JAKARTA MACET TOTAL 2014? itu Pilihanmu gan! sudah siap?
TS
rip48
JAKARTA MACET TOTAL 2014? itu Pilihanmu gan! sudah siap?
sebelumnya terima kasih sudah mau mampir di thread ane ini gan ..
jangan lupa di komeng ya biar ga mandul ente,,
dan mandiin agan pake agan dan sinari agan dengan itu udah bisa buat ane terbang ke angkasa
ini bentuk keprihatinan ane terhadap JKT! baca artikel berikut gan.. bacalah dengan hati gan bukan emosi.. ini fakta jakarta.. jangan menghindar dan tetap keep calm
Spoiler for JKT Gridlock 2014 article..:
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Royke Lumowa memprediksi kemacetan total akan melanda Jakarta pada tahun 2014 jika tidak ada kebijakan ekstrem dalam membatasi pertumbuhan jumlah kendaraan. Saat ini, pertumbuhan kendaraan mencapai 700 kendaraan per hari. Berdasarkan data Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, pada tahun 2009, jumlah kendaraan bermotor mencapai 9.993.867 unit. Jumlah ini meningkat 15 persen pada tahun 2010 dengan jumlah 11.362.396 yang terdiri atas roda dua sebanyak 8.244.346 unit dan roda empat sebanyak 3.118.050 unit.
Jumlah itu belum ditambah dengan jumlah angkutan yang melintas dalam satu trayek, yang menurut data Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya sebanyak 859.692 unit. Panjang jalan di Jakarta hanya 7.650 km dan luas jalan 40,1 km atau 0,26 persen dari luas wilayah DKI. Sedangkan pertumbuhan panjang jalan hanya 0,01 persen per tahun. Sumber
Bagaimana bayangan di benak agan - agan? 2014 tinggal menghitung bulan dan itu masih akan berlanjut menjadi 'penyakit' kronis loh bagi JKT...
Menurut Ane ,[ menurut ane nih ya gans.. kalo ada yang salah maklum belum profesional ] .. ada yang salah dari JKT , dan semua menurut ane harus bertanggungjawab atas JKT , karena JKT ibu kota Indonesia Tercinta sekaligus pusat peeekonomian Indonesia..
Berikut ane jabarin penyebabnya gans----> cekidots going to TKP!
Spoiler for Masalah besarnya Subsidi :
Melihat Subsidi untuk BBM yang besar rasanya ada ketimpangan melihat subsidi untuk transportasi massal seperti KRL Komuter dan Busway TransJakarta. Sudah Jelas dari sini pemerintah menyediakan 'hidangan' untuk para pemilik Kendaraan Pribadi karena kadang subsidi BBM yang ga tepat sasaran malah jadi mubaxzir gan..
Besaran subsidi energi (BBM) dalam anggaran negara diperkirakan Rp300 triliun atau lebih. sumber
Total subsidi yang dikucurkan untuk semua kereta ekonomi Rp 704,7 miliar. Dari jumlah itu, Rp 286 miliar diberikan untuk penumpang KRL. sumber
Tiap tahun, besar subsidi meningkat mencapai 10%.Tahun ini jumlah subsidi transjakarta mencapai Rp 200 miliar. sumber
bisa dipahami kan gan?
kalau begini jadi sulit berkembang sarana transportasi di JKT (menurut ane)
Spoiler for Sarana Transportasi Umum Yang Tidak berkembang:
Sudah tau kan ada BUSWAY di Jakarta?? ya itu loh Bus khusus yang berjalan di jalur tersendiri.. tapi apa? target dari 15 koridor pada tahun 2010 belum juga terwujud sampai sekarang yang hanya 12 koridor dan itu juga belom maksimal melayani warga jakarta, konon jumlah penumpangnya malah berkurang pada akhir-akhir ini entah mengapa,agan tau sendiri kan kondisi sistem Busway di Jakarta kayak apa..
lalu sudah tau kan ada sistem KRL komuter di Jakarta yang melayani penumpang komuter dari kota disekitar Jakarta? Nah.. walaupun ada kemajuan sedikit seperti sudah tidak dioperasikannya lagi KRL ekonomi dan sudah disterilisasi stasiun dan Tarif sudah berubah menjadi Tarif dengan jarak per stasiun.. tetapi Berbagai macam kendala seperti Gangguan ini yang kadang membuat penumpang kesal karena terlalu sering dan itu-itu saja gangguannya,seperti gangguan signal,rel patah,pantograf patah, KRL AC mogok, dan lain-lain.. rencananya untuk membuat jalur layang saja untuk membuat jalan dengan rel menjadi sebidang sampai sekarang sangat lambat, baru jalur cikini-pangeranjayakarta saja yang terwujud.. berikutnya terkendala ini itu dll.
