medic.stuffAvatar border
TS
medic.stuff
Hari Jantung Sedunia 2013

WORLD HEART DAY 2013


Hari Jantung Sedunia 2013

Untuk menandai peringatan Hari Jantung Sedunia, Federasi Jantung Dunia dan anggotanya mengharapkan kita untuk bisa mengambil langkah untuk menyelamatkan hidup, khususnya wanita dan anak-anak yang kita cintai. Membuat beberapa perubahan, dapat membantu mengurangi resiko mereka dari penyakit jantung dan stroke. Mengkonsumsi makanan sehat, aktifitas fisik, dan melarang penggunaan rokok.



Sepertinya hal ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan bukan? Tapi diharapkan dengan tips-tips di bawah ini dapat membantu kita untuk memulai hidup sehat. Hari ini kita dapat kesempatan untuk menecegah dampak dari penyakit jantung dan stroke dengan melakukan gaya hidup sehat sejak dari anak-anak sampai ke usia dewasa.

1. Aktifitas Fisik.


Jarang beraktitas dapat meningkatkan resiko kematian sekitar 6%. Resiko seperti kegemukan, diabetes, dan kurangnya aktifitas fisik yang dimulai sejak kecil dapat meningkatkan kemungkinan anak tersebut memilik penyakit jantung ketika sudah usia dewasa.

Bahkan dengan melakukan hanya 30 menit untuk aktifitas dengan intensitas sedang secara teratur, yaitu 5 hari dalam seminggu, dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

Aktifitas fisik tidak selalu hanya olahraga. Kegiatan lain seperti melakukan pekerjaan rumah dapat juga terhitung sebagai aktifitas fisik, misalkan berkebun. Ajaklah anak-anak untuk ikut membantu membersihkan.

Tentukan target atau tujuan yang realistis. Membangun perlahan-lahan aktifitas fisik akan lebih baik daripada langsung melakukan “lari marathon” di saat pertama kali melakukan aktifitas fisik.

Carilah aktifitas fisik di sekitar lingkungan kita yang mungkin kita bisa ikuti, seperti senam, bersepeda, dan lari. Ikuti jadwal yang ada, dan ini bisa membantu anda untuk bisa lebih fit.


2. Konsumsi makanan yang sehat


Semakin banyak orang yang merubah pola memasak makanan yang seringkali mengandung kadar gula, garam, dan lemak tak jenuh yang tinggi. Makanan yang tidak sehat, sangat terkait dengan 4 dari 10 penyakit yang menjadi faktor resiko kematian di dunia.


Makanan yang sehat untuk jantung adalah makanan yang kaya akan buah dan sayuran yang akan mencegah penyakit jantung dan stroke.

Sepertinya sangat susah untuk berhenti makan makanan kesukaan kita. Daripada menghindari makanan manis sepenuhnya, gantilah coklat dan manisan yang lainnya dengan pilihan alternatif seperti mangga dan buah lainnya.

Membuat makanan yang sehat akan sangat menarik untuk anak-anak. Pilihlah makanan yang berwarna-warni, dan libatkanlah anak-anak dalam proses memasak.

Batasi penggunaan garam kurang dari lima gram per hari (sekitar satu sendok teh).

Pertimbangkan ukuran dari porsi, gunakan piring yang lebih kecil dan pastikan porsi yang lebih besar untuk buah dan sayuran, daripada daging dan karbohidrat.


3. Katakan “Tidak” untuk rokok


Satu dari dua perokok akan meninggal dikarenakan penyakit yang terkait dengan kebiasaan merokok. Sayangnya, semakin banyak anak-anak dan remaja yang mulai merokok. Asap rokok dapat membunuh lebih dari 650 ribu orang yang tidak merokok setiap tahunnya, termasuk anak-anak. Pada anak, asap rokok dapat menjadi penyebab kematian mendadak.

Berhenti merokok dan menghindari asap rokok akan mengurangi resiko dari terkena penyakit jantung dan stroke.

Sangat penting sekali untuk melarang rokok di dalam rumah, untuk melindungi masa depan keluarga yaitu anak-anak.

Edukasi anak akan bahaya dari merokok, dan bantu mereka untuk memilih untuk tidak merokok bagi diri mereka sendiri.

Apabila kita menemuan kesulitan untuk berhenti merokok, kunjungi dan minta bantuan dari tenaga profesional yang akan memberikan saran, atau dukungan supaya bisa disediakan pelayanan berhenti merokok, terutama di tempat kerja anda.


4. Perhatikan nilai kesehatan anda.


Dengan mengambil langkah-langkah di atas, anda dan keluarga dapat mengurangi beban dari penyakit jantung dan stroke dimana saja anda hidup di dunia. Tapi, hal yang juga sangat penting adalah, tetap menjaga pemeriksaan rutin dari kesehatan jantung anda.

Kunjungi tenaga medis profesional yang dapat mengukur tekanan darah, kolesterol, kadar gula darah, berat badan, dan indeks massa tubuh anda.

Sekali anda menemui resiko penyakit kardiovaskuler anda, anda akan dapat mulai membuat perencanaan yang spesifik, langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kesehatan jantung anda. Buatlah rencana yang jelas, dan terlihat di rumah anda sebagai pengingat. Tenaga medis profesional juga dapat membantu memberikan saran untuk pilihan pengobatan apabila dibutuhkan.



Sebagai kesimpulan, Penyakit jantung dan stroke dapat dicegah dan seringkali dipicu oleh faktor resiko seperti tekanan darah tinggi, kadar kolesterol yang tinggi, kegemukan, merokok, dan adanya penyakit diabetes. Hal ini pada akhirnya bisa dicegah dan dikendalikan melalui konsumsi makanan yang sehat, olahraga teratur dan menghindari merokok.






Source: http://www.world-heart-federation.or...aign-material/
Diubah oleh medic.stuff 27-09-2013 04:20
0
1.8K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.