Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cow.shakeAvatar border
TS
cow.shake
|CETAR| Fathanah "Comot" Anak Luthfi Jadi Komisaris PT PKS Demi Gaet Proyek Kementan
Fathanah "Comot" Anak Luthfi Jadi Komisaris PT PKS
Senin, 09 September 2013 15:43 wib
Mustholih - Okezone



JAKARTA - Terdakwa kasus suap pengurusan impor daging sapi di Kementerian Pertanian, Ahmad Fathanah, diketahui mendirikan PT Prima Karsa Sejahtera (PKS). Direktur PT Green Life Bioscience Billy Gan menyatakan perusahaan itu dibentuk Fathanah untuk mengejar proyek-proyek yang berada di Kementan.

"Pak Ahmad saat itu bilang, ‘Perusahaan akan bisa mendapatkan proyek di Deptan’," ujar Billy Gan, pria yang digandeng Fathanah membuat PT PKS, di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (9/9/2013).

Menurut Billy Gan, Fathanah menjadikan Luthfi Hasan dan putrinya, Hudzaifah Luthfi, sebagai komisaris utama. Sedangkan Fathanah sendiri hanya duduk sebagai komisaris. "Pak Ahmad juga memasukkan Hudzaifah Luthfi, anak Pak Luthfi Hasan, sebagai komisaris utama," ujar dia.

Menurut Billy, Fathanah menjadikan Hudzaifah sebagai Komisaris Utama PT PKS karena melihat figur Luthfi. "Pak Ahmad saat itu bilang ya karena Hudzaifah Luthfi itu anak Pak Luthfi," terang Billy.

Dalam kasus ini, Ahmad Fathanah didakwa turut serta atau bersama-sama dengan mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera, Luthfi Hasan Ishaaq, menerima suap Rp1,3 miliar dari Direktur Utama PT Indonesiauna Utama Maria Elizabeth Liman. Uang itu diduga bagian dari total Rp40 miliar yang dijanjikan Maria Elizabeth, dan diserahkan melalui Direktur PT Indonesiauna Utama, Arya Abdi Effendy serta Juard Effendi.

Fathanah alias Olong diduga menerima suap agar menggerakkan Luthfi Hasan Ishaaq, selaku anggota DPR dan Presiden PKS, membuat pejabat Kementan yang dipimpin Suswono bisa merekondasikan penambahan kuota impor daging sapi yang dipesan Grup PT Indonesiauna Utama.

Selain itu, Fathanah didakwa Pasal Tindak Pidana Pencucian Uang. Kolega mantan Luthfi Hasan Ishaaq tersebut juga diduga telah menyamarkan aset-aset miliknya yang disinyalir berasal dari tindak pidana korupsi.

Dalam dakwaan, aset yang disinyalir disamarkan Fathanah mencapai Rp34,7 miliar dan USD89,321. Fathanah menyamarkan aset-asetnya tersebut, antara lain, dengan membelikan sejumlah rumah, sejumlah mobil, sejumlah perhiasan, dan pembayaran tiket pesawat.

Code:
http://news.okezone.com/read/2013/09/09/339/863070/fathanah-comot-anak-luthfi-jadi-komisaris-pt-pks



Fathanah Disebut Dirikan PT PKS untuk Gaet Proyek Kementerian
Icha Rastika
Senin, 9 September 2013 | 15:53 WIB



JAKARTA, KOMPAS.com — Terdakwa kasus dugaan korupsi dan pencucian uang kuota impor daging sapi Ahmad Fathanah disebut mendirikan PT Primakarsa Sejahtera (PKS) yang bergerak di bidang pemasaran pupuk. Perusahaan itu digagas Fathanah bersama Direktur Utama PT Green Life Bioscience Billy Gan dan pengusaha bernama Sonny sekitar 2011.

Menurut Billy, Fathanah sengaja mendirikan PT PKS untuk mendapatkan proyek-proyek di Kementerian Pertanian. Kepada Billy, Fathanah pernah menjanjikan bahwa PT PKS akan mendapat proyek di kementerian yang dipimpin kader PKS Suswono itu.

"Pak Ahmad saat itu bilang, perusahaan akan bisa mendapatkan proyek di Deptan (Kementerian Pertanian)," kata Billy saat bersaksi dalam persidangan kasus Fathanah di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (9/9/2013).

Dia juga mengungkapkan, Fathanah memasukkan nama Hudzaifah Luthfi sebagai komisaris utama perusahaan tersebut. Hudzaifah merupakan salah satu anak dari mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera, Luthfi Hasan Ishaaq.

