- Beranda
- The Lounge
Begini Ternyata Helm Untuk MotoGP Diuji Ketahanannya [by Snell Foundation]
...
TS
Foxadit
Begini Ternyata Helm Untuk MotoGP Diuji Ketahanannya [by Snell Foundation]
GOOD THREADS ACADEMY
==========================================================================
Assalamu'alaikum semuanyaaa
kembali lagi bersama Foxaadit
kali ini ane bikin thread tentang bagaimana helm yang dipake di moto gp diuji dengan judul =====> Begini Ternyata Helm Untuk MotoGP Diuji Ketahanannya [by Snell Foundation]
untuk itu, pertama-tama, silahkan cek repost atau enggak, cekidot eh, maksudnya bekicot :
kembali lagi bersama Foxaadit
kali ini ane bikin thread tentang bagaimana helm yang dipake di moto gp diuji dengan judul =====> Begini Ternyata Helm Untuk MotoGP Diuji Ketahanannya [by Snell Foundation]
untuk itu, pertama-tama, silahkan cek repost atau enggak, cekidot eh, maksudnya bekicot :
Spoiler for repost?:
================================================
Udah ada apdetanya gan, ada juga di post #2 buruaan cekidot
================================================
Quote:
Pertama - tama
keselamatan menjadi hal pertama yang jadi perhatian FIM. Sebagai alat pengaman utama pembalap, tak sembarang helm bisa berlaga di MotoGP.
Adalah Snell foundation, sebuah lembaga khusus untuk menilai kelayakan helm yang digandeng FIM demi menjaga keselamatan pembalap. Ada banyak syarat yang ditetapkan Snell sebelum sebuah helm bisa ikut membalap.
berikut adalah sekilas tentang Snell Foundation
"The Snell Memorial Foundation memiliki salah satu fasilitas pengujian helm yang paling canggih dan tersibuk di dunia. California laboratorium pengujian helm Snell adalah salah satu dari sedikit di Amerika Serikat terakreditasi untuk ISO 17025 oleh Asosiasi Amerika untuk Akreditasi Laboratorium (A2LA) .
Sebelum helm bisa bersertifikat-Snell, helm itu diuji dalam fasilitas uji state-of-the-art Snell. Snell teknisi melakukan berbagai tes untuk menentukan kinerja helm dan kemampuan untuk tetap di kepala dalam kondisi lingkungan yang berbeda - ambien, semisal dalam kondisi basah, panas, dingin. Tergantung pada aplikasi dan standar, setiap helm harus lulus semua atau beberapa tes "
Salah satu yang utama adalah keharusan Helm memiliki lapisan polystyrene dengan tingkat ketebalan 2,5 cm. Lapisan inilah berfungsi meredam benturan saat terjadi kecelakaan.
Berikut rincian tahap tahap helm untuk Motogp diuji
Quote:
1. Impact Test
Test ini difungsikan untuk menguji apakah helm yang digunakan oleh pembalap mampu menahan benturan saat pembalap mengalami sebuah kecelakaan yang membahayakan kepala sang pembalap.
Tes ini melibatkan serangkaian dampak terkendali di mana helm diposisikan pada plat berkepala logam dan kemudian dijatuhkan ke berbagai landasan uji baja (Flat, Hemisphere, Kurbstone, Roll bar, Edge atau yang berjenis Horseshoe type) yang mensimulasikan dampak yang berbeda pada permukaannya. Di mana helm dijatuhkan dari jarak 2,5 meter namun dengan kecepatan 20,8 km/jam plus jatuh pada permukaan besi.
Bentuk kepala pada permukaan besi yang diinstrumentasi dengan accelerometer ini bertujuan untuk mengukur kekuatan puncak G [G force peak]atau percepatan yang diukur dalam "G" unit Gravitational. Energi impak (ketinggian saat dijatuhkan dan massa dari helm), atau seberapa keras helm terpengaruh memiliki hasil yang unik untuk setiap standar. Namun, dalam setiap tes yang valid, jika efek 'G force Peak' ini kepada helm melebihi nilai ambang tertentu (sekitar 300 G, tergantung pada standar dan jenis tes), helm tersebut ditolak atau tidak lulus tes.
