan bentuk seperti kereta api kecepatan tinggi dengan arah yang berlawanan. Gambar kereta api kecepatan tinggi yang bolak-balik dengan warna putih itu melambangkan pelayanan kereta api kepada penumpang yang siap sedia untuk mengantarkan para penumpang sampai tujuan. Sedangkan warna putih pada bentuk kereta api tersebut melambangkan ketulusan pelayanan yang diberikan dari pihak kereta api kepada penumpang.
Ternyata Hari Kereta Api Indonesia tidak bisa kita anggap sepele karena pada waktu itu beberapa anggota pejuang kita juga ikut memperebutkan kekuasaan perkeretaapian dari pihak Jepang. Untuk itu, kita patut memperingatinya demi menghargai perjuangan mereka yang sampai sekarang dapat kita nikmati. Apa yang terjadi jika para pejuang tidak ikut memperebutkan kekuasaan perkeretaapian dari Jepang? Mungkin sampai sekarang kita masih tidak tahu apa yang namanya kereta api.
Munculnya kereta api Indonesia diawali dengan adanya pembangunan jalur kereta api pada tanggal 17 Juni 1864 oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr. Ludolph Anne Jan Wilt Sloet van de Beele di desa Kemijen, Semarang. Pembangunan kereta api tersebut diprakarsai oleh “Naamlooze Venootschap Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij” atau NV.NISM dan dipimpin oleh Ir. J.P de Bordes dari Kemijen menuju ke desa Tanggung. Rel tersebut dibangun sepanjang 26 km dan lebar kereta api 1435 mm dan berhasil sehingga pembangunan dilanjutkan kembali dengan menghubungkan kota Semarang dan Surakarta sepanjang 110 km. Atas keberhasilan itu, para investor pun juga ikut-ikutan untuk membangun jalur kereta api di berbagai daerah. Mulai tahun 1864 hingga tahun 1900 adalah tahun-tahun di mana jumlah rel kereta api yang dibangun meningkat pesat.
Tidak Hanya di Pulau Jawa
Pembangunan kereta api tidak hanya dilakukan di sekitar Pulau Jawa, namun juga di luar Jawa juga terjadi pembangunan kereta api besar-besaran. Misalnya seperti di Aceh pada tahun 1874, Sumatera Utara pada tahun 1886, Sumatera Barat pada tahun 1891, Sumatera Selatan pada tahun 1914, dan di Sulawesi pada tahun 1922. Bahkan di Kalimantan, Bali dan Lombok pun juga dibangun beberapa jalur kereta api meski tidak sepanjang yang dibangun di Pulau Jawa.
Pada tahun 1939, panjang jalur kereta api di Indonesia telah mencapai 6.811 km, namun pada tahun 1950 panjangnya berkurang 901 km. Hal itu disebabkan karena ada pembongkaran rel kereta api pada masa pendudukan Jepang untuk pembangunan jalur kereta api di Burma sehingga jalur kereta api yang tersisa hanya sepanjang 5.901 km. Jenis rel kereta api di Indonesia pun dibagi menjadi 3 macam berdasarkan lebar kereta apinya, ada yang 1.067 mm, 750 mm, dan ada pula yang 600 mm.
Setelah kemerdekaan Indonesia diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, beberapa karyawan KA yang tergabung dalam AMKA atau Angkatan Moeda Kereta Api mulai mengambil alih kekuasaan perkeretaapian dari pihak Jepang. Para anggota AMKA menegaskan bahwa mulai tanggal 28 September 1945, kekuasaan perkeretaapian telah berada di tangan bangsa Indonesia. Hal inilah yang menjadi dasar untuk ditetapkannya tanggal 28 September 1945 sebagai Hari Kereta Api Indonesia, serta dibentuknya DKARI atau Djawatan Kereta Api Republik Indonesia.
Makna Logo Kereta Api
Spoiler for logo:
Logo yang tertera pada kereta api juga memiliki arti. Logo tersebut berupa gambar mirip angka 2 dengan kemiringan 70 derajat berwarna oranye dan warna dasar putih yang menampakkan bentuk seperti kereta api kecepatan tinggi dengan arah yang berlawanan. Gambar kereta api kecepatan tinggi yang bolak-balik dengan warna putih itu melambangkan pelayanan kereta api kepada penumpang yang siap sedia untuk mengantarkan para penumpang sampai tujuan. Sedangkan warna putih pada bentuk kereta api tersebut melambangkan ketulusan pelayanan yang diberikan dari pihak kereta api kepada penumpang.
Ternyata Hari Kereta Api Indonesia tidak bisa kita anggap sepele karena pada waktu itu beberapa anggota pejuang kita juga ikut memperebutkan kekuasaan perkeretaapian dari pihak Jepang. Untuk itu, kita patut memperingatinya demi menghargai perjuangan mereka yang sampai sekarang dapat kita nikmati. Apa yang terjadi jika para pejuang tidak ikut memperebutkan kekuasaan perkeretaapian dari Jepang? Mungkin sampai sekarang kita masih tidak tahu apa yang namanya kereta api.
Quote:
Ini dia pict nya gan
Spoiler for Berkas:COLLECTIE TROPENMUSEUM Aanleg van een ijzeren spoorbrug over een rivier in de omgeving van Banjoewangi TMnr 10007743.jpg:
Quote:
Ini dia negatifnya pembangunan jembatan rel di daerah antara Jember dan Banyuwangi di buat sekitar tahun 1890-1922
Spoiler for Berkas:COLLECTIE TROPENMUSEUM Eerste electrische trein van Weltevreden naar Tandjoengpriok TMnr 10014006.jpg:
Quote:
Ini dia kereta listrik pertama dari Weltevreden (sekarang Gambir) menuju Tandjoengpriok (Tanjungpriok)
Spoiler for Berkas:COLLECTIE TROPENMUSEUM Aanleg spoorlijn Solok-Siloengkang. Halte Si Loenkang. Sumatra west kust TMnr 10022112.jpg:
Quote:
Halte Si Loengkang (Silungkang), bagian dari jalur Solok-Silungkang di pesisir barat Sumatera
Quote:
Spoiler for PENTING!!!:
TOLONG BANTU
Quote:
GAK NOLAK
SEKIAN GAN
KEEP POSTING
JANGAN LUPA NINGGALIN JEJAK YA GAN
Quote:
Komeng dari kaskuser
Quote:
Original Posted By laurenciushpp►keren gan, semoga perkeretaapian Indonesia makin maju
Quote:
Original Posted By awaslagibeol16►semoga makin berkembang dan maju kereta api indonesia
Quote:
Original Posted By Feraemon►waah nanti bakalan ada promo tiket nih keknya
Quote:
Original Posted By endri2993►warisan yg harus di pertahankan
Quote:
Original Posted By rinosaurus►HBD yaaa
moga panjang umur dan sehat selalu
moga panjang umur dan sehat selalu
Quote:
Yang belum ngerasain kereta
Quote:
Original Posted By daniputri►kami di kalimantan blum bisa menikmatin hari kereta api di tanah kami
Quote:
Original Posted By rinosaurus►HBD yaaa
moga panjang umur dan sehat selalu
moga panjang umur dan sehat selalu
Quote:
Original Posted By matewannameat.►
Mejeng dulu di Pejwan...
Semoga per-Kereta api-an di Indonesia makin mantap y gan...
Mejeng dulu di Pejwan...
Semoga per-Kereta api-an di Indonesia makin mantap y gan...
Quote:
Diubah oleh rales759 28-09-2013 02:42
0
3.5K
Kutip
24
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
923.1KThread•83.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru