Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kaskusteriAvatar border
TS
kaskusteri
M.S. Hidayat: Saya Penyebab Kemacetan Jakarta




TEMPO.CO, Jakarta - Setelah program mobil murah (low cost green car/LCGC) banyak dikritik, Menteri Perindustrian Mohammad Suleman Hidayat angkat bicara. Dia mengaku menjadi salah satu penyebab kemacetan di Jakarta. "Saya akui, saya salah satu penyebab kemacetan di Jakarta selain masalah infrastruktur. Itu salah satu kesalahan saya," kata dia di gedung Dewan Perwakilan Rakyat, Rabu, 18 September 2013.

Namun Hidayat meminta semua orang jernih memandang masalah LCGC. Keberadaan mobil murah ini mesti dilihat secara nasional, bukan cuma Jakarta. Protes LCGC, kata dia, tidak semestinya mengorbankan daerah lain. "Mobil ini juga untuk daerah lain di Indonesia," ujarnya.

Selain itu, Hidayat beralasan, produksi LCGC merupakan strategi untuk mengantisipasi kawasan perdagangan bebas ASEAN yang berlaku mulai 2014. Menurut dia, negara-negara pesaing sudah memproduksi LCGC dan mengekspornya. Secara makro, LCGC juga bisa mengurangi pengangguran. "Karena ada investasi untuk membangun pabrik komponen."

Protes LCGC dilayangkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, atau yang akrab disapa Jokowi. Jokowi mengaku khawatir LCGC menambah volume kendaraan yang masuk ke Ibu Kota. Dampaknya adalah kemacetan yang semakin parah.

Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi, mengatakan, sepanjang 2013, produksi LCGC bisa mencapai 30 ribu unit. Jumlah ini, kata dia, hanya 3 persen dari total produksi pabrik kendaraan nasional.


sumber

Ts menerima apa aja....
emoticon-Blue Guy Bata (L)OK
emoticon-Blue Guy Cendol (L) OK
Diubah oleh kaskusteri 23-09-2013 01:19
0
2.8K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.