Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

geo16Avatar border
TS
geo16
Percaya ga perut kakek ini bisa memproduksi Bir Sendiri Gan ?
Percaya ga perut kakek ini bisa memproduksi Bir Sendiri Gan ?



Texas, Ada sebuah kasus ganjil yang terjadi di Texas. Seorang pria dilarikan ke ruang gawat darurat karena mengeluh pusing. Ketika diperiksa, ternyata konsentrasi alkohol dalam darahnya melebihi batas aman. Anehnya, dia tidak menyentuh alkohol sama sekali.

Pria yang tidak disebutkan namanya tersebut berusia 61 tahun. Perawat menemukan darahnya mengandung alkohol hingga mencapai 0,37 persen, hampir 5 kali batas legal yang diperbolehkan untuk mengemudi di Texas. Tapi ketika ditanya, pria tersebut mengaku tak meminum bir ataupun minuman keras lainnya.

"Dia mabuk berat pada hari Minggu pagi sepulang dari gereja, atau kapan saja. Istrinya sangat sedih tentang hal itu. Dia bahkan membeli Breathalyzer (alat pemeriksa napas)," kata Barabara Cordell, dekan keperawatan di Panola College, Carthage, Texas seperti dilansir Toronto Sun, Kamis (19/9/2013).

Penasaran, Cordell dan seorang ahli pencernaan bernama Dr Justin McCarthy ingin mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Mereka menempatkan pria tersebut dalam kamar rumah sakit tertutup selama 24 jam. Sepanjang hari, pria itu hanya diberi makan karbohidrat dan dokter secara berkala memeriksa darahnya. Pada satu titik, kadar alkohol di darahnya naik 0,12 persen.

Akhirnya, McCarthy dan Cordell menemukan bahwa penyebab 'mabuk tanpa minum minuman keras' yang dialami pria tersebut disebabkan karena adanya ragi di dalam perutnya. Secara garis besar, saluran usus yang dimiliki pria tersebut dapat membuat bir sendiri dari dalam.

Pria tersebut terinfeksi jamur atau ragi Saccharomyces cerevisiae. Jadi ketika dia makan atau minum banyak pati, semisal roti, pasta atau bahkan soda, maka jamur atau ragi tersebut akan memfermentasi gula menjadi etanol dan membuatnya menjadi mabuk tanpa harus minum alkohol.

Maka oleh Cordell dan McCarthy, kondisi pria ini diberi nama 'auto-brewery syndrome' atau sindrom pembuatan bir oleh diri sendiri. Kasus ganjil ini dilaporkan dalam International Journal of Clinical Medicine.

Ragi memang terdapat dalam berbagai macam makanan seperti tape, tempe, anggur, dan bir. Namun biasanya jamur ini hanya mampir saja di dalam tubuh dan tidak menimbulkan masalah yang berarti. Beberapa orang bahkan meminum Saccharomyces sebagai suplemen probiotik.

"Tapi ternyata dalam kasus yang amat jarang, ragi bisa bertempat tinggal untuk jangka panjang di usus dan mungkin menyebabkan masalah," kata dr Joseph Heitman, seorang ahli mikrobiologi di Duke University.

Ternyata kasus ini bukanlah yang pertama. Beberapa laporan di Jepang yang ditulis pada tahun 1970-an menyatakan bahwa infeksi ragi terjadi setelah seseorang meminum antibiotik yang melenyapkan bakteri dalam usus. Kondisi ini membuat ragi berkembang. Bisa juga disebabkan adanya penyakit yang menekan sistem kekebalan tubuh.



sumber :


Code:
http://health.detik..com/read/2013/09/19/130142/2363396/1202/kena-sindrom-aneh-perut-pria-ini-bisa-memproduksi-alkohol



bonus : emoticon-Kissemoticon-Kiss

Spoiler for :


di komeng ya ganemoticon-Ngakak
0
2.1K
25
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.