Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kartikaaaaaaaaAvatar border
TS
kartikaaaaaaaa
Manfaat Teh Untuk Kesehatan Agan
Ha....lo agan semua. Masih newbie ane nih gan, buat promosi id kaskus ane dikit, ane mau sharing artikel soal kesehatan dikit. Boleh dong? Bolehlaaah. Hehehe. Sebelumnya artikel ini saya dapat dari sumber artikel.

Postingan kali ini tentang manfaat Teh. Langsung aja gan ya, ini dia artikelnya.



Salah satu jenis minuman yang paling digemari warga Indonesia adalah teh. Baik disajikan panas atau dingin, sama enaknya. Banyak sekali kandungan alami dalam teh yang dapat meningkatkan kesehatan. Memang sudah sejak lama, teh dikenal sebagai minuman yang selalu dikaitkan dengan kesehatan. Sejauh ini, sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk membuktikan kebaikan dari teh secara ilmiah. Apa sajakah manfaat yang didapatkan tubuh dari teh?

1. Teh meningkatkan sistem imun tubuh
Percobaan yang dilakukan pada tahun 2009 oleh National Academy of Sciences menunjukkan bahwa sel-sel darah sistem imun tubuh orang yang sering meminum teh bereaksi melawan kuman lima kali lebih cepat dibandingkan dengan peminum kopi. Baik teh hijau, teh putih, dan teh hitam kaya akan vitamin dan antioksidan yang secara alami melawan bakteri dan virus, juga melindungi tubuh dari berbagai macam serangan penyakit.

2. Teh melawan kanker
Karena teh sarat akan antioksidan, maka teh juga sangat efisien untuk menghindari radikal bebas yang dapat menimbulkan kanker di dalam tubuh. Tidak hanya itu, teh hijau juga mengandung zat polyphenol yang dikenal dengan ECGC, yang telah terbukti menghentikan pertumbuhan kanker dan melindungi sel dari kerusakan DNA yang mungkin terjadi. Peneliti dari Skotlandia juga menemukan bahwa green tea dapat menyusutkan tumor dan dalam beberapa kasus yang ditemui dapat menyembuhkan tumor.

3. Teh membantu rehidrasi tubuh
Berbeda dengan mitos yang mempercayai bahwa kafein yang ada dalam teh tidak dapat membantu rehidrasi tubuh, kenyataannya teh mengganti cairan tubuh yang hilang lebih baik daripada air mineral. Ditambah lagi dengan manfaat antioksidan di dalamnya! Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Kings College di Britania Raya menemukan bahwa dengan meminum teh, cairan tubuh akan terpenuhi dengan baik.

4. Teh menurunkan tekanan darah
Sebuah studi menunjukkan bahwa meminum teh hitam dan teh hijau secara rutin dapat menurunkan tekanan darah sekitar dua sampai tiga kali lipat. Untuk Penyuka Masak yang menderita tekanan darah tinggi, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi teh sehingga dapat menurunkan resiko melonjaknya tekanan darah, terkena serangan stroke, dan penyakit jantung.

5. Teh membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi
Tidak hanya karena teh mengandung fluoride, teh juga membunuh bakteri yang menjadi penyebab plak, karang gigi, dan bau nafas. Meskipun begitu, beberapa teh dengan kualitas rendah mengandung fluoride berlebihan yang dapat membahayakan kesehatan. Pilihlah teh dengan kualitas tinggi, dimana kadar flouridenya pasti dalam kategori cukup dan aman.

6. Teh meningkatkan metabolisme
Teh, terutama teh hijau, memiliki bahan aktif yang dapat membantu tubuh membakar lemak lebih cepat. Ketika teh dikonsumsi, metabolisme tubuh akan meningkat 4.5% selama delapan jam. Sudah teruji secara klinis juga bahwa mengkonsumsi tiga gelas teh hijau tiap hari secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan sebanyak 1,3 kilogram per tahun.

7. Teh menguatkan tulang
Bukan hanya susu yang memiliki khasiat seperti ini. Peneliti telah menemukan bahwa mengkonsumsi teh secara rutin dapat memperkuat tulang. Pada tahun 2009, penelitian di Hong Kong menunjukkan bahwa teh mengandung sekumpulan zat gizi yang menstimulasi kekuatan tulang dan menghambat kerusakan tulang.

8. Teh menurunkan resiko serangan jantung
Mengkonsumsi tiga gelas teh atau lebih, dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung. Hal ini disebabkan tidak lain tidak bukan karena antioksidan yang terkandung di dalamnya. Peneliti dari Universitas Maryland Medical Center menemukan bahwa antioksidan membantu mencegah penyakit jantung koroner secara aktif.

9. Teh melawan tanda-tanda penuaan
Dengan antioksidan, yang sekali lagi, terkandung dalam teh, membawa dampak luar biasa bagi kulit. Fakta mengejutkan, teh dapat meregenerasi sel kulit dan menjaga kesehatan kulit agar tetap bersinar dan kencang. Sehat dan cantik, siapa yang tidak ingin? emoticon-Smilie

Buat Penyuka Masak yang malas minum teh, mulai sekarang harus lebih rajin mengkonsumsi teh jika ingin mendapatkan kebaikan dari teh. Namun, hati-hati juga untuk Penyuka Masak yang menderita tekanan darah rendah, jangan terlalu sering mengkonsumsi teh karena dapat memperparah penyakit tersebut.
0
1.9K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.