Quote:
2. Positional Stability(Roll-Off) Test
Sementara ujian seanjutnya bernama Positional Stability (Roll-Off) Tes terkait dengan kekuatan tali pengamam yang memastikan helm tidak terlepas saat sang pembalap terjatuh.
Bentuk kepala dipasang pada penyangga berdiri sehingga helm akan menghadap ke bawah pada sudut kesitar 135 derajat. selanjutnya Helm ditempatkan pada posisi yang disesuaikan untuk mendapatkan kondisi "best fit" layaknya sedang dipakai oleh pembalap. kemudian Sebuah tali kawat dihubungkan ke tepi belakang helm dengan diambahkan beban dibawahnya kemudian membuat helm terarik ke bawah menghadap lantai.
jika pada test ini helm terlepas saat ditarik kebawah oleh beban besi yang dikaitkan, maka helm akan dinyatakan tidak lolos tes.
Quote:
3. Dynamic Retention Test
pada test ini, helm akan diuji apakah tali pengaman rahang yang terpasang pada helm kuat untuk menahan kepala pembalap saat pembalap terjatuh dan tertarik.
Helm ditempatkan pada posisi kepala yang normal kemudian tali dagu diikat ke bawah dengan sebuah perangkat khusus, dimana pada bagian rahang ditarik oleh beban dengan berat sekitar 23 kg selama kurang lebih satu menit. Sistem retensi ini kemudian dijalankan bertahao dari beban awal sekitar 23 kg sampai massa beban mencapai 38 kg.
Sistem retensi gagal jika helm tidak dapat menahan beban mekanik atau jika peregangan pada tali pengaman rahang dari sistem retensi ini melebihi 30 mm.
Quote:
4. Chin Bar Test
Test ini dilakukan dengan tujuan menguji apakah pelindung dagu pada helm pembalap mampu menahan benturan yang keras saat terjadi kecelakaan. hal ini juga dimaksudkan untuk menghindari trauma di kepala sang pembalap.
Tes pelindung dagu berlaku untuk helm full face, khusus balapan semisal helm khusus balap gokart. Helm ditempelkan ke plat yang kaku dengan pelindung dagu menghadap ke atas. Lalu sebuah beban seberat 5 kg dijatuhkan ke bagian tengah pelindung dagu. Defleksi ke bawah dari pelindung dagu yang telah dijatuhi beban tidak boleh melebihi jarak yang ditentukan.
Quote:
5. Shell Penetration Test
Pada dasarnya uji penetrasi ini mirip dengan uji impact, namun pada uji ini, helm akan benar benar diuji apakah mampu menahan beban yang langsung tertuju pada helm, misalnya saat pembalap jatuh dan helm tertusuk batang besi maupun pagar disisi track balapan.
Uji penetrasi berlaku untuk helm yang digunakan untuk sepeda motor balap seperti MotoGP, dan beberapa olahraga khusus semacam gokart, ski dan helm berkuda.
Pertama - tama Helm ditempelkan ke plat besi yang kokoh kemudian sebuah besi tajam seberat 3 kg menusuk helm dibagian atas helm. Beban besi tidak boleh menembus helm atau bahkan mencapai kontak sesaat dengan bagian dalam helm dekat dengan bagian kepala.
Quote:
6. Faceshield Penetration Test
Pada tahap uji berikut ini, helm akan diuji seberapa kuat bagian pelindung wajah helm ini mampu menahan peluru yang ditembakkan oleh "air gun". hal ini dimaksudkan untuk menguji apakah pelindung muka dari helm mampu menahan serihan batu dan kerikil saat pembalap terjatuh tepat di bagian wajahnya.
Test ini berlaku untuk helm balap full face, seperti halnya untuk helm balap gokart dan tentunya Moto GP. Dengan kecepatan peluru sekitar 500 kph, helm yang berada didalam kotak akan ditembak tepat dibagian wajah, dengan perantara tiga buah lapis kaca didepannya.
