Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

enzwaAvatar border
TS
enzwa
[News] Gigabyte GA-F2A85XN-WIFI
[News] Gigabyte GA-F2A85XN-WIFI

Telah hadir produk terbaru motherboard Gigabyte untuk platform AMD yang berbasiskan chipset A85 dengan socket FM2. Sebut saja, Gigabyte GA-F2A85XN-WIFI, ia menghadirkan solusi produk yang compact, dengan tawaran desain form factor mini-ITX. Sehingga pengguna bisa membangun sebuah komputer HTPC dengan lebih maksimal.

[News] Gigabyte GA-F2A85XN-WIFI

Bukan hanya dari sisi desain, Gigabyte GA-F2A85XN-WIFI juga menawarkan sisi fitur yang wah dan ekstra fungsi hingga dalam hal konektifitas wireless access. Konektifitas modern lain sudah dihadirkan seperti USB3.0, audio I/O 8-kanal dengan tambahan digital optical interface, dan storage port dalam bentuk SATA III 6Gbps. Selain itu, multi display didukung penuh dari fitur AMD Dual Graphics, dengan disematkan dua port HDMI dan sebuah DVI-D yang akan mengaktifkan triple display Eyefinity.

[News] Gigabyte GA-F2A85XN-WIFI

Berhubungan dengan sub-system graphic, terdapat keunggulan tersendiri yang biasanya tidak ditemukan pada motherboard yang menggunakan form factor mini-ITX. Di mana motherboard Gigabyte yang satu ini tetap menyediakan sebuah slot PCI Express x16 yang berjalan penuh pada kecepatan 16x. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan solusi VGA add-on yang lebih powerfull dibandingkan bawaan processor AMD APU, semisal untuk bermain game dengan lebih nyaman. Satu perhatian penting, bila user ingin membangun komputer HTPC yang compact dan kecil, pastikan VGA add-on yang akan digunakan merupakan jenis low-profile. Bisa saja user untuk menggunakan VGA full size seperti biasa. Namun, hal itu mengharuskan penggunaan casing yang lebih besar, dan akan meninggalkan tujuan utama dalam membangun komputer HTPC yang compact dan kecil.

[News] Gigabyte GA-F2A85XN-WIFI

Sesuai dengan yang disebutkan sebelumnya, kekuatan konektifitas dalam hal jaringan komputer, bukan hanya dari sisi jaringan kabel, tapi juga wireless access yang diperkuat kemampuan daya tangkap sinyal dari penggunaan dua port antena onboard.

[News] Gigabyte GA-F2A85XN-WIFI

Bagusnya, modul wireless adapter (dalam bentuk mini PCIe) dan antena turut di bundle dalam paket penjualan. Sehingga pengguna akan bisa langsung merasakannya secara on the fly.

[News] Gigabyte GA-F2A85XN-WIFI

Sisi ringkas dalam hal desain form factor juga tidak meninggalkan penggunaan komponen berkualitas tinggi yang membuatnya menjadi salah satu produk premium. Sebut saja all solid capacitor dan juga penggunaan digital MOSFET, yang akan menjamin reliabilitas operasional meski pada kondisi suhu tinggi.

Fitur
Lebih detail tentang fitur teknologi yang dimiliki oleh motherboard Gigabyte GA-F2A85XN-WIFI ini, kesemuanya terangkum dalam tajuk Gigabyte Ultra Durable 4 Plus, dan fitur-fitur unik lainnya.

Gigabyte Ultra Durable 4 Plus

- Humidity Protection
Fitur ini intinya sebagai usaha dari Gigabyte dalam meniadakan atau meminimalisir rembesan air kedalam papan PCB (printed circuit board), dengan cara mengecilkan jarak antara rajutan serat kaca (fiber glass) yang menjadi bahan utama dalam membuat papan PCB tersebut. Dengan begitu, akan meningkatkan ketahanan PCB terhadap hubungan arus singkat maupun kerusakan sistem yang disebabkan oleh kondisi lembab maupun basah.

- Electrostatic Protection
Fitur ini dimungkinkan dengan penggunaan chip IC yang jauh lebih kuat dalam ketahanannya (high resistance) terhadap electro-static discharge (ESD). Khusus pada motherboard dengan Ultra Durable 4 Plus, IC resistance bisa mencapai 3 kali lebih kuat dibandingkan IC tradisional. Di mana hal ini akan membantu melindungi motherboard beserta komponen-komponen didalamnya maupun PC secara keseluruhan terhadap bahaya listrik statis, yang memang menjadi momok di dunia elektronik.

