Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

edvan165Avatar border
TS
edvan165
Tua itu Pasti, Dewasa itu Pilihan. :)
Assalamu'alaikum..
Halo Agan dan aganwati Kaskuser semuanya!

Sudah lama sekali sejak 2 atau 3 tahun yang lalu saya ga posting artikel di kaskus. Sekarang saya ingin kembali berbagi melalui thread ini. Semoga tulisan saya ini memberikan manfaat buat agan semua ya!

Tua itu Pasti, Dewasa itu Pilihan. :)

Berbicara tentang kedewasaan sikap dan tindakan, pasti yang akan langsung terbayang di benak kita adalah sifat-sifat seperti, bijaksana, rendah hati, penyabar, kuat mental serta berbagai sikap positif lainnya. Pada dasarnya sifat-sifat tersebut adalah sifat-sifat yang didambakan oleh semua orang. Namun ternyata hanya sedikit yang bisa mempraktekannya.

Saya ingin bercerita tentang pengalaman saya waktu masih SD. Saat itu saya sering dibully dan dimusuhi oleh teman-teman yang agak bandel di sekolah. Kemudian saya berpikir, mungkin mereka bersikap seperti itu karena masih anak SD, wajar kalau pikiran dan sifatnya kekanak-kanakan. Mungkin ketika nanti saya SMP, teman-teman saya sudah tidak ada lagi yang bersifat kekanak-kanakan.

Ketika saya SMP, ternyata apa yang saya bayangkan sangat berbeda dengan kenyataan. Ternyata masih ada teman-teman saya yang sudah SMP pun masih berprilaku sama. Sifat kekanak-kanakan, tidak mau mengalah, sombong, merasa lebih hebat masih banyak dimiliki oleh teman-teman saya ketika SMP. Ada juga yang bossy, merasa paling hebat dan sok ngatur teman-teman lainnya. Kemudian saya berpikir, Oh mungkin usia SMP masih termasuk anak kecil, jadi wajarlah masih ada saja yang berprilaku seperti itu.

Sebagai anak SMP, ketika saya melihat kakak-kakak SMA, saya berpikir sepertinya mereka dewasa sekali ya kalau sedang berkomunikasi dengan kami yang anak SMP. Mungkin nanti saya dan teman-teman juga akan bersikap dewasa ketika sudah SMA.

Akhirnya saya duduk di bangku SMA. Ketika itu saya memperhatikan sikap teman-teman saya. Rasanya kok sikap kita yang anak SMA ini tidak ada bedanya dengan anak-anak SMP. Hal-hal seperti mudah iri, ingin yang 'ter' dan 'paling', atau bahkan mudah galau justru semakin terlihat ketika SMA.

Kemudian saya mulai berpikir, kapan sesungguhnya manusia itu bisa bersikap dewasa? Harapan saya masih ada, mungkin nanti ketika di bangku kuliahlah manusia bisa bersikap dewasa. Tidak mudah terpuruk dalam masalah, kuat dan bijaksana dalam menghadapi kehidupan.

Kini saya sedang kuliah. Ternyata sekali lagi apa yang saya bayangkan sangat berbeda dengan realita. Mahasiswa tetap saja banyak yang belum bersikap dewasa. Sifatnya masih banyak yang sangat kekanak-kanakan. Arogans, tidak mau kalah, keinginan untuk eksis justru semakin terlihat di kalangan mahasiswa sekarang ini.

Bahkan kakak kelas di kampus, dosen, pegawai tata usaha, banyak sekali yang bersikap kekanak-kanakan. Ada yang mudah ngambek karena hal kecil, bersikap tidak terpuji, tidak mudah meminta maaf dan memaafkan bahkan hanya untuk senyum saja sangat sulit dan tidak menghargai satu sama lain. Saya semakin bingung, lalu kapan sesungguhnya manusia bisa bersikap dewasa dalam menjalani kehidupannya?

Selain kuliah, saya juga berbisnis dan menjadi pembicara, sehingga terlibat dengan orang-orang dewasa. Ternyata klien-klien saya pun banyak sekali yang bersikap tidak dewasa. Mengeluh disana-sini, tidak bersyukur, marah-marah karena hal yang sangat sepele sampai akhirnya memutuskan hubungan bisnis. Sangat tidak dewasa. Begitu juga para orang tua yang sudah memiliki anak, masih banyak yang bersifat kekanak-kanakan dengan memaksakan kehendaknya pada anak-anaknya. Saya kasihan anak-anaknya menjadi korban. Padahal anaknyalah yang akan menjalani hidupnya, tapi orangtua memaksakan kemauan kepada sang anak.

Ternyata saya menyadari bahwa orangtua sekalipun masih banyak yang bersikap tidak dewasa dan kekanak-kanakan. Begitu juga anak muda, banyak yang sudah mampu bersikap dewasa. Sekarang, tinggal bagaimana kita memilihnya. Mau hidup selamanya kekanak-kanakan? Sangat melelahkan sepertinya hidup seperti itu. Atau mau menjalani hidup dengan dewasa dan bijaksana, sehingga seberat apapun keadaan yang kita lalui, kita tetap tenang dan menikmati kehidupan. Sepertinya kita akan lebih menikmati hidup dengan hati yang damai dan lapang.

Jadi, mulai sekarang ayo kita mencoba untuk lebih bersikap tenang dan dewasa dalam hidup. Karena Tua itu Pasti dan Dewasa itu adalah Pilihan!

Edvan M Kautsar
Motivator dan Pengusaha Muda
Penulis Buku The Experts Motivation Keys
Owner Kautsar Management
Owner Kautsar Dimsum
Direktur Golden IDE
BussinessCoach @BensRadio
Guest Lecturer of Character Building
Duta HIV/AIDS Unicef Jabar 2007

Tua itu Pasti, Dewasa itu Pilihan. :)
Edvan M Kautsar Official
Tua itu Pasti, Dewasa itu Pilihan. :)
@EdvanMKautsar
Tua itu Pasti, Dewasa itu Pilihan. :)
Edvan M Kautsar Official Site

Edvan M Kautsar's Video Profile
emoticon-2 JempolSalam Sukses dan Semangat!emoticon-2 Jempol

Artikel Lainnya:
Jadilah Entrepreneur Sekarang Juga!
Diubah oleh edvan165 25-09-2013 23:54
0
3.5K
30
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.