Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

redskholisAvatar border
TS
redskholis
Kisah Sukses Pendiri Bhinneka.com
Tahukah Anda toko online Bhinneka dot com? Di balik kesuksesan toko online itu terdapat pengusaha sukses bernama Hendrik Tio. Dimulai dengan modal awal sebesar Rp 100 juta, dia dapat membangun bisnisnya. Bhinneka.com sudah dikenal luas oleh kalangan yang aktif di dunia maya khususnya yang menyukai belanja online bahkan pengunjungnya bisa mencapai 50 ribu pengunjung setiap hari. Namun tidak semua pengunjung itu bermaksud untuk belanja. Ada yang hanya ingin melihat-lihat produk terbaru, membandingkan harga pasar, dan juga ada yang memang berniat untuk belanja. Jadi, pantaslah toko online ini masuk dalam peringkat 100 besar situs web Indonesia.

Bhinneka didirikan oleh 5 orang yaitu Hendrik sendiri, Nicholas, Johannes, Darsono, dan Tommy termasuk untuk divisi online storenya. Omzet per tahun yang diperolehnya sebesar Rp 200 M dengan jumlah pegawai sebanyak 215 orang sedangkan untuk divisi online store sebesar 2%nya. Bhinneka memiliki visi yaitu To be Indonesia’s No. 1 Webstore. Untuk mempromosikan produknya, ia menghabiskan dana sekitar Rp 100 juta dengan iklan yang dia pasang di Google dan pameran.

Tidak semulus yang dibayangkan, kesuksesan pria kelahiran tahun 1963 ini menghadapi berbagai rintangan dan puncaknya ketika gejolak moneter terjadi di negara ini pada tahun 1997-1998 yang sejak saat itu bisnisnya bergerak pada pasar CAD CAMM. Oleh karena itu, Bhinneka tetap harus mempertahankan bisnisnya dengan cara konsentrasi ke bisnis berbasis web yang dioperasikan untuk komersial pada tahun 1999. Selain itu, kerap terjadinya penipuan dalam pembayaran menggunakan kartu kredit mengakibatkan layanan pembayaran dengan kartu kredit sempat dihentikan di toko online ini. Kecenderungan orang lokal dalam belanja online yang masih ragu-ragu dan juga ingin serba cepat sampai pengiriman barang menjadi motivasi Bhinneka untuk meningkatkan kepercayaan orang dengan cara rajin memberi respons dan informasi secara cepat.

Di tengah adanya penilaian orang yang menyatakan bahwa harga produk di Bhinneka tidak termasuk murah, uniknya Bhinneka justru memberikan cara penetapan harga yang dapat ditawar oleh pelanggan. Ini menjadi daya tarik calon pembeli.

Sumber
Diubah oleh redskholis 23-08-2013 09:24
0
3.8K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.