- Power Failure Protection
Terdapat dua proteksi terhadap kesalahan yang berhubungan dengan daya listrik pada motherboard Ultra Durable 4, pertama motherboard akan dilengkapi oleh DualBIOS, satu unit sebagai BIOS utama dan satu unit lagi sebagai Backup BIOS. Jika suatu ketika, terjadi malfungsi atau kerusakan fatal semisal akibat listrik mati saat update BIOS maupun virus, dan BIOS menjadi corrupt. User hanya tinggal me-restore BIOS dari unit BIOS Backup.
Proteksi kedua berhubungan dengan ketidakstabilan pasokan listrik, yang bisa berupa surge (voltase maupun arus listrik yang tiba-tiba naik), yang mana akan menyebabkan kerusakan fatal pada setiap komponen elektronik. Disini Gigabyte menambahkan IC anti-surge untuk setiap jajaran motherboard Ultra Durable 4 Plus-nya.

- High-Temperature Protection
Proteksi ini berhubungan dengan komponen utama capacitor dan VRM (Voltage Regulator Module) yang kesemuanya menggunakan jenis yang berkualitas tinggi. Seperti yang sudah disinggung diawal, yakni all-solid capacitor dan VRM berteknologi digital.

Seperti yang kita tahu, atau bagi Anda yang belum tahu, all-solid capacitor memiliki karakteristik daya tahan yang jauh lebih tinggi dibandingkan capacitor elektrolit tradisional, terutama terhadap suhu tinggi. Dengan begitu pada operasional sebuah komputer yang selalu berhubungan dengan suhu yang meningkat, all-solid capacitor akan memiliki umur yang panjang. Sebagai pertimbangan, umur dari sebuah motherboard atau bentuk perangkat elektronik lainnya (tanpa ada pengaruh luar), hanya sepanjang umur dari capacitor yang digunakannya.

Digital VRM berhubungan dengan fitur unik Gigabyte Digital Power yang mana implementasi dari penggunaan controller maupun MOSFET berteknologi digital. Teknologi ini memiliki karakteristik dengan kondisi RDS(on) yang jauh lebih kecil dibandingkan MOSFET tradisional. Kenapa seperti itu, hal ini berhubungan dengan fungsi awalnya MOSFET (pada VRM) yang diarahkan sebagai switch yang membolehkan atau tidaknya arus listrik untuk mengalir. RDS(on) menggambarkan resistansi dari proses switching tersebut, sehingga makin kecil resistansi ini akan mempercepat proses charge maupun discharge dari arus listrik. Efek lainnya, adalah suhu operasional yang lebih rendah.

Fitur Unik
- 3D BIOS (UEFI)
- DualBIOS (UEFI)
- Digital Power
- Virtu MVP (Switchable Graphics)
- 333 (3xUSB Power, USB3.0, SATA III)
- On/Off Charge

Testing

Lalu, bagaimana perihal performanya? Di sini Gigabyte GA-F2A85XN-WIFI akan diuji sekilas menggunakan benchmark sistetis pada dua setting standar maupun overclock. Pengujian standar akan dijalankan pada setting auto dan setting memory DDR3 pada clock 1600MHz, karena jenis memory ini yang paling marak berada dipasaran saat ini.
Pada kondisi overclock, ditetapkan peningkatan clock CPU satu kali/ tingkat lebih tinggi dari batasan maksimal fitur TurboCore. Di pilih setting minimalis ini, karena penggunaan HSF bundle dari processor. Memory sendiri dijalankan pada dukungan maksimal motherboard untuk OC di 2400MHz. Selain itu, GPU internal pada APU dijalankan pada clock 1100MHz, di mana clock default GPU adalah 844MHz untuk jenis AMD A10-6800K.
Tidak ketinggalan, pengujian operasional dalam bentuk asupan daya dan juga temperatur dari CPU, baik ketika kondisi idle maupun full- load juga dihadirkan. Lebih lengkapnya, berikut spesifikasi komputer yang digunakan.

