Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

qwe2113Avatar border
TS
qwe2113
Terus merugi, BlackBerry akhirnya bersiap jual perusahaan
Terus merugi, BlackBerry akhirnya bersiap jual perusahaan
Berbagai strategi dagang, termasuk meluncurkan telepon seluler seri Z dan Q 10 sejak akhir tahun lalu, tetap tak berhasil menyelamatkan kondisi keuangan Research In Motion (RIM), produsen telepon seluler merek BlackBerry. Perusahaan teknologi informasi asal Kanada itu akhirnya bersiap menjual saham mayoritas kepada investor yang berminat.

Komisaris Utama BlackBerry Timothy Dattels menyatakan, pihaknya kini sangat membuka kemungkinan bila ada investor yang ingin membeli perusahaan itu.

"Kami percaya saat ini waktu yang tepat untuk mengeksplorasi berbagai strategi alternatif," ujarnya seperti dilansir CNN, Selasa (13/8).

BlackBerry telah membentuk panitia khusus yang akan mengkaji pelbagai alternatif kebijakan agar perusahaan mendapat suntikan dana segar. Selain menjual saham mayoritas, RIM bersedia melakukan joint venture ataupun kerja sama dengan perusahaan ponsel lain.

Sepanjang triwulan I 2013, RIM merugi USD 84 juta. Kinerja yang merosot itu diprediksi analis pasar modal akan terus berlanjut hingga pengumuman keuangan triwulan II akhir bulan ini. Tahun lalu saja, BlackBerry sudah merugi hingga USD 646 juta.

Pengumuman direksi RIM beberapa jam lalu itu akhirnya menggenjot saham perusahaan itu di bursa Nasdaq, Wall Street, New York, Amerika. Saham BlackBerry naik 10,5 persen, menjadi USD 10,78 per lembar.

Analis Lembaga Sekuritas Nomura, Stuart Jeffrey menilai, BlackBerry akan kesulitan mencari investor yang akan membeli mayoritas saham begitu saja. Pasalnya, kondisi keuangan perusahaan yang kondang dengan layanan BlackBerry Messenger (BBM) ini relatif buruk sehingga membuat was-was penanam modal manapun.

Meski demikian, Google, Microsoft, dan Samsung menjadi pihak-pihak yang diramalkan tertarik membeli saham BlackBerry.

"Saya melihat kecil kemungkinan mereka akan menjual software unggulan ke platform pesaing seperti Android atau iOS, tapi sebetulnya itu langkah yang lebih rasional dibanding berkukuh mencari investor untuk membeli saham," kata Stuart. Sumber: Merdeka.com
0
2.1K
7
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.