Jembatan Cirahong, Jembatan 2 in 1 Warisan Belanda di Indonesia
TS
arifdoank
Jembatan Cirahong, Jembatan 2 in 1 Warisan Belanda di Indonesia
Quote:
Welcome to My Thread
Jangan lupa dirate gan
Jembatan Cirahong
Jembatan Cirahong adalah jembatan kereta api yang terletak di perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis. Jembatan ini menggunakan konstruksi baja yang banyak dan cukup rapat. Jembatan yang memiliki panjang 202 meter ini merupakan jembatan yang unik, ibaratnya bagaikan jembatan permanen tingkat dua. Itu dikarenakan jembatan ini memiliki 2 fungsi. Bagian atas jembatan berfungsi untuk lalu lintas kereta api, sedangkan bagian bawah jembatan berfungsi untuk lalu lintas kendaraan. Namun kendaraan yang melintas harus bergantian masuk, karena lebar jembatan yang sempit, sekitar 2 meter. Jembatan Cirahong ini disangga oleh 2 buah beton setinggi 46 m.
Siapa sangka, jembatan yang masih berfungsi optimal ini sudah berusia diatas 100 tahun. Jembatan ini dibangun pada tahun 1893-1894. Sampai sekarang masih menjadi andalan warga sebagai jalur alternatif yang menghubungkan kabupaten Tasikmalaya dan kabupaten Ciamis.
Ketika melewati jembatan ini dengan kendaraan, akan terasa bergetar karena lantainya yang terbuat dari kayu. Apalagi ketika kereta api melintas, getarannya akan lebih hebat (lumayan buat spot jantung ). Ditambah lagi usia jembatan yang sudah lebih seabad. Namun warga sama sekali tidak gentar melalui jembatan ini. Menurut sebagian besar warga, kecil kemungkinan jembatan ini akan ambruk ketika dilalui. Karena warga sudah yakin kalau bangunan-bangunan peninggalan Belanda pasti kokoh. Tapi kenyataannya memang demikian, jembatan ni masih tetap kokoh sampai saat ini
Quote:
Beginilah wujud jembatan cirahong yang legendaris
Quote:
Spoiler for buka:
Cirahong saat dibangun Belanda
Spoiler for buka:
Cirahong masa kini
Spoiler for buka:
Tiang beton setinggi 46 m penyangga jembatan cirahong
Spoiler for buka:
Ketika kereta api melintasi jembatan cirahong
Spoiler for buka:
Ketika kereta api melintasi jembatan cirahong
Spoiler for buka:
Kondisi terowongan cirahong, tempat lalu lintas kendaraan
Spoiler for buka:
Deretan mobil melintasi jembatan cirahong
Spoiler for buka:
Sebuah mobil melewati jembatan cirahong
Spoiler for buka:
Mobil yang siap-siap memasuki jembatan cirahong ketika kereta sedang melintas
Spoiler for buka:
Lalu lintas pemotor yang padat
Jembatan ini juga memiliki panorama alam yang cukup indah dengan suasana pedesaan yang kental. Jadi tidak heran, banyak warga yang menjadikan kawasan jembatan cirahong ini sebagai wisata alternatif. Apalagi telah tersedianya banyak tempat-tempat untuk bersantai disekitaran jembatan, seperti kafe misalnya
Quote:
Quote:
Sekian saja thread ini dari saya, semoga bermanfaat buat agan-agan sekalian
Komentar para agan yang pernah merasakan interaksi langsung dengan jembatan ini
Quote:
Original Posted By fasukarno►iya gan ane pernah langsung ke TKP.. emg disana masih kuat gan besinya, gk ada karat..
Quote:
Original Posted By anto2310►meskipun ane sering ke tasik, tapi ane baru 2x lewat situ.
asli uji adrenalin dah rasanya... mana jurangnya dalem banget, lagi...
tapi emang pemandangannya indah, di bawah jurang ada sungai, keren deh pokoknya
Quote:
Original Posted By SigUeThea►ane dah sering lewat jembatan ini gan .... emang stiap mo lewat pasti sport jantung krn klo liat ke bawah ngeriiii...tinggi banget ! cuma klo malem ane gak brani lewat...krn denger2 jembatan ini angker banget
Quote:
Original Posted By denycharol►Wah saya kebetulan orang ciamis asli gan, kuliah di tasik di salah satu politeknik negeri.
sering banget lewat sana.
FYI buat yg blum tau.
jembatan cirahong ada di ciamis gan.
jalur alternatif ciamis - tasik via manonjaya.
jembatan itu awet banget sampe skrg gan, perawatan bantalan2 jembatan bawah (untuk mobil+motor), pasti diganti klo ada yang udah jelek kondisinya gan.
yang pasti SANGAT AMAN untuk dilewati gan.
yang paling seru kalo pas lewat sana ada kereta lewat diatas kita gan gimana gitu gan hahahahaha
Kalo berkenan taro pejwan gan
Quote:
Original Posted By tukangpasir►ane hampir tiap hari lewat sana tuh gan..
btw tTS -nya orang tasik / ciamis ?
Original Posted By ezaezot94►wah kenangan dulu itu
ane pertama lewat sana ngeri gan
tapi pas udah sering sih jadi biasa malah enak tuh tempatnya buat hunting foto
Quote:
Original Posted By unvorgiven1►ane udah sering lewat, tapi ane belum pernah lewat pas ada kereta jalan. kata ibu ane kalo kita didalem pas ada kereta lewat di atas, jembatannya jadi goyang goyang - geter geter
Quote:
Original Posted By Kulibaja►Ane ada tambahan beberapa foto bagian rel keretanya nih Gan..
Spoiler for bagian rel jembatan:
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Quote:
Original Posted By lsupernoval►Sebagai info tambahan Gan, Jembatan Cirahong ini Penghubung inti dari Kabupaten Ciamis - Ke Kabupaten Tasikmalaya (Via Manonjaya) - Kotamadya Tasikmalaya..
Jembatan ini salah satu alternatif yang saya gunakan pada saat saya harus ke Tasikmalaya tetapi kondisi jalan Provinsi sangat macet. Biasaynya saat momen hari raya gan..
Jembatan ini memang cukup unik seperta kata TS, 2 lantai.. Saat kita berada di bawah (sedang melintas) saat bersamaan kereta juga melintas, sensasinya gan, LUAR BIASA..!!
Ada beberapa hal yang perlu diketahui :
1. Jembatan ini One Way
2. Jika melintas harus membayar warga setempat 2000 untuk mobil dan 1000 untuk motor
3. Jembatan ini terus diperