vvcepheyAvatar border
TS
vvcephey
Blok timur takut, Iran Sambut Baik Usulan Rusia Soal Penyerahan Senjata Kimia Suriah


Teheran - Otoritas Iran menyambut baik usulan Rusia soal penyerahan senjata kimia Suriah untuk dihancurkan. Namun Iran juga meminta agar senjata kimia yang ada di tangan pemberontak ikut dihancurkan.

"Republik Islam Iran menyambut baik inisiatif (Rusia) tersebut yang bertujuan menghentikan seluruh aksi militer (terhadap Suriah)," ucap juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Marzieh Afgham seperti dilansir AFP, Selasa (10/8/2013).

"Kami menginginkan agar wilayah kami bersih dari segala macam senjata pemusnah massal ... Upaya ini juga harus menargetkan senjata kimia yang ada di tangan kelompok pemberontak Suriah," imbuhnya.

Selama ini, Iran yang juga dikenal dikenal sekutu dekat Suriah, kerap memperingatkan Amerika Serikat terkait rencana aksinya ke Suriah. Iran menegaskan, setiap serangan terhadap rezim Suriah akan memicu kehancuran yang luas.

Pada Senin (9/9) waktu setempat, Rusia melalui Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov mengusulkan proposal, yang isinya mendesak Suriah untuk menempatkan senjata kimianya di bawah pengawasan internasional. Rusia juga mencetuskan agar senjata kimia Suriah dihancurkan demi menghindari ancaman serangan militer dari negara-negara barat

Menanggapi usulan ini, Menteri Luar Negeri Suriah Walid al-Muallem yang tengah berada di Rusia, menyambut baik usulan ini. Namun demikian, masih belum jelas tanggapan langsung dari Presiden Suriah Bashar al-Assad atas usulan Rusia ini.

Sementara itu, Presiden AS Barack Obama menyebut usulan Rusia ini sebagai terobosan penting. Namun, Obama memperingatkan bahwa dirinya belum membatalkan rencana aksi militer ke Suriah. Dia tengah menunggu voting yang akan digelar oleh Kongres AS terkait rencananya tersebut.

[URL="http://news.detik..com/read/2013/09/10/145701/2354559/1148/iran-sambut-baik-usulan-rusia-soal-penyerahan-senjata-kimia-suriah?991101mainnews]sumber[/URL]

Jiah si assad percuma berapi2 ternyata sekutu dia pilih jalan yg bener emoticon-Ngakak
Wah assad mana bs menang tanpa WMD, kemarin main hajar pakai kimia ke lokasi2 yg selama ini assad gk pernah bs menduduki wilayah tsb saking hebatnya oposisi.

Rusia - Iran gk keras emoticon-Ngakak krn memang assad makai emoticon-Ngakak
Tanpa WMD dan sokongan moral dr sekutu, ane yakin oposisi lbh beringas
Diubah oleh vvcephey 10-09-2013 08:58
0
2.5K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.1KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.