"Karena disampaikan, dia itu anaknya Pak Luthfi yang saat itu Ketua PKS," kata Billy.

Pengusaha yang berkecimpung di bidang pupuk Hayati ini pun menganggap Fathanah dekat dengan PKS. Billy mengaku pernah berpikiran kalau PT PKS nantinya akan dipermudah mendapatkan proyek di Kementerian Pertanian (Kementan) mengingat kedekatan Fathanah dengan para petinggi PKS, termasuk Mentan Suswono.

"Kami ada pikiran ke situ, tapi pemasukan kami masih kecil," tutur Billy.

Dari Fathanah-lah, PT PKS mendapatkan informasi seputar proyek di Kementan.

"Katanya dari Deptan ada banyak proyek, kami cek di internet, proyek-proyek banyak muncul. Kami tanyakan Pak Fathanah itu bagaimana proyeknya, lalu kami ikut tender," ungkapnya.

Namun, menurutnya, perusahaan itu belum pernah memenangkan tender proyek di Kementan. Billy juga membenarkan kalau pencantuman nama Hudzaifah sebagai komisaris di PT PKS hanya di atas kertas. Nyatanya, anak Luthfi itu tidak memiliki saham di perusahaan tersebut. Demikian juga dengan Fathanah. Menurut Billy, baik Hudzaifah maupun Fathanah tidak mengeluarkan modal meskipun namanya ditulis sebagai komisaris di akta pendirian perusahaan.

"Mereka teken, tapi utang. Mereka mengaku sama-sama berutang," ungkapnya.

Selain itu, Billy mengaku pernah menyerahkan uang 10.000 dollar AS kepada Fathanah pada 2011 di Hotel Kempinsky, Jakarta. Menurut Billy, uang ini terkait dengan keperluan pendirian perusahaan. Masih terkait urusan bisnis, ungkap Billy, dia pernah dipertemukan dengan Luthfi Hasan oleh Fathanah di Hotel Ritz-Carlton Jakarta.

Code:
http://nasional.kompas.com/read/2013/09/09/1553398/Fathanah.Disebut.Dirikan.PT.PKS.Buat.Gaet.Proyek.Kementerian?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp



Senin, 09 September 2013 | 16:17
Anak Luthfi Hasan Ikut Urus Proyek di Kemtan



Jakarta - Tidak hanya eks Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang diduga bermain memuluskan proyek-proyek di Kementerian Pertanian (Kemtan) 2013. Anak Luthfi Hasan, Hudzaifah Luthfi, juga disebut berperan untuk mendapatkan proyek-proyek di kementerian yang dipimpin oleh menteri dari PKS tersebut.

Putera ketiga dari istri pertama Luthfi disebut sebagai salah satu pemegang saham PT Prima Karsa Sejahtera atau disingkat PKS. Padahal perusahaan tersebut didirikan oleh Fathanah diduga hanya untuk mendapatkan proyek-proyek di Kemtan.

"Kenal (Hudzaifah Luthfi), tetapi saya belum pernah ketemu beliau. Tetapi, tahu dari pak Fathanah anaknya pak Luthfi. Dia termasuk pemegang saham PT PKS," kata saksi Billy Gan ketika memberi keterangan untuk terdakwa Ahmad Fathanah dalam sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (9/9).

Menurut Billy, keputusan Hudzaifah menjadi salah satu pemegang saham ada di tangan Fathanah. Dengan pertimbangan, dia adalah anak dari Luthfi Hasan Ishaaq yang saat itu menduduki posisi Presiden PKS.

Sebelumnya, Billy selaku Direktur PT Green Life Bioscience mengaku bahwa PT PKS didirikan untuk mendapatkan proyek-proyek di Kemtan.

"Pak Ahmad saat itu bilang, perusahaan akan bisa mendapatkan proyek di Deptan," kata Billy.

Code:
http://www.beritasatu.com/hukum/137086-anak-luthfi-hasan-ikut-urus-proyek-di-kemtan.html



emoticon-NgakakBenar2 COW Mafioso, dari Ridwan Hakim anak Don Hilmi terlibat sampai Hudzaifah Luthfi anak mantan Big Boss PKS juga ikut2an. Mo ngeles apalagi nih SAPI2 PKS?
Diubah oleh cow.shake 09-09-2013 10:57
0
2.8K
28
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.