Surat permintaan pertanggung jawaban dari -----------
*(Berkaitan dengan bisnis retail khususnya pengguna goodie bag, shopping bag di Surabaya)
Nama saya Michael Suwandi tinggal di Surabaya
Kronologi:Setelah kurang lebih 2hari saya browse di internet untuk mencari
paper shopping bag di Surabaya saya menemukan Mbak DJ yang berbisnis shopping bag dengan domisili di Surabaya
(Memang saya fokuskan cari di Surabaya agar kecepatan order bisa lebih optimal)
Singkat kata setelah saya tanya ini itu + minta sample product akhirnya saya memutuskan
SETUJU ingin membuat SHOPPING BAG dengan bentuk dan model yang saya ingini (Hingga saya menggunakan jasa designer grafis untuk membuat tampilan grafis dari shopping bag tersebut dari harga yang telah disepakati)
![[Surat komplain] Permintaan pertanggung jawaban dari “Mbak DJ”](https://s.kaskus.id/images/2013/09/10/389363_20130910111227.png)
Diinfokan YBS waktu pengkerjaan
2 minggu (Estimasi MAXIMAL) –
saya Tanya posisi 18 JULI 2013
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Desain sudah selesai dibuat dan saya emailkan tanggal
19 JULI 2013, harga
juga sudah disepakati.
![[Surat komplain] Permintaan pertanggung jawaban dari “Mbak DJ”](https://s.kaskus.id/images/2013/09/10/389363_20130910111239.png)
Tanggal
20 JULI saya konfirmasi ulang namun hanya
di READ tidak dibalas
Tanggal
22 JULI saya
konfirmasi ulang bahwa saya butuhnya urgent untuk
4 Agustus dan Mbak DJ
meng- iyakan (Capture BBM seperti di bawah ini)
Setelah menunggu proses saya terkejut karena ada message yang masuk ke saya sbb:
POSISI SUDAH TANGGAL 31 JULI DAN TIDAK MUNGKIN NUTUT UNTUK ACARA PENTING BAGI SAYA YANG SUDAH SAYA PERCAYAKAN KE MBAK DJ DAN USAHANYA INI
1.Entah kelupaan atau saya dianggap tidak serius maka secara sepihak produksi tas kertas saya tidak dijalankan produksinya (ALASANNYA SAYA TIDAK MEMBAYAR TANDA JADI)
-Perihal memberi tanda jadi, saya tidak pernah diinfo sebelumnya dan saya tidak akan keberatan bila harus memberi tanda jadi
-Bila saya tidak serius buat maka saya tidak akan tanya panjang lebar hingga minta sample + KIRIM DESAIN KE EMAIL YBS, HARGA JUGA SUDAH DISEPAKATI dan saya meminta desain/produksi dijalankan
-Mengapa tidak ada pertanyaan/permintaan dp pada saat saya email/deal (19 JULI 2013) hingga ada message tsb (31 JULI 2013) --12hari
2.Saya sudah berulang kali untuk mengkonfirmasi dan mengingatkan apakah produksi tas kertas saya sudah dijalankan?, karena YBS tahu sendiri ini event penting buat saya dan BISNIS SAYA, bahkan YBS telah menyanggupi dari tanggal yang saya tentukan dan saya ceritakan kepentingan saya untuk membuat paper bag ini
Well oke saya rasa percuma juga saya mau komplain panjang lebar toh waktunya juga ga cukup..Tidak saya lanjutkan, pembicaraan..lebih ke poin tujuan saya yaitu memesan paper bag.
-Di poin ini sebenarnya saya sudah berencana untuk STOP tidak memesan ke mbak DJ, toh paper bag yang saya ingin gunakan pada tanggal tersebut tidak bisa disanggupi NAMUN.. dengan itikad baik saya tetap memesan sesuai dengan perjanjian awal.