Tau rencana kereta bandara soeta kan yang menghubungkn Bandara Soekarno Hatta dengan Stasiun di tengah Kota seperti konsep di Kuala Lumpur.. tetapi rencananya tahun 2014 sudah beroperasi banyak banget kendala ini itu lagi..
lalu MRT dan Monorail , kagak tau ane beneran jadi gak tuh yah rencananya Oktober 2013 bakal dimulai lagi konstruksi nya.. entahlah.. merka sudah janji..
lalu juga Waterway, pasti inget tuh warga jakarta sempet ada sistem baru waterway di sepanjang Kanal banjir Barat yang melintaski Karet-Pasar rumput itu tuh,, barjalan lancar beberapa bulan aja gan karena kalinya banyak sampah dan dangkal..
angkot,metro mini,kopaja dan bajaj yah mau dibilang lumayan sih itu udah bagus.. agan bisa nilai sendiri ya..
kalo taksi? ya mana mungkin sih warga JKT yang berpenghasilan pas2an tiap hari naik inian.. walaupun nyaman tapi terbatas juga duitnya..
kalo dilihat-lihat semua moda ini sangat tidak terintegrasi dan tidak adanya tempat pemberhentian yang nyaman , kaya halte (udah berubah fungsi) , terminal yang ga nyaman, banyak copet dan 'angker' , lalu stasiun yang belum senyaman kayak di Singapore dan KL..
Kesimpulan: bukannya ane mau memojokkan kondisi seperti ini, ane hanya menjelaskan sebagian fakta tentang trasnportasi umum di jakarta yang kacau dan semrawut,ane sendiri pengguna kendaraan umum gan..
Spoiler for pemerintah yang pro jalan tol:
Jalan tol, jalan bebas hambatan berbayar, dan ini lagi-lagi 'hidangan nikmat' bagi para pengguna kendaraan pribadi,, rencananya juga kan sempat muncul JKT akan dibangun 6 ruas Jalan Tol tetapi semoga itu semua dibangun setelah MRT dan Monorail Jadi biar ga timpang aja jadinya..
Spoiler for Mudahnya memiliki kendaraan pribadi:
agan pasti tau tentang iklan dan juga brosur DP motor atau Mobil dengan mudahnya, dengan beberapa ratus ribu dan syarat lainnya sudah bisa bawa pulang motor baru,,begitu juga dengan cicilan mobil yang makin menarik,, bukannya ane salahin mereka yang jual mobil dan motor ya namanya mereka bisnis mau apa lagi, cuma pemerintah harus bisa memberi kebijakan win win solution agar nantinya pertumbuhan kendaraan pribadi tidak meledak tiap tahunnya
Spoiler for Tidak ada yang mencontoh masyarakat :
maksud ane disini tidak ada figur yang mencontoh masyarakat untuk menggunakan transportasi masal ataupun transportasi alternatif seperti sepeda, ya karena belum ada kesadaran kayaknya
Spoiler for Kebijakan Yang bertentangan:
kebijakan disini menurut ane yaitu kebijakan Pembatasan kendaraan seperti 3in1, ERP, plat ganjil genap dengan program mobil murah pemerintah.. juga program pembangunan jalur lingkar luar jakarta untuk Kereta dengan pembangunan jalan tol lingkar luar yang sudah dulu dibangun.. kalo kayak begini kapan bisa netralnya masalah?
Spoiler for Lingkaran setan Jalan kali, polusi dan kendaraan pribadi:
kenapa begitu? yap! begini simple nya,, banyak yang ogah jalan kaki di trotoar jakarta karena polusi dan trotoar yang diserobot motor dll,lalu mereka naik kendaraan yang menghasilkan polusi dan kadang2 kendaraan mereka juga pernah masuk trotoar dll.. kalau begitu kapan habisnya? yang ada malah kita terserang penyakit akibat kronisnya polusi dan juga lingkungan di JKT tidak akan membaik
itu adalah penyebabnya gans macet di Jakarta ga pernah selesai..
kalo agan pahami,disini kita bisa menjadi HERO bagi JKT,, walaupun agan tidak mendapat rewards atau hadiah uang dll tetapi Tuhan maha tau niat agan itu baik untuk Lingkungan, karena Lingkungan rusak itu juga karena ulah manusia.. agan bisa mulai mengurangi penggunaan kendaraan pribadi agan kayak seminggu 2 kali, dan juga agan bisa nebeng temen ke kantor atau kampus atau sekolah nanti gantian agan yang nebengin, terus jangan tergiur dengan DP murah kendaraan baru coba lirik dirumah agan udah ada berapa motor atau mobil? jangan -jangan tiap anggota keluarga punya kendaraan masing2 ya? jangan biasakan konsumtif gan.. lalu agan juga bisa jalan kaki dengan jarak tempuh yang pendek seperti kurang dari 2KM agan bisa jalan kaki selain sehat juga agan ga ngasilin polusi yang ujung2nya agan sendiri yang hirup itu udara kotor,, lalu juga jangan biasakan anak agan yg dibawah umur bagi yg udah nikah untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi di jalan selain itu bahaya juga melanggar hukum! kalau dipikir-pikir mudah kan gan?
cuma perlu niat dari kita sendiri untuk merubah JKT,, karena JKT kan tempat kita hidup,mencari nafkah dan belajar bahkan sampai mati..
ini juga berfungsi untuk diri ane sendiri,, ane adalah pengguna kendaraan umum sejati gan lebih baik jangan salahkan pemerintah, karena pemerintah itu membuat kebijakan atas apa yang dibutuhkan masyarakatnya,, nah disini peran agan semua untuk merubahnya! JADILAH HERO KECIL UNTUK JAKARTA! ITU LEBIH MULIA
SALAM untuk anak cucu kita
Diubah oleh rip48 13-09-2013 11:31
0
7.6K
Kutip
136
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!