Peluru tidak boleh menembus bagian depan atau pelindung wajah helm itu sendiri, dan jika ada "benjolan" ke bagian dalam pelindung muka, maka hal itu harus kurang dari 2,5 mm dalamnya.
Quote:
7. Flame Resistance Test
Selanjutnya helm juga harus menjalani ujian lain dengan didinginkan pada suhu -10 derajat celcius dan langsung dipanaskan pada suhu 50 derajat celcius. Setelah itu, dilakukan uji ketahanan dengan menggunakan api propana sekitar 790 derajat celcius. Api paparkan pada bagian luar helm, trim, tali dagu dan pelindung wajah untuk beberapa detik tertentu, dan jika helm terbakar maka helm tersebut harus mampu memadamkan api dalam waktu yang ditentukan.
Selama seluruh proses tersebut, suhu lapisan dalam helm tidak boleh melebihi 70 derajat celcius. hal ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana keadaan helm saat berada dalam kondisi balapan. Inilah yang disebut dengan Flame Resistance Test.
agan agan juga bisa iliat prosesnya di Video berikut:
tenang gan, ga sampai 1 menit kok..waffer ajaa
Quote:
=====================================================
yaak demikianlah yang bisa ane share, semoga agan - agan terhibur hehehe
============================================================
yaak demikianlah yang bisa ane share, semoga agan - agan terhibur hehehe
============================================================
================================================================
Untuk Silent Readerane gak masalah, asal di rate 5 sama ditimpuk cendol
================================================================
Untuk Silent Readerane gak masalah, asal di rate 5 sama ditimpuk cendol
================================================================
Quote:
Spoiler for sembur:
Yusupnya gan
[URL=sport.detik..com/read/2008/06/07/015338/951906/563/bukan-sembarang-helm-di-motogp]sembur 1[/URL]
sembur lagi
==============================================================
yang tanya model begini
Spoiler for tanya:
Quote:
Original Posted By ottroyz►pantes yang branded-branded mahal
tapi ane mah apa atuh, cuma rakyat biasa yang cuma kebeli helm-helm 400rebuan
btw, itu helmnya simoncelli copot gimana cerita gan? kan udah dites segala macem tuh
tapi ane mah apa atuh, cuma rakyat biasa yang cuma kebeli helm-helm 400rebuan
btw, itu helmnya simoncelli copot gimana cerita gan? kan udah dites segala macem tuh
Quote:
Original Posted By vania.larissa►kalo kasusnya simoncelli sebenernya gimana sih gan
Quote:
Original Posted By yd168►helm simonceli pst kaga di tes dulu pas moto gp ancur lebur ditabrak rossi
Quote:
Original Posted By aboc-aboc►tapi kok helm si simonceli bisa remuk + lepas gitu ya gan
Quote:
Original Posted By rezagrounge►mantep gan..secera ujian helm..sangat ketat..nengutamakan keselamatan rider..tp kok jagoan ane helmnya pecah gan om simoncelli..mungkin takdir kali yah..
agan 1112rey udah bantu jawab
Spoiler for jawab:
Quote:
Original Posted By 1112rey►
Artinya sampai saat ini produsen peralatan keselamatan terutama keselamatan pembalap baru mampu memberikan perlindungan kepala, tubuh, tangan dan kaki. Sedangkan untuk leher masih belum ada alat keselamatan yang mumpuni. Itu yang membuat Marco Simoncelli meninggal karena lehernya terlindas motor Rossi.
Sedangkan leher adalah bagian tubuh yang paling bahaya dan rentan ketika terjadi kecelakaan.
Coba agan liat kostum pembalap apapun itu pasti di bagian leher hampir tidak ada pelindung.
Karena memang tingkat kesulitan yang sangat tinggi menciptakan alat pelindung leher yang tidak menggangu pergerakan leher itu sendiri.
Artinya sampai saat ini produsen peralatan keselamatan terutama keselamatan pembalap baru mampu memberikan perlindungan kepala, tubuh, tangan dan kaki. Sedangkan untuk leher masih belum ada alat keselamatan yang mumpuni. Itu yang membuat Marco Simoncelli meninggal karena lehernya terlindas motor Rossi.
