Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

phlaAvatar border
TS
phla
KESENGAJAAN PENYERANGAN KE PEARL HARBOR
Quote:



Pearl Harbor Saat Ini


A. Alasan AS Terjun Dalam Perang Dunia II

Pada 7 Desember 1941, armada laut dan udara Jepang mengebom armada Amerika Serikat (AS) di Pearl Harbor, Hawaii secara tiba-tiba pada Minggu pagi. Dimana pasukan AS sedang terlelap dan sistem persenjataan tidak disiagakan. Hasil serangan ini adalah tenggelamnya lebih kurang 20 kapal tempur AS, rusaknya 188 pesawat terbang dan 2.403 korban jiwa. Di pihak Jepang sendiri hanya kehilangan 55 pesawat tempur yang dipakai. Serangan secara tiba-tiba tanpa maklumat perang inilah yang menjadi alasan Kongres AS menyetujui usulan Presiden Roosevelt untuk berperang dangan Jepang yang menandai terjunnya AS dalam Perang Dunia II.

Spoiler for Pearl Harbor 1:


Banyak teori yang menyatakan bahwa penyerangan terhadap Pearl Harbor sengaja dibiarkan terjadi oleh Roosevelt yang diduga telah mengetahui rencana serangan tersebut. Sang Presiden yang memang sudah "gatal" untuk ikut turun dalam Perang Pasifik. Sebab, Kongres AS selama ini menahan diri untuk tidak ikut berperang. Namun akhirnya, mereka menyetujui usulan sang Presiden ketika terjadinya peristiwa Pearl Harbor.

Spoiler for Pearl Harbor 2:


Teori konspirasi mengatakan bahwa Roosevelt bernafsu untuk ikut membagi-bagi wilayah rampasan perang yang kaya akan sumber daya alam dan sumber energi. Demikian pula ambisi untuk menggerakkan industri persenjataan militer yang mereka miliki. Dugaan ini menguat dengan ketiadaan kapal induk utama AS di Pearl Harbor, yaitu USS Enterprise dan USS Lexington. Faktanya, hanya 60 hari berselang, armada AS sudah pulih total dan bersiaga menggempur Jepang di Pasifik. Padahal, Jepang memprediksi armada AS baru akan pulih setelah delapan bulan pasca serangan di Pearl Harbor.

Spoiler for Pearl Harbor 3:


B. Pembalasan yang Lebih Kejam

Secara diam-diam, AS bekerjasama dengan Kanada untuk memproduksi bom atom berkekuatan Uranium 235. Proyek rahasia ini dinamakan Manhattan Project. Pada 7 Agustus 1945, bom itu pun dijatuhkan ke Hiroshima dan menewaskan 150.000 orang Jepang yang terdiri dari tentara, sipil, wanita, anak-anak hingga binatang. Dua hari kemudian, pada 9 Agustus 1945, satu lagi nuklir dijatuhkan pesawat pembom AS dari langit Nagasaki. Sekitar 80.000 orang tewas seketika dan ratusan ribu lainnya terpapar radiasi nuklir akut. Jepang sontak lumpuh dan tak menduga AS membalas sedemikian sadis dan parah. Maka, Kaisar Hirohito pun menyerah dan takluk kepada tentara AS serta sekutu di seluruh penjuru Pasifik yang dikuasainya.

Spoiler for Hiroshima & Nagasaki 1:


Para Jenderal Jepang segera diseret ke Mahkamah Internasional untuk mempertanggungjawabkan kebiadaban perang yang dilakukan di tanah-tanah pendudukan. Para Konspirator penyerang Pearl Harbor dituduh sebagai penjahat perang karena menyerang tanpa menyatakan maklumat perang. Mereka pun dihukum mati.

Spoiler for Hiroshima & Nagasaki 2:


Namun, ada pertanyaan menggelitik yang mencuat dari para ahli konspirasi. Bagaimana jika bukan AS yang memenangkan Perang Dunia? Apakah pemimpin AS dan Jenderal AS juga akan diseret ke Mahkamah Internasional sebagai penjahat perang karena membombardir Hiroshima dan Nagasaki tanpa disertai maklumat sebelumnya? Sama seperti tindakan armada Jepang yang membombardir Pearl Harbor tanpa maklumat perang. Serangan ke Pearl Harbor ditujukan untuk melumpuhkan tentara dan persenjataan AS, walaupun kenyataannya membawa dampak korban orang yang berada di sekitar wilayah tersebut. Bagaimana dengan bom nuklir AS yang justru sengaja dilakukan untuk membunuh penduduk dan infrastruktur sipil Jepang? Sekitar 2.403 korban jiwa AS yang lebih banyak merupakan tentara dibalas dengan hilangnya 230.000 nyawa yang sebagian besar adalah rakyat sipil Jepang. Itu belum terhitung korban radiasi nuklir yang hingga saat ini masih membekas pada warga Hiroshima dan Nagasaki. Lalu, jika AS bukan pemenang perang, apakah mereka juga akan disebut penjahat perang??

Spoiler for Salah Satu Korban:
0
6.5K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.