Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bambanghartomoAvatar border
TS
bambanghartomo
HATI-HATI GAN,SMARTPHONE AGAN RAWAN PENYADAPAN
berikut ane kutip dari jagatrevi**.c**

NSA Mampu Retas Smartphone Populer

HATI-HATI GAN,SMARTPHONE AGAN RAWAN PENYADAPAN

Bukan hanya penjahat cyber, lembaga intelejen pemerintah sekaliber Amerika Serikat pun tertarik meretas smartphone pengguna. Badan Keamanan Nasional (NSA) Amerika Serikat dilaporkan telah berhasil memecahkan kode keamanan di beberapa platform smartphone populer yang ada di pasaran, yakni Apple iPhone, Blackbery, dan perangkat Android. Hal itu memungkinkan lembaga tersebut dapat mengakses data pengguna di smartphone-nya.

Demikian dikatakan majalah mingguan Jerman, Der Spiegel terhadap dokumen rahasia yang ditemukannya. Dokumen itu menyatakan, NSA dapat menyadap data paling sensitif yang ada di smartphone pengguna, termasuk daftar kontak, lalu lintas SMS, catatan, dan informasi tentang lokasi tempat tinggal pengguna.

Dokumen-dokumen ini juga menunjukan, NSA telah membentuk unit kerja khusus untuk menangani setiap sistem operasi pada smartphone. Itu bertujuan untuk mendapatkan akses data rahasia besutan pabrikan smartphone. Selain itu, NSA juga mampu menyusup ke komputer pengguna saat sedang disinkronisasikan ke iPhone mereka.

Selain itu, dokumen tersebut juga sempat berkisah, pihak NSA pernah berhasil menyusup ke BlackBerry yang dikenal sangat aman pada 2009-210 silam. Mereka berhasil “melihat dan membaca trafik SMS” serta mengakses sistem email BlackBerry. Ini bisa menjadi petanda buruk bagi BalckBerry yang sering berkampanye tentang perangkat smartphone paling aman di dunia ketimbang paltform lain. Juru bicara BlackBerry hanya mengatakan, perusahaan tidak pernah bekerja sama dengan pemerintah AS melalui “Jalur pintu belakang ke platform kami,”.

Der Spiegel juga mengindikasi, kegiatan memata-matai smartphone belum menjadi fenomena massal. Kebanyakan kegiatan mata-mata pemerintah lebih difokuskan ke lalu lintas yang ada dunia maya maupun terbatas pada smartphone perorangan saja, tidak langsung ke vendornya.

Sebelumnya, mantan anggota NSA, Edward Snowden membocorkan sejumlah dokumenen penting bahwa dua penyedia email terbesar, Yahoo dan Google menjadi sasaran NSA untuk dimata-matai. Selain itu, NSA bersama badan intelejen di Inggris (GCHQ) dilaporkan telah berhasil memecahkan teknologi yang digunakan untuk mengenkripsi layanan internet, seperti e-banking, data medis, dan email. Program mata-mata NSA itu diklaim telah menghabiskan dana sekitar US$ 250 juta.

ternyata gak cuman smartphone gan,tapi email yang kita punya rentan disadap..kini masih disadap oleh asing gan,namun bukan tidak mungkin bisa disalahgunakan,apalagi saat ini sedang marak2nya pembahasan UU inteligen..jadi saran ane..hati2 dengan gadget agan..kalau mau bertindak sesuatu pakailah cara underground seperti : pake hape jadul,surat menyurat biasa,komunikasi langsung,selalu memakai email umum di tempat umum a.k.a. warnet untuk aktivitas2 yang agan rasa pemerintah gak perlu tau...emoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kiss

update

ada kabar baik gan, LIPI sedang mengembangkan SMARTPHONE anti sadap

berikut ane kutip dari go**au.c**

LIPI Berhasil Ciptakan Smartphone Anti Sadap dan Bisa Deteksi Dini Tsunami

HATI-HATI GAN,SMARTPHONE AGAN RAWAN PENYADAPAN

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sedang mengembangkan ponsel cerdas anti yang memiliki fitur anti sadap. Ponsel yang diberi nama BandrOS ini dikembangkannya untuk kegiatan intelijen. Bahkan ponsel ini bisa juga untuk sistem peringatan dini tsunami dan rekap data Pemilu.