Sedangkan leher adalah bagian tubuh yang paling bahaya dan rentan ketika terjadi kecelakaan.
Coba agan liat kostum pembalap apapun itu pasti di bagian leher hampir tidak ada pelindung.
Karena memang tingkat kesulitan yang sangat tinggi menciptakan alat pelindung leher yang tidak menggangu pergerakan leher itu sendiri.
komen menarik dan kocak kaskuser
Spoiler for komentar menarik dan kocak:
Quote:
Original Posted By bebemania►jadi inget helm lokal seharga 300rebu merk N*K yg meng claim punya sertifikat SNELL, bandingkan dengan helm premium sesungguhnya yg punya SNELL harganya bisa diatas 5juta
tambahan gan, helm standar GP bagian visornya dilarang pecah, kalaupun pecah, pecahannya sudah dirancang khusus tidak akan hancur berbentuk tajam, karena bahaya untuk mata
tambahan gan, helm standar GP bagian visornya dilarang pecah, kalaupun pecah, pecahannya sudah dirancang khusus tidak akan hancur berbentuk tajam, karena bahaya untuk mata
Quote:
Original Posted By planthopperman►wah helm ane, dah pecah malah tak solder trus ane jahit pke kawat
Quote:
Original Posted By onadio27►wooww...
kuat di lindes tank ga gan?
kuat di lindes tank ga gan?
yang ini maksudnya ?
V
V
V
Quote:
Original Posted By xizeze►wah kalo gini gimana ....?
Quote:
Original Posted By UbayProject►gak apalah beli helm yang dikit agak mahal,
soalnya isi dalam helmnya jauh..jauh..jauh lebih mahal
bagi yang seneng beli helm yang 30rb-an ...
anda tidak menghargai "isi helm" anda
soalnya isi dalam helmnya jauh..jauh..jauh lebih mahal
bagi yang seneng beli helm yang 30rb-an ...
anda tidak menghargai "isi helm" anda
Quote:
Original Posted By Regaliaa►waw...coba helm standar dari motor hon*a yang item di test gan..
bijimane yah hasilnyaa...
bijimane yah hasilnyaa...
Quote:
Original Posted By gunslingger►kirain sama aja gan sama helm2 branded yg impor,
awal2 sih sama tapi kok bawah nya ada flame
pantes mahal ya
awal2 sih sama tapi kok bawah nya ada flame
pantes mahal ya
Quote:
Original Posted By ark2612►ujicoba fitur keselamatan buat kepala pembalap ketat lho gan..
gagal dikit aja langsung reject..
makanya ketika crash di lintasan helm kudu bisa melindungi kepala pembalap dari benturan atau apapun..
tapi sayang untuk badan masi kurang kalo menurut ane
gagal dikit aja langsung reject..
makanya ketika crash di lintasan helm kudu bisa melindungi kepala pembalap dari benturan atau apapun..
tapi sayang untuk badan masi kurang kalo menurut ane
Quote:
Original Posted By kisworoaji►safety first....
standart sni harusnya di uji coba layaknya standart international yah...?
supaya keselamatan pengendara di indo lebih meyakinkan...
standart sni harusnya di uji coba layaknya standart international yah...?
supaya keselamatan pengendara di indo lebih meyakinkan...
Quote:
Original Posted By shiguma►panjang juga uji kelayakannya..
gua waktu sma demen ugal"an, #masalalu
sering jatuh.. bahkan temen gua ampe cap gua hobi jatoh..
helem gua waktu itu yg gua pake ink cl 25.. ga kebayang kalo ga ada tu helm..
tato di badan mah banyak..
gua waktu sma demen ugal"an, #masalalu
sering jatuh.. bahkan temen gua ampe cap gua hobi jatoh..
helem gua waktu itu yg gua pake ink cl 25.. ga kebayang kalo ga ada tu helm..
tato di badan mah banyak..
