Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hotrisAvatar border
TS
hotris
Tips Merawat Motor Injeksi
halo gan berikut ane share tips merawat motor injeksi agan smua yaa...

semoga bermanfaat..

kl bermanfaat... ane ga nolak dikasih emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Spoiler for bukti no repsol gan:


kl msh abu-abu boleh kasih rate jg monggo..

berikut tips nya gan:

Tips Merawat Motor Injeksi.


Saat ini di Indonesia sedang marak beredar motor-motor dengan sistem injeksi. Sistem injeksi ini ditanamkan pada sepeda motor supaya motor menjadi lebih irit bahan bakar tetapi performa tetap optimal. Kehadiran teknologi injeksi ini terbilang baru dan para konsumen masih belum tahu bagaimana merawat motor bermesin injeksi. Jika kita tidak tahu bagaimana merawat motor injeksi, yang ada sistem injeksi ini akan cepat mati dan tentunya mahal untuk menggantinya.

Banyak orang berpikir bahwa merawat sepeda motor injeksi itu sulit. Persepsi itu tidak sepenuhnya salah karena dengan adanya sistem kompyter (engine control unit/ECU) sebagai komponen utama dari teknologi mesin injeksi, perawatan pun menjadi lebih kompleks. Tapi, tak perlu khawatir. Ada beberapa cara sederhana merawat motor injeksi Anda.

Berikut 5 cara merawat sepeda motor injeksi yang bisa Anda lakukan sendiri.


1. Hindari penggunaan bahan bakar berkualitas rendah

Jangan menggunakan bahan bakar berkualitas rendah karena ini sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin injeksi. Pilih bahan bakar yang memiliki research octane number (RON) yang sesuai dengan standar pabrik yakni di atas 90. Hindari memakai bensin bersubsidi yang memiliki RON di bawah 90.


2. Periksa kondisi aki

Motor injeksi memanfaatkan kontrol secara elektrik sehingga arus listrik yang tidak stabil dari aki akan berpengaruh cukup besar. Jika air aki sudah berkurang dari level, segera tambahkan air murni.


3. Hindari aksesori lampu yang tidak sesuai spesifikasi

Jangan gunakan aksesori lampu yang tidak sesuai dengan spesifikasi dari pabrik. Pasalnya, ini akan membuat bingung kerja ECU dalam pembagian kelistrikan yang dalam jangka waktu lama akan memengaruhi keawetannya. Gunakan lampu dengan watt dan voltase yang sesuai.


4. Selalu periksa isi bensin di tangki

Pastikan tangki bensin tidak pernah kosong. Jika ini sering terjadi, ECU akan berumur lebih pendek daripada semestinya.
"Motor injeksi itu tidak boleh kalau tangki bensinnya sampai benar-benar kosong. Usahakan sebelum kosong Anda mengisinya. Kalau kosong kotoran pada tangki bensin akan mudah terserap dan akan memperhampat kerja mesin,"

5. Lakukan servis rutin

Ini adalah kuncinya. Servis motor secara rutin akan menjaga kebersihan saringan udara, saringan bensin dan throtle body-nya. motor injeksi adalah motor yang sangat rentan dengan yang berbau-bau "kotor". Kebersihan mesin akan selalu terjaga, ECU akan berjalan lancar kerjanya, dan hasilnya sistem injeksi akan lebih awet. sebaiknya melakukan servis rutin setiap pemakaian 3000km.

oke semoga tips-tips merawat motor injeksi ini bisa membuat motor injeksi Agan-agan menjadi lebih awet dan dalam kondisi optimalnya.
Demikianlah Tips Merawat Motor Injeksi. Semoga bermanfaat!


Spoiler for sumber:
0
5.2K
22
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 2
Kendaraan Roda 2KASKUS Official
19.1KThread9.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.