''Ini bisa digunakan untuk kepentingan intelijen, karena nggak bisa disadap. Jadi special purpose,'' ujar peneliti LIPI, LT Handoko kepada wartawan di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Serpong, Tangerang, Senin (26/8/2013).


Handoko menjelaskan, tidak semua orang nantinya bisa memiliki ponsel ini. Penjualannya terbatas, dengan tetap memperhitungkan regulasi terkait komunikasi dan informatika yang ada.


Handoko bercerita, awalnya penelitian ini dilakukan untuk menciptakan alat keperluan rumah sakit dan panti jompo. Dengan mengganti tombol dengan ponsel, maka fungsinya akan semakin efektif karena tidak memerlukan kabel sehingga bisa dibawa ke mana pun. Handoko juga menjelaskan hardware yang diperlukan pun tak perlu mahal.


''Kita beri aplikasi khusus, jadi kalau misalnya dia jatuh bisa ketahuan di mana. Mereka bisa lacak orang ini ada di mana. Kalau ada telepon, bisa di-forward ke pasien itu. Dia juga bisa dipanggil lewat (HP) itu,'' ulasnya.


Untuk Peringatan Dini Tsunami


Selain antisadap, fungsi lain ponsel cerdas ini yang masih terus dikembangkan oleh LIPI adalah untuk early warning system bencana tsunami.


''Kita kembangkan juga dengan ristek untuk early warning system tsunami. Itu bisa dipakai di semua HP, karena sudah lebih aplikatif,'' kata Hadoko.


Khusus untuk fungsi-fungsi yang berkaitan dengan kebencanaan, LIPI akan membuka open source. Dengan bisa ditemui dengan mudah aplikasi ini di playstore, maka siapa pun bisa berpartisipasi mendistribusikan informasi.


''Jadi kita bikin semacam whatsap, ada aplikasi khusus terhubung ke server. Jadi informasi kebencanaan dari BMKG dan badan bencana semuanya masuk,'' lanjutnya.


Selain itu, teknologi ini bisa digunakan untuk rekap data pemilu. Handoko menjelaskan, rekapitulasi dengan menggunakan smartphone BandrOS akan lebih aman dan murah.


''Dulu pakai komputer sudah mahal, penditribusian repot, listrik belum pasti ada. Kalau HP bisa lebih secure, kita bisa lock sehingga data yang dikirim ke HP hanya bisa digital dan kita tau persis itu dari HP tersebut,'' ulas Handoko

kalo agan2 tertarik sama aktivitas aktivitas yang pemerintah gak perlu tau ada baiknya nyari smartphone nya LIPI gan...:

UPDATE 2

berikut ane kutip dari tabloid*****.**.**

Tips Anti Sadap



Ada beberapa aplikasi enkripsi suara yang bisa melakukan tugas seperti ini, diantaranya adalah:

Cellcrypt
Bagi pengguna Symbian 2nd edition (Symbian OS versi 8) diantaranya Nokia 6630, 6680, N70 dan N90, aplikasi Cellcrypt bisa membantu keamanan percakapan Anda. Cellcrypt, dibuat oleh Voylent pengembang yang bermarkas di Silicon Valley.

Untuk mencoba aplikasi ini, silahkan kunjungi situs Voylent (www.voylent.com). Atau jika ingin mendownload langsung bisa lewat link ini; www.cellcrypt.com/vx22rc1.sis.

Selain itu, aplikasi ini dibuat tanpa tampilan, jadi untuk menghapusnya tidak bisa dengan cara biasa. Melainkan dengan cara mengintsal aplikasi uninstaller-nya. Aplikasi ini bisa didapat di http://www.cellcrypt.com/vxrm.sis.