Quote:
Original Posted By alphonse88►sekuat kuatnya helm,leer belum bisa d lindungi sempurna..
jd inget helm "BATOK" yg putih jaman ane SMA,
jd inget helm "BATOK" yg putih jaman ane SMA,
Quote:
Original Posted By mirajachmad►helm ane gak sekuat kaya helm tersebut..
helm ane lemah dihantam ke kepala aja helmnya pecah !! kepalanya ikutan pecah juga !!
yang penting gunakanlah helm disaat anda mengendarai sepeda motor agar meminimaliskan resiko luka parah pada bagian tubuh.n
helm ane lemah dihantam ke kepala aja helmnya pecah !! kepalanya ikutan pecah juga !!
yang penting gunakanlah helm disaat anda mengendarai sepeda motor agar meminimaliskan resiko luka parah pada bagian tubuh.n
Quote:
Original Posted By minions►ampe sekarang ane masih ngidam buat beli helm shoei gan apa agv
walopun cuma naik motor matic bukan motor balap/ motor laki
tapi rejeki belum ada ,masih pake helm standar SNI aja deh
walopun cuma naik motor matic bukan motor balap/ motor laki
tapi rejeki belum ada ,masih pake helm standar SNI aja deh
Quote:
Original Posted By isibaterai►ane punya cerita ane dulu pernah kecelakaan tunggal gitu, jadi pas nikung (ala om rossi) eh ban belakang ane slip dan alhasil ane tebanting diaspal, untung wktu itu ane make helm half face merk IN*. kepala ane tebentur diaspal, gara2 ane pake helm jdi kepala ane tak terluka sedikitpun ya walaupun helm ane lecet2 (posisi helm masih pada tempatnya). kalo seandainya itu helm abal2 apa gak ringsek tuh kepala ane eh helm ane mksudnya. kok jadi curhat yah
Quote:
Original Posted By dvt.hmt►ane nyari helm yg ada kulkas nya gan. jd biar adem terus
Quote:
Original Posted By radenhood►ane mah pake helm Bonus dari dealer gan
Quote:
Original Posted By cryco►buset bnyak bner yak uji kelayakannya
itu dijual di indonesia gak sih gan?
yah misalnya dijual di indo juga gak masalah si gan,soalnya harganya mahal, coba harganya 200 rebuan, udah dipake tawuran kali sma anak SMA di indonesia
itu dijual di indonesia gak sih gan?
yah misalnya dijual di indo juga gak masalah si gan,soalnya harganya mahal, coba harganya 200 rebuan, udah dipake tawuran kali sma anak SMA di indonesia
===================================================================================
** Perbandingan dengan Uji SNI **
VS
VS
Buat yang ga bisa waffer, nih gambarnya gan
1. satu
2. dua
3. tiga
4. empat
5. lima
6. enam
7. tujuh
8. delapan
****tambahan dari agan ronick ****
semburnya
1. satu
2. dua
3. tiga
4. empat
5. lima
6. enam
7. tujuh
8. delapan
****tambahan dari agan ronick ****
Quote:
Original Posted By ronick►Oh sedikit share buat agan2... Kebetulan saya teknisi buat uji helm SNI, ujinya hampir sama kayak di atas, minus uji kaca... Semua helm yg masuk diuji dengan ketat dan alat ujinya juga lumayan canggih didatangkan langsung dr Italy.. Ini ada sedikit gambar buat dilihat2...
Hati-hati gan klo milih helm!!!
Spoiler for gambarnya:
Hati-hati gan klo milih helm!!!
semburnya
===================================================================================
======================================================================
maaf juragan, pos 1 pekiwan dah abis
jadi yang menarik2 di post ke berapa gitu..tapi masih pekiwan kok
jadi yang menarik2 di post ke berapa gitu..tapi masih pekiwan kok
Spoiler for ijo2:
Apresiasi Kaskuser
======================================================================
Buat yang pengen tau beberapa contoh helm berstandard snell bisa mampir ke post dua gan
==========================================================================
0
157.2K
Kutip
1.3K
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
925.1KThread•91KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya