Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • WD-40, cocokkah sebagai perawat gitar anda? - Gitaris wajib masuk !

julindraAvatar border
TS
julindra
WD-40, cocokkah sebagai perawat gitar anda? - Gitaris wajib masuk !
Karena ada banyak pertanyaan tentang membersihkan parts gitar pake cairan pembersih semacam WD-40, maka ini ada sisa2 artikel yang jadi bagian riset dari pickupshield.com tentang beberapa bahan pembanding yang diantaranya adalah WD-40.
Semoga bisa ngasih sedikit pencerahan buat temen2 tercinta semua



Seperti yang kita tahu, WD-40 adalah cairan pembersih yang paling gampang kita temui dipasaran. Paling populer juga sampe kalau engsel pintu macet otak kita otomatis inget ke produk ini. Memang WD-40 adalah salah satu produk pembersih tertua didunia, di awal penggunaannya di kalangan militer sekarang WD-40 bisa ditemui dengan mudah sampe ke pelosok.

Tentu heran kenapa kami sebut pembersih? Yapp, karena WD-40 adalah singkatan dari Water Displacement (angka 40 adalah jumlah percobaan ketika penemunya berhasil menemukan formula yang tepat), artinya adalah PENGHILANG KELEMBABAN, dimana ketika lembabnya hilang = proses karat berhenti.

Dan memang fungsi awal ketika produk ini dilempar ke pasar pertama kali adalah PENCEGAH KARAT. Tapi seperti kebiasaan pasar dan pengguna yang suka minta lebih, mereka menganggap WD-40 adalah PENGHILANG KARAT juga. Dan iya beneran, banyak pengguna WD-40 disono yang protes ke pabriknya karena WD-40 ga bisa ngilangin karat! Dan pabrik pun akhirnya mengalah mengikuti permintaan pasar, mereka menambah kandungan penghilang karat sehingga WD-40 edisi berikutnya fungsinya bertambah jadi ANTI KARAT.

Lucunya, ketika WD-40 menjadi PENGHILANG KARAT,dan lalu ketika orang menemukan obat buat engsel pintunya yang macet (engsel yang disemprot WD-40, karatnya hilang dan si engsel kembali berfungsi), maka orang mengira bahwa WD-40 itu adalah juga PELUMAS/LUBRICANT!

WD-40, cocokkah sebagai perawat gitar anda? - Gitaris wajib masuk !

Intinya, formula WD-40 memang beberapa kali mengalami perubahan/peningkatan fungsi sesuai dengan permintaan pasarnya. Dan WD-40 edisi terakhir memang telah "resmi' berfungsi sebagai PELUMAS sejak pabrik menambahkan kandungan pelumas pada formulanya, tapi tetap pihak WD-40 menekankan bahwa WD-40 sejatinya adalah PENCEGAH/ANTI KARAT.

Masalahnya adalah:

1. Tidak semua toko di Indonesia menjual WD-40 dari generasi yang sama, di ace hardware mungkin sudah menjual WD-40 generasi terbaru yang memiliki keasaman netral, di beberapa kota di pelosok mungkin sekota masih pake WD-40 formulasi 20 tahun lalu.

2. Kita ga tahu kandungan didalamnya. Kita cuma bisa tahu dari MSDS resmi WD-40 yang mengatakan bahwa dia gak ngerusak logam, plastik maupun karet. TAPI di bagian warning ngomong SEBAGIAN KECIL jenis karet bisa rusak.

3. Dan ga semua (malah kebanyakan) dari kita ga bisa bedain jenis-jenis logam ataupun karet. Tahu bedanya hard rubber sama plastik? Coba deh liat binding gitar Gibson Les Paul, ada ga yang tau bahwa itu jenis HDPE atau LDPE? Mgkn ada yang bisa jawab, tapi perbandingannya pasti jomplang abeeesss sama yang ga tau. Kedua jenis tadi sama jika diliat mata telanjang, jika itu HDPE maka aman pake WD-40, klo LDPE, anda kemungkinan ngurangin 2-3juta perak bahkan lebih dari harga jual gitar anda karena binding rusak terkena WD-40 yang diakibatkan kebodohan anda.

WD-40, cocokkah sebagai perawat gitar anda? - Gitaris wajib masuk !

TIPS & TRICK

Maka sedikit tips dari kami tentang penggunaan WD-40 untuk kalangan gitaris adalah:

1. Hanya aman untuk logam yang berwarna perak atau hitam, sangat tidak disarankan untuk membersihkan logam berwarna kuning
WD-40, cocokkah sebagai perawat gitar anda? - Gitaris wajib masuk !

2. Tidak berfungsi mengalirkan listrik .. karena WD-40 formula lama (yang masih sangat buanyak beredar di Indonesia) selain bersifat isolator, juga bakal bikin logam gampang terkikis.. artinya.. kalo disemprotin ke potensio = potensio jebol, so bersihin pot/elektronik lain pake contact cleaner yang emang khusus buat bersihin elektronik.

3. Jangan kena kayu, pasti rusak. Karena meski gak jelas mengandung "hidrokarbon" jenis mana, WD-40 jelas-jelas mengandung hidrokarbon, dan semua hidrokarbon bersifat merusak sel kayu...Btw, hidrokarbon adalah senyawa hidrogen dan karbon seperti bensin, bensol, diesel, minyak tanah, dan produk lain yang sangat banyak dipergunakan sebagai pembersih/pelumas.


Maka dari itu, untuk keperluan membersihkan gitar anda, kami menyarankan untuk menggunakan String Cleaner dari PickupShield. Meskipun tidak sekuat pembersih/anti karat kelas industrial yang bisa dalam hitungan detikmenghilangkan karat, PRODUK KAMI AMAN UNTUK SEMUA BAGIAN GITAR.



kunjungi thread FJB dari PICKUPSHIELD :
~NUT - SADDLE CUSTOM - untuk gitar akustik + elektrik~
~GITARIS masuk - nut, saddle, string cleaner (formula baru), string lube, anti noise~
0
10.5K
21
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.