Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

asrianyAvatar border
TS
asriany
Cantiknya Butterfly Nebulae
Para astronom didunia terpukau pada salah satu kosmik misterius yang merupakan objek paling indah di galaksi kita.
mereka mengungkapkan bahwa awan gas berbentuk kupu-kupu indah yang ditinggalkan oleh salah satu bintang mati itu disebut bipolar planet nebula . Dan tampaknya kesemuanya sangat misterius antara satu dengan yg lain .
Bentuk planet nebula selama tahap akhir kehidupannya keliatan seperti bintang matahari ketika bahan bakarnya akan habis . Dalam beberapa kasus , tekanan gas yang tinggi dari bintang yg sekarat bisa menciptakan sebuah gelembung gas besar yg nantinya berubah simetris dan berbentuk seperti sebuah jam pasir. Jenis sisa-sisa bintang tersebut biasa dikatakan sebagai Butterfly Nebulae .
Dengan menggunakan kedua Hubble Space Telescope dan Teknologi Baru Teleskop Observatorium Selatan Eropa ( NNT ) , para peneliti tersebut mengklaim telah meneliti lebih dari seratus nebula planet di wilayah pusat Galaksi Bima Sakti , dan menemukan bahwa bipolar berbentuk nebula menampilkan keselarasan yang mengejutkan dengan satu sama lain .
" Ini benar-benar Penemuan yang mengejutkan dan jika benar , ini merupakan yang terpenting , " kata seorang penulis yang merupakan rekan Bryan Rees , astronom dari University of Manchester , dalam sebuah pernyataan pers .
" Kebanyakan Butterfly Nebulae seperti memiliki sumbu yang panjang dan mereka sejajar dalam bidang galaksi kita , " tambahnya .
Bagi Rees dan timnya , bagian yang sangat membingungkan adalah bahwa semua Butterfly Nebulae seperti menunjukkan semacam hubungan yang sejalan antara satu dengan yang lainnya - meskipun bentuknya individu, memiliki sejarah dan sifat yang unik, padahal bintang tersebut bersifat progenitor (berada pada satu jalur) dan semua harus berputar tegak lurus dengan awan gas dan debu yang menciptakan mereka (Butterfly Nebulae) .
" Kalau diperhatikan, bipolar nebula ini menunjukkan sesuatu yang aneh tentang sistem bintang mati dalam pusat Galaksi, " jelas Rees .
Salah satu hipotesis mengejutkan untuk penyelarasan ini adalah bahwa hal itu dapat langsung terkait dengan asal-usul medan magnet yang kuat yang dipancarkan oleh Galaksi Bima Sakti . Sangat sedikit yang diketahui tentang bagaimana medan magnet ini terbentuk dan berevolusi dari waktu ke waktu . Dengan demikian , penemuan unik sebuahi planet nebula mungkin sangat membantu untuk membuka beberapa sejarah galaksi yang belum diketahui oleh penghuni galaksi ini sendiri .
Silahkan agan simak penampilan cantik sebuah Butterfly Nebulae

Spoiler for 1:

Spoiler for 2:

Spoiler for 3:

Spoiler for 4:

Spoiler for 5:

Spoiler for 6:


mohon cendolnya
emoticon-Belomatabelo
0
1.4K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.