Namun, bila anda perhatikan di message atas, mengapa kok mbak DJ bilang “tas sudah siap tinggal sablon saja”
Heran juga saya karena sebelumnya saya ingin menggunakan cetak:
*) Wah saya merasa dipermainkan harganya .. Deal awal Rp.1850 (Cetak 1 sisi, qty 500pcs) di message Rp Rp 2.200(Cetak 1 sisi, qty 500pcs) selisih sekitar 20persen
Coba cek dengan harga sebelumnya:
Hmmmm saya sempat membaca penjelasan YBS karena menggunakan tenaga kerja extra maka ada kenaikan harga dari yang sudah disepakati di awal (menurut saya secara etika BISNIS seharusnya tidak begitu,
a deal is a deal!) cmiiw
![[Surat komplain] Permintaan pertanggung jawaban dari “Mbak DJ”](https://s.kaskus.id/images/2013/09/10/389363_20130910111330.png)
Saya menanyakan bila dengan prosedur standar selesainya berapa lama?
MAX. AKHIR AGUSTUS!
![[Surat komplain] Permintaan pertanggung jawaban dari “Mbak DJ”](https://s.kaskus.id/images/2013/09/10/389363_20130910111338.png)
Saya juga sudah transf sebagai tanda jadi
Saya melakukan transfer
1 AGUSTUS 2013 dan hingga saya menulis ini (10 SEPTEMBER) paper bag saya belum dikirim
YBS beralasan bahwa paper bag saya sudah jadi namun terbawa customernya yang lain------------------------------ *) Capture BBM dan kekecewaan saya dalam hal ini blm saya sertakan
-Saya meminta kepastian kapan bisa dikirim/sampai ke saya. Mbak DJ pernah menjanjikan saya “ minggu ini” namun faktanya “minggu ini” sudah berlalu mbak
-Alasan mbak DJ ini adalah kecelakaan dan tidak ada yang tahu/mau, ya.. namun dalam etika bisnis / dalam konteks professional sekali lagi, deal is a deal mbak, itu management internal anda.
-Saya sudah memberi tenggang waktu yang sangat lamaa yang anda perpanjang tanpa kepastian, saya minta diberi tanggal pasti juga sampai detik ini tidak ada realisasi dari janjinya yang "dalam minggu ini" (hingga tanggal 8september 2013)
Tujuan saya menulis disini adalah sebagai media pembelajaran untuk kita semua dan introspeksi sebagaimana kepercayaan itu sangat penting khususnya dalam konteks usaha.
Sebaiknya untuk privasi nama, no.rek, social media, website, nama usahanya, pin bbm, alamat, telepon sementara tidak saya cantumkan hingga ada bentuk pertanggung jawaban dari mbak DJ dari waktu yang ditentukan(data ada pada saya by pm)
Perlu di garis bawahi, saya memburamkan ID anda karena kita sama2 berbisnis, kita sama2 bekerja dalam konteks professional mbak DJ,
Saya tidak/belum menulis langsung komplain di FACEBOOK wall anda maupun di web maupun mempublikasikan web/FB atau data anda untuk saat ini karena saya masih mengharapkan kooperatif dari anda, nama baik, service dan rekam jejak dalam dunia usaha itu adalah NO1 mbak
PENTING.
Saya memberikan waktu bagi mbak DJ 3x24jam - (hingga 14 september 2014) untuk memenuhi janjinya mengirim pesanan saya
Dalam kurun waktu 3x24 jam apabila pesanan tidak sampai di saya maka saya anggap tidak ada itikad baik dari saudara dan kepada rekan sekalian akan saya sharekan lebih lanjut dari awal penyebab hilangnya kepercayaan dan kesabaran saya hingga saya menulis surat ini lengkap dengan kontak lengkap Mbak DJ
----------------------------------------rabu 11 september 2013.
*) COPY surat di forum ini saya juga email ke YBS
Mungkin ada masukan dan saran dari teman sekalian? Mari kita berdiskusi bersama. mohon kesediaan rekan sekalian untuk memberi koreksi dan saran apabila saya ada kekeliruan.
walaupun molor jauh dari ketepatan tanggal yang diberikan,.. well saya anggap selesai deh,tidak ada niatan dr
-saya as a customer diberikan discount 85.000 dari total pembayaran > hal ini saya mengapresiasi
Pelajaran utk para semua suplier/penjual termasuk saya, dalam berbisnis. ketepatan waktu dan janji menurut saya adalah salah satu service yang paling penting untuk hubungan/relasi dalam kelangsungan kedepan.