Quote:
TEMPO.CO , Jakarta:Kementrian Perhubungan mengatakan Jepang ingin berinvestasi di Indonesia dengan membangun high speed train berkecepatan 300 kilometer per jam. Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan menyampaikan hal itu saat mengisi sambutan penandatanganan MoU untuk Museum Transportasi di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Senin, 16 September 2013.
"Pemerintah Jepang sangat antusias untuk investasi di Indonesia," kata Mangindaan. Keinginan Jepang disampaikan oleh Menteri Transportasi Jepang Akihiro Ohta kepada Mangindaan saat berkunjung ke Jepang.
Negeri Sakura memang memiliki high speed train terbaik dunia. Mereka mengeluarkan dana besar untuk membangun kereta peluru.
Tawaran Jepang ini disambut positif oleh Mangindaan.
High speed train itu, kata dia, direncanakan hadir dalam dua rute yakni Jakarta-Bandung dan Jakarta-Surabaya. Jalur Jakarta-Bandung butuh terowongan karena lintasan kereta super cepat itu akan menembus gunung. Mangindaan mengatakan Jepang akan mensurvei soal terowongan itu.
Sedangkan untuk jurusan Jakarta-Surabaya, kata dia, pembangunan rel akan dilakukan di atas (elevated). Tujuannya, agar tidak ada ganti rugi tanah. Kebetulan jalur ganda kereta api saat ini sudah hampir selesai. Jika nanti sudah selesai, kata Mangindaan, pembangunan lintasan high speed train bisa di atas jalur ganda.
Belum ada estimasi investasi atas proyek ini. Namun, Mangindaan menegaskan bahwa pemerintah Jepang akan segera datang untuk menindaklanjuti rencana investasi itu. "Segera mereka akan datang, dan sebelumnya memang sudah pernah datang," ujarnya.
Ia menyatakan keprihatinannya pada kereta api di Indonesia. Pada 1821, kecepatan kereta api bisa mencapai 105 kilometer per jam. Sedangkan saat ini, kecepatan hanya 90 kilometer per jam.
Oleh karena itu, Mangindaan menerima tawaran Jepang.
SUMBER:
http://www.tempo.co/read/news/2013/0...n-ke-Indonesia
Summary (ringkasan berita):
--- HST (High Speed Train) kalau jadi dibangun di Indonesia akan tersedia dalam
2 rute, yakni Jakarta-Bandung dan Jakarta Surabaya.
--- Untuk rute Jakarta-Bandung akan
dibangun terowongan karena rutenya memotong gunung/perbukitan
---Untuk rute Jakarta-Surabaya tracknya akan dibangun elevated (melayang) di atas double track eksisting pantura. Jadi nanti
rute Jakarta-Surabaya tracknya melayang sepanjang 700 km, seperti rute Manggarai-Kota yang tracknya melayang sepanjang 15 km
--- Shinkansen kecepatannya sekitar
300-320 kpj
--- Dari
berita ini, untuk koridor Jakarta-Bandung-Cirebon dikenakan tarif
Rp 200 rb/penumpang. Kemungkinan Jakarta-Surabaya bertarif
Rp 500 ribu/penumpang
--- Dibangun pada tahun 2014, pembangunan memakan waktu 5 tahun. Jadi kira2 baru selesai tahun 2019-2020
Video Cab Riding Shinkansen
Berbagai rute HST di Asia Tenggara + Selatan yang sudah "dipatok" Jepang untuk dibangun HST:
UPDATE:
bisnis indonesia 17 september 2013
PS: Konsesi 50 tahun bukan berarti Shinkansen ini dibangun selama 50 tahun lho ya . Pembangunan Shinkansen cuma butuh 5 tahun
Konsesi: merupakan suatu izin sehubungan dengan pekerjaan besar yang melibatkan kepentingan umum yang mana pekerjaan tersebut merupakan tugas pemerintah tetapi oleh pemerintah di berikan hak penyelenggaraan kepada konsesionaris (pemegang izin) yang bukan pejabat pemerintah.
Jadi konsesi 50 thn dalam artikel ini berarti nantinya operator Jepang akan diberi izin selama 50 tahun utk mengoperasikan shinkansen di Indonesia. Jadi Jepang yang sudah Investasi Shinkansen di Indonesia baru balik modal 50 tahun setelah shinkansen selesai dibangun di Indonesia
Komentar para pembaca thread:
Quote:
Original Posted By junkyards►Mudah mudahan ga dijegal ama operator pesawat.
Kebayang ga klo kereta itu jadi, income pesawat jauh berkurang.
Jakarta Surabaya 3 jam via kereta.
Jakarta Surabaya 1,5 jam++ via pesawat (++ (delay, antri pesawat dll))
Masih banyak yang lebih suka jalan darat daripada lewat udara, apalagi musim ujan penumpang udara banyak yg pucet
Quote:
Quote:
Original Posted By mobile8►cih, 50 tahun, ga sekalian sampe kiamat aja. dia nawarin bangun tapi dia yg ngelola, dah bangun dia di bayar, ntar pas jadi dia juga yg dpt duitnya.
bego bgt ini menteri, mau di bodoh2in jepang, konsesi itu ga usah lama2 10 tahun aja cukup, alih teknologi ga selama itu kok.
udah rakyat kita di siksa sm motor dan mobil jepang skrng kereta juga.
page one gan!
Konsesi 10 tahun doang? Boleh... Asal situ mau bayar 1 jt utk JKT-BDG-CN atau 2,5 jt utk JKT-SBY
Komentar para junkers (gak niat baca thread)
Quote:
Original Posted By kira9►kalo pada masih suka nerobos jalan kereta gimana gan?
Quote:
Original Posted By angelpesek►palang pintu perlintasan uda bener semua blom yak
kan ga semua ada,
nanti pintu belom nutup tu kereta uda ngacir kaya angin
Quote:
Original Posted By soulfighter►Sepertinya masih mimpi kali...itu pemukiman padat dan palang pintu gimana tuh ngurusnya kecuali full terowongan
Quote:
Original Posted By martabakmaniez►susah lah..wong masih ada yg suka ngelempar batu ke kereta yg lewat
Quote:
Original Posted By smash2006►GAK SETUJU
ini gak banget kalau buat di Indonesia khususnya pulau jawa
Pake kereta Biasa aja banyak banget yang kecelakaan , gimana pake kereta begituan , banyak yang kecelakaan kali
malah ntar takutnya tuh kereta ngadu sama Lancer, dan Xenia
Udah dibilangin shinkansen ini bakal dibangun pake rel melayang kok masih menyinggung2 pintu perlintasan kereta, mobil menerobos, orang nimpuki batu, dll