• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • HAYOO.. SIAPA YANG DIJOGJA TAPI NGGAK TAU BANGUNAN INI? GEREJA GOTHIC SAYIDAN!

mumuchiustAvatar border
TS
mumuchiust
HAYOO.. SIAPA YANG DIJOGJA TAPI NGGAK TAU BANGUNAN INI? GEREJA GOTHIC SAYIDAN!


pertama" ini tulisan ane bikin sendiri copy dari blog asli bikinan ane.. KERANJANG SAMPAH BLOG.

Pada dasarnya Sayidan adalah sebuah daerah yang terletak di sebelah timur Keraton Yogyakarta berjarak sekitar 800 meter-an. Memang daerah tersebut terkenal dengan jembatannya.
Spoiler for lala:


Tapi apabila kita mengamati lebih cermat lagi dari jembatan tersebut ke arah selatan, akan terlihat sebuah bangunan kuno yang bergaya eropa abad pertengahan berdiri megah ditengah bangunan- bangunan lain.

Spoiler for gothic :


Bangunan itu dikenal dengan sebutan Gereja Gothic. Sebutan ini diambil karena struktur bangunan yang terkesan menutup diri dan berbau mistis.

Spoiler for gothic 1:


Ada dua pintu yang memungkinkan kita untuk masuk ke dalam bangunan tersebut. Satu pintu terletak di gang kecil di utara bangunan itu. satu lainnya ada bersebelahan dengan Polsek Gondomanan. Di pintu samping yang ada di gang kecil utara bangunan, terdapat nama atau ukiran "Ullen Sentalu". yang merupakan sebuah akronim “Ulating Blencong Sejatine Tataning Lumaku” yang kurang lebih bahasa Indonesianya Pelita Hidup Bagi Perjalanan Manusia.. Memang dulunya sang pemilik gereja adalah Keluarga Haryono, Pemilik sebuah museum batik di Kaliurang.
Spoiler for gothic 3:


Bagi warga sekitar Sayidan, gereja yang sudah tidak digunakan lagi itu tampak seperti bangunan biasa saja. Tidak ada yang berkesan spesial dengan bangunan tersebut. Bagi seorang pemerhati struktur bangunan atau arsitektur akan menganggap bangunan tersebut memiliki nilai seni yang cukup tinggi. Lain halnya dengan orang-orang yang telah mendengar cerita lain dibalik bangunan itu, mereka bisa jadi menafsirkan berbeda dengan melihatnya.

Bangunan ini berdiri pada jaman Hindia Belanda. Terlihat dari arsitekturnya yang bergaya Eropa kuno. Karena di sana terdapat musim salju, maka sebagian besar bangunan di Eropa dibuat tinggi dan berdinding tebal. Sama halnya dengan Gereja Gothic yang ada di Sayiddan ini.

Letak gereja ini ditengah perkampungan. didepannya sudah banyak ruko dan rumah warga, begitu pula sampung dan belakangnya. Seakan gereja ini menutup diri dari sekitar.
Ada yang beranggapan bahwa bangunan tersebut merupakan gereja sengketa, karena tidak dapat izin penggunaan bangunan maka bangunan ini dibiarkan dan ditinggalkan begitu saja oleh sang pemilik. Patung yesus raksasa yang ada diatas bangunan itu menunjuk dan menghadap ke arah kraton, sehingga seakan- akan patung itu melambangkan bahwa kraton diberkati oleh yesus.
Spoiler for gothic 4:

Ada pula yang beranggapan bahwa kegiatan keagamaan di gereja itu dulunya merupakan ajaran sesat dan meresahkan warga. maka surat izin penggunaan bangunan itu tidak pernah keluar.
alasan- alasan tersebut yang digunakan untuk menjawab pertanyaan, "mengapa bangunan ini tidak berfungsi lagi"

Spoiler for gothic 5:

Ada dua bangunan disana. Satu berbentuk gereja dengan salib di atap- atap kerucutnya, dan lonceng besar juga patung Yesus.Beruntung seseorang memotret pada saat salah satu jendela terbuka dan dapat terlihat tangga besi yang dingin disana. ada pula yang bicara bahwa ada semacam altar didalammnya. Bangunan yang satu lagi diketahui hanya rumah tinggal.


warga yang tinggal disekitar bangunan itu terkesan menutupi sesuatu ketika ditanya tentang bangunan itu. dan Ada yang bilang, setiap malam, rumah- rumah disekitar bangunan itu menyalakan lilin. entah apa maksudnya. namun itu cukup membuktikan bahwa ada hal yang aneh pada bangunan itu.

Pernah ketika sedang mengamati bangunan tersebut dari dekat, seorang pria tua keluar dari rumah yang bersebelahan dengan gereja tersebut. Dia menanyakan maksud dan tujuan saya dan sedikit banyak bercerita tentang bangunan tersebut. namun ada saat saya memperhatikan wajahnya terkadang dia seperti bicara berbelit- belit dan menyembunyikan sesuatu.
Bangunan ini sangat megah dan indah. seperti kastil yang cukup dingin.
Seperti namanya. GEREJA GOTHIC SAYIDAN

sayangnya sekarang makin tidak diperhatikan gan.. karena udah ketutup ruko didepannya. ane dan kebanyakan orang menduganya emg sengaja dibikin ruko g jelas buat nutupin itu bangunan. hoho tp g tau jg deh gan..

terimakasih buat read nyaaa.. jgn lupa coment pada post nubi ini yaa hahahahah
emoticon-Ngakakemoticon-Kiss

ni ane update foto untuk patung raksasanya gan
Spoiler for patung:



INI ANE UPDATE LG .katanya Ari Lasso pernah syuting videoklip disini. kalo diperhatiin emang ada yg sama dari jendelanya. tp g tau jg gan itu dalemnya jg begitu ape kagak wkwkwkwk.
monggo di buffer

Diubah oleh mumuchiust 21-09-2013 02:36
0
26.3K
168
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.