SHARE WHAT IRVINE KNOWS
Assalamualaikum, Irvine mau nge-share tips & trik membuat Curriculum Vitae (CV) yang (mudah-mudahan) baik dan benar. Semoga bisa membantu para kaskuser dalam melengkapi map file lamaran pekerjaannya.
Referensi materi : Rekomendasi dari rekan di bagian HRD & kumpulan dari Google.
Quote:
[ UPDATE ]
Karena banyak banget yang request CV ke ane, dan demi ngebantu yang lagi nyari kerja. Jadi, langsung aja download nih, Gan. Gratis!
FAST RESPONS FAQ : O897 8666 8O8 (WA Only)
Link download di bawah ini saya direct ke blog personal saya ya gan.
LINK DOWNLOAD : CV + SURAT LAMARAN KERJA 2018
Format CV ini cocok untuk yang Fresh Graduate ataupun yang sudah punya pengalaman kerja.
Quote:
Sudah di download? Sambil di baca tips membuat CV-nya gan. Silakan..
A. Urutan Penulisan Curriculum Vitae / Daftar Riwayat Hidup.
Quote:
DATA PRIBADI
Cantumkan identitas anda dengan jelas, seperti :
1. Nama : nama lengkap sesuai KTP, tanpa tittle pendidikan
2. Jenis Kelamin : Laki-laki / Perempuan
3. Tempat dan Tanggal Lahir : Jakarta, 24 Februari 1986
4. Agama :
5. Status Pernikahan : Menikah / Belum Menikah
6. Tinggi dan Berat Badan : 170 cm - 68 kg
Quote:
DATA KONTAK
1. Alamat Rumah : tulis alamat domisili tempat tinggal juragan
2. Email : tulis email personal nama agan, jangan email yg Alay yaa
3. No. Telepon : tulis no. handphone yg selalu aktif, lebih dari 1 nomer lebih bagus. Pisahkan dengan [spasi] per beberapa nomer agar mudah dibaca.
Quote:
OBJEKTIF PEKERJAAN
Tulis bidang pekerjaan apa yg sedang kita cari, lalu jelaskan sifat & sikap kita dalam bekerja, dan kemampuan kita dalam bekerja.
contoh :
Saya mencari pekerjaan dalam bidang public relations, broadcasting, advertising, protokoler, training, customer relations, human resource.
Saya seorang pekerja keras, kreatif, disiplin, bertanggung jawab, berjiwa kepemimpinan dan memiliki integritas yang tinggi.
Saya mampu memberikan solusi terbaik dalam bekerja.
Quote:
PENDIDIKAN FORMAL
Juni 2006 sampai Oktober 2010 jika masih kuliah, tahun lulus ditulis Sekarang
Instansi : Universitas Pasundan - Bandung (Akreditasi : A)
Kualifikasi : Sarjana S1
Program Studi : Ilmu Komunikasi
Konsentrasi : Public Relations / Hubungan Masyarakat
Tanggal Kelulusan : 18 Oktober 2010
IPK : 3.62 (skala 4.00)
Yudisium : Cum Laude / Sangat Memuaskan / Memuaskan (pilih)
Quote:
PENDIDIKAN NON-FORMAL
1. Pelatihan Public Speaking - Forum Kehumasan Indonesia - Bandung 2010
2. Seminar Effective Marketing Public Relations - Bandung 2009
3. ESQ English Art for Tommorow - Universitas Pasundan - Bandung 2009
4. English Course in English First (EF) - Bandung 2008
Quote:
KEAHLIAN
Komputer :
Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, Data Entry, Email, Internet, Website, Blog, Adobe Photoshop, Corel Draw.
Bidang Lain :
Promosi, Public Relations, Konsep, Protokoler, Strategic Planning, Training, Design, Sinematografi, Fotografi, Creative, Script Writer, Copywriting.
Bahasa :
Indonesia (aktif) dan English (spoken = 8 ; written = 8).
Quote:
PENGALAMAN KERJA
Tuliskan:
- Nama perusahaan dengan lengkap
- Bergerak bidang usaha apa perusahaan itu
- Lokasi - Periode - Jabatan terakhir
- Job Description
Contoh:
1. PERUM PERUMNAS (Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional)
Perusahaan BUMN yang bergerak di bidang properti bangunan rumah tinggal.
Lokasi : Wisma Perumnas - Kantor Pusat, Jl. D.I Pandjaitan Kav. 11. Jakarta
Periode : Juni 2009 s/d sekarang
Jabatan : Staf pada Dept. Humas dan Protokoler.
Job Description:
- Membuat Press Release acara resmi Perumnas dengan klien
- Menyusun materi untuk press conference dengan media massa
- Melayani keluhan konsumen terhadap perusahaan
- Merekapitulasi biaya penawaran kerjasama untuk acara sponsorship kegiatan yang diselenggarakan Perumnas
Note :Jika Fresh Graduate/belum punya pengalaman kerja, di hapus saja bagian ini.