Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

heinrich.hanAvatar border
TS
heinrich.han
Anak Sekarang Nggak Ada Tenggang Rasa sama Etika [TRUESTORY]
Diambil dari artikel kompasiana buatan saya: http://sosbud.kompasiana.com/2013/05...ih-552691.html



Maaf kalau artikel kali ini sangat menyinggung beberapa pihak, saya juga tahu bahwa nggak semua anak muda bersikap kurang ajar kepada orang lain hanya saja generasi di bawah saya makin tidak sopan dengan kakak kelas maupun dengan dosen atau orang tua sekalipun.

Okay, saya hanya heran mengapa angkatan yang dibawah saya banyak yang berani melawan dosen dengan kata-kata yang saya bisa katakan tidak ada dari angkatan saya yang berani melakukannya. Pernah suatu ketika (cerita dari senior saya yang mengambil mata kuliah semester 1 untuk memperbaiki nilai) salah satu dosen Ilmu Hukum datang terlambat karena sedang ada seminar di lantai atas, tanpa memberi kesempatan dosen untuk menjelaskan ada seorang mahasiswa angkatan 2012 dan perempuan pula bertanya kepada dosennya dengan nada yang tidak sepantasnya.

A: (dengan nada nyolot) Pak, kenapa telat. Bapak nyuruh kita nggak telat tapi bapak sendiri telat.

Dosen: (baru mau jawab sudah disela lagi sama anak ini)

A: Bapak nggak bisa jawab kan? Pokoknya Bapak harus minta maaf sama kita!

Dosen: Okay, saya minta maaf. Saya tadi ada seminar Hukum di lantai atas, maaf kalau nggak sempat bilang.

A: (mulai nyolot lagi) Oh, bilang dong dari tadi.

[[Bagaimana dosennya bisa jawab kalau dari tadi anak ini nyerocos seenaknya tanpa memberinya kesempatan berbicara]]

Dan ternyata setelah saya telusuri tidak hanya kasus semacam ini saja tetapi masih banyak yang lainnya. Saya jadi bertanya-tanya, sebenarnya kuliah itu mau ngapain sih? Buat gaya-gayaan sama ajang gengsi? Think it by yourself! Saya nggak mau komentar panjang lebar karena nanti pasti ada yang mewek lagi. Heran, anak sekarang dibilangin baik-baik suka ngelunjak giliran dikerasin dikit pada mewek dan langsung protes bilang pelanggaran HAM. Harusnya kami yang merasa HAM-nya dilanggar karena ulah kalian karena mengganggu hak orang lain untuk nyaman dan tenang tanpa gangguan.

Ada contoh lagi yaitu asrama tempat saya tinggal, tahun lalu anak-anak tahu sopan santun dan bahkan jika sudah diatas jam sembilan mereka sudah tidak bikin berisik lagi (walau tidak boleh berisik di atas jam 11) tetapi sejak ada mahasiswa baru, makin banyak anak kurang ajar yang bikin keributan di atas jam 10 malam sampai jam 3 pagi entah mereka pada ngapain padahal belajar juga nggak, malah nonton TV kabel di ruang tamu asrama bahkan yang paling parah ketika saya mau UTS Hukum Agraria jam 7 pagi dan saya berniat tidur pukul 2 pagi tiba-tiba ada seseorang mengetuk-ngetuk pintu tetapi aku mengabaikannya karena nggak mungkin pengawas mengetuk pintu tengah malam seperti ini, saya abaikan dan malah menjadi-jadi ketukan pintunya bahkan ada yang celetuk perkataan yang vulgar dan tidak pantas, begitu saya buka ternyata ada yang ulang tahun minta dikerjain. Singkat cerita, saya yang sudah SANGAT kesal akhirnya saya mengambil sisa air pel yang sudah menghitam dan menyiram ke arah mereka (jumlah mereka dua puluh orang). Maaf saya tidak bermaksud seperti itu tetapi mereka sendiri yang sering bikin keributan hampir setiap hari dan tidak cuma saya yang merasa stress karenanya tetapi angkatan saya yang tinggal di asrama serta kakak kelas yang tersisa di asrama. Apalagi besok adalah UTS dan mereka tidak memanfaatkannya dengan baik malah membuat kacau orang yang serius belajar.

Belum lagi anak-anak asrama angkatan baru suka mencuri makanan milik orang lain baik sesama angkatan maupun angkatan sendiri, pernah buku tentang Eropa saya hilang diambil anak-anakitu entah buat apa.

Maaf, saya bukan sok tahu, saya bukan anak muda dan mungkin bagi generasi yang sudah (maaf) cukup dewasa menganggap saya kurang ajar, kalau memang benar saya kurang ajar saya butuh ditegur hanya saja tolong untuk generasi selanjutnya tolong punya etika dan peka, jangan seenaknya sendiri tanpa memikirkan kepentingan orang lain. Jika kalian ingin dihormati oleh orang lain tolong hormatilah orang lain terlebih dahulu.

Salam cinta,

Carl


Mohon tanggapan para kaskuser sekalian ya, saya tidak menerima bata, diharapkan emoticon-Blue Guy Cendol (L) tapi kalau nggak mau ngasih bisa rate artikel ini supaya banyak yang baca dan makin sadar emoticon-Big Grin

TANGGAPAN PARA KASKUSER

Quote:


Angkatan 2013 ntar lebih parah, hati-hati emoticon-Big Grin
Ayo senior-senior lebih galak deh sama angkatan 2012 kebawah

Quote:


Orang Eropa aja masih ada hormat sama yang lebih tua walau suka manggil pake nama emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)

Quote:


masih mending jam 3 pagi teriak "SAHUR, SAHUR" lebih berguna daripada musik nggak jelas (saya non-muslim tapi saya biasa aja kalau ada yang begitu pagi-pagi daripada pasang musik gajelas)

Quote:


Quote:


orangtua jaman sekarang hobinya bban, ngurus anak ga becus, saya liat temen-temen saya begitu semua, ortunya entah ngasih makan apaan ke anaknya, soalnya ortu saya nggak kayak gitu emoticon-Big Grin Puji Tuhan, masih didik saya ke jalan yang benar

Quote:


Duh, ada senior di sini :[ maaf kalau ada kata-kata yang salah, saya angkatan 2011.
Diubah oleh heinrich.han 09-07-2013 14:43
0
8.8K
104
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.