Flexi Shield
Selain memiliki aplikasi penyadap, Flexi Spy yang pernah dibahas oleh PULSA, juga menawarkan aplikasi Anti-Sadap yang disebut Flexi Shield. Dengan aplikasi ini, semua kegiatan komunikasi bisa diproteksi. Mulai dari MMS, SMS, Email hingga log telpon. Sejatinya, cara kerja Flexi Shield tak jauh beda dengan aplikasi black list yang banyak beredar. Yakni, dengan memproteksi dan menyembunyikan data telpon menggunakan password khusus.

Kemampuan untuk mem-blokir telpon masuk berdasarkan kontak phonebook pun ditawarkan aplikasi ini. Untuk mendapatkan aplikasi shareware ini silakan kunjungi http://www.flexispy.com/flexishield-...r-keylock.htm.

SecureGSM
Khusus pengguna smartphone dan PDA-phone berbasis Windows Mobile, tersedia aplikasi SecureGSM. Cara kerjanya hampir sama dengan Cellcrypt, hanya saja dengan cara penggunaan yang sedikit berbeda.

Di SecureGSM, tidak perlu menambahkan angka pada awal nomor tujuan. Ketika melakukan panggilan, si penerima telepon akan menerima kode verifikasi. Kode tersebut sama dengan kode yang tertera pada dilayar si penelpon.

Fortress SMS
Selain untuk menangkal,Untuk melindungi pesan SMS dan email, pengguna Symbian bisa mengandalkan aplikasi Fortress SMS. Versi trialnya bisa didownload di http://www.fortressmail.net/fortress_sms.htm

Tekniknya sederhana. Setiap SMS yang akan dikirim terlebih dahulu dibubuhi kata kunci. Si penerima sudah tentu tidak bisa membuka pesan tersebut jika tidak mengetahui kata kuncinya.

Pesan yang terkirm bisa dibuka apabila memasukkan kata kunci yang sesuai. Dengan catatan, di ponsel penerima pun harus memiliki aplikasi Fortress SMS.

SMS007
Aplikasi enkripsi SMS tidak hanya tersedia bagi ponsel-ponsel bersistem operasi saja. Salah satu yang mendukung ponsel Java (MIDP 2.0) adalah SMS007. Aplikasi ini memiliki kompatibilitas yang lebih luas karena menggunakan general user interface (GUI).

Kemampuan enkripsinya tidak hanya untuk SMS saja, tetapi dapat pula digunakan untuk data-data di ponsel. Jika ponsel hilang, data tersebut tidak akan bisa dibuka oleh sembarang orang.

Untuk mengirim pesan rahasia, bisa dilakukan langsung dari menu contact yang tersedia. SMS rahasia tersebut bisa dikirim ke satu atau lebih penerima.

CARA ALTERNATIF

HATI-HATI GAN,SMARTPHONE AGAN RAWAN PENYADAPAN

Belakangan ini sejumlah ponsel bermerek lokal memiliki program unik yang berbasisi voice changer. Salah satunya adalah ponsel bermerek IMO G531 dengan fitur MAGIC SOUND-nya. Meski dibuat untuk keperluan ‘iseng’ dan FUN, fitur voice changer ini dapat dimanfaatkan untuk menghindari kita dari penyadapan.

Voice changer akan merubah frekuensi suara Anda sehingga dapat berubah menjadi lebih kecil atau besar, menyerupai suara orang lain sehingga suara asli Anda tidak dapat dikenali lawan bicara.

Aktivasi MagicSound di IMO G531 ini bisa dilakukan sesaat setelah kita menghubungi nomor tujuan. Setelah aktif maka bisa dipastikan si penerima telepon sulit untuk mengenali si empunya suara. Jadi, bukan ponsel anti sadap loh ya! Yang pasti kita bisa membuat si penyadap kebingungan.

Sampai saat ini belum diketahui apakah ada alat yang bisa mengembalikan suara yang mengalami perubahan freukuensi ini ke frekuensi awal. Jadi, tanpa mengajari Anda berbuat iseng, Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk menghindar dari pengenalan Anda ketika telepon Anda disadap.
mudah-mudahan bermanfaat gan infonyaemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kiss
Diubah oleh bambanghartomo 13-09-2013 02:57
0
4.7K
12
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.