Spesifikasi:
- Processor AMD A10-6800K (default 4.1 GHz - 4.4 GHz Turbo)
- Motherboard Gigabyte GA-F2A85XN-WIFI
- RAM Team Xtreem DDR3-2666 4GB x2 (dual channel kit)
- PSU FSP AURUM 92+ Series PT-650M 650Watt
- Keyboard + Mouse USB
- Display LCD Chimei Full HD 1920x1080
- Storage SSD Kingston SH100S3/120G 120GB
- Aplikasi Benchmark: PCMark 7, 3DMark, AIDA64 Cache&Memory Diagnostic

Performance

- PCMark 7
Pengujian menggunakan PCMark 7 sebagai penunjuk kinerja keseluruhan sistem yang menggunakan motherboard Gigabyte GA-F2A85XN-WIFI.
a. Default Setting
- PCMark score: 4135
- Computation score: 5347
b. Overclocked
- PCMark score: 4323
- Computation score: 5552

[News] Gigabyte GA-F2A85XN-WIFI
[News] Gigabyte GA-F2A85XN-WIFI

- 3DMark
Disini pengujian lebih menitik-beratkan kepada kemampuan grafis rendering dari GPU yang ada pada APU AMD.
a. Default Setting
- Cloud Gate score: 5708
b. Overclocked
- Cloud Gate score: 6492

[News] Gigabyte GA-F2A85XN-WIFI

- AIDA64 Memory Diagnostic
Sesuai namanya, tool dari AIDA64 ini akan menguji kecepatan throughput dari RAM baik dari setting standar maupun overclock. Hasil skor ditetapkan dengan satuan MB/s (makin tinggi makin bagus).
a. Default Setting
- Memory read: 20152 MB/s
- Memory Write: 10488 MB/s
- Memory copy: 15193 MB/s
b. Overclocked
- Memory read: 20343 MB/s
- Memory write: 10205 MB/s
- Memory copy: 17284 MB/s


[News] Gigabyte GA-F2A85XN-WIFI

[News] Gigabyte GA-F2A85XN-WIFI

[News] Gigabyte GA-F2A85XN-WIFI
- Power Draw
Di sini pengujian untuk mengetahui seberapa tinggi daya yang akan diserap oleh komputer keseluruhan, selain dari keyboard, mouse dan monitor. Terdapat dua perhitungan power draw, ketika kondisi komputer dengan default setting dan overclocked. Kedua setting ini mewakili kondisi komputer dalam keadaan idle maupun full load.
a. Default Setting
- Idle: 40 Watt
- Full-load: 164 Watt
b. Overclocked
- Idle: 45 Watt
- Full-load: 190 Watt

[News] Gigabyte GA-F2A85XN-WIFI

[News] Gigabyte GA-F2A85XN-WIFI

- Processor Temperature
Dalam hal suhu, fokus pengujian pada komponen processor karena peranan kinerja keseluruhan berada pada komponen yang satu ini. Dengan kenyataan bahwa ia merupakan sebuah APU AMD yang menempatkan CPU dan GPU didalam satu paket chip.

a. Default Setting
- Idle: 19'Celcius
- Full-load: 74'Celcius
b. Overclocked
- Idle: 19'Celcius
- Full-load: 81'Celcius

[News] Gigabyte GA-F2A85XN-WIFI

[News] Gigabyte GA-F2A85XN-WIFI


Final Words
Membangun komputer HTPC tidak pernah seleluasa ini, bila menggunakan Gigabyte GA-F2A85XN-WIFI. Tawaran beragam fitur maupun operasionalnya, makin memaksimalkan pengalaman dalam berkomputer di rumah. Performapun sangat menjanjikan, terutama bila dilakukan implementasi overclock.
Di lain pihak, memang masih terdapat keterbatasan pada overclock tersebut. Bukan karena ketidak-mampuan dari motherboard, tapi karena keterbatasan perangkat pendukungnya, seperti HSF. Di mana dengan overclocking terutama yang lebih ekstrim lagi (manual), membutuhkan komponen pendingin yang juga ekstrim dan ruang lebih besar. Dan tentunya, hal ini akan berbenturan dengan tujuan dari HTPC untuk dapat membangun komputer small, dan compact. Dengan kata lain, solusi pendinginan terbatas pada HSF bundle standar dari processor.

Note: Produk sudah tersedia di Indonesia pada bulan September 2013. Untuk harga adalah US$123 (MSRP).
Diubah oleh enzwa 16-09-2013 07:45
0
3K
21
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hardware Computer
Hardware ComputerKASKUS Official
31.1KThread10KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.