Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kemalmahendraAvatar border
TS
kemalmahendra
Hikmah di Balik Peristiwa
Dalam kehidupan ini tidak ada kejadian sia-sia, tidak ada kejadian kebetulan, setiap apapun yang terjadi “bi idznillah” dengan idzin Allah, dan pasti ada hikmahnya. Oleh karena itu, kita harus selalu memohon kepada Allah SWT untuk bisa melihat hikmah di balik kejadian. Karena sesuatu yang kita anggap pahit ketika kita tahu hikmahnya akan paham bahwa itu ternyata manis. Tersimpan begitu banyak hikmah yang besar, dan itu hanya terbaca oleh hati yang peka, dan kita bisa meminta kepada Allah SWT untuk kepekaan hati ini, inilah doanya:

“Allahummaftahlana hikmataka wansyur alaina rahmataka Ya dzaljalali wal ikram”.

“Ya Allah bukakan hikmah dari-Mu ya Allah, dan tolonglah kepada kami ya Allah dengan rahmatmu, duhai pemilik keagungan dan kemuliaan.”

Semakin kita banyak meminta kepada Allah SWT, sambil kita asah hati kita dengan memperbanyak taubat, sambil kita menenggelamkan diri dalam sikap mengendalikan nafsu dan tidak emosional, dan senantiasa tafakur. Allah Maha Tahu apa yang kita lakukan, Allah Tahu kita berusaha merenung, Allah tahu kita memohon pertolongannya, Allah SWT Tahu kita bermujahadah membersihkan hati, dan mudah bagi Allah SWT membuka pintu hikmah dari apa yang dia takdirkan, dan sangat besar karunia Allah SWT bagi orang yang bisa melihat hikmah dari apapun yang Allah SWT takdirkan.

Sesungguhnya setiap orang yang kita jumpai adalah bagian dari cara-Nya mendidik kita. Karena setiap orang memiliki ilmu, pengalaman, kelebihan dan kekurangan, yang bisa menjadi ladang ilmu dan hikmah bagi perubahan diri kita. Kata kuncinya adalah dengan meniatkan untuk bisa belajar dan mengambil hikmah/pelajaran agar kita bisa meniru hal-hal positifnya dan hal-hal negatifnya menjadi cermin agar tidak ada pada diri kita.

Semua ini tak bisa didapat bila perasaan kita sudah terlibat: jengkel, kesal, marah, menghina dan hati sudah menghakimi/memvonis buruk seseorang. Bila disikapi dengan hati bersih, apapun sikap orang, bisa membuat diri kita akan semakin bersih, matang, dewasa dan bijak

"Allah memberikan hikmah kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang diberi hikmah maka sungguh telah diberi kebajikan yang banyak. Dan tidak ada yang dapat mengambil pelajaran melainkan orang-orang yang berakal". (QS Al Baqoroh : 269)


0
8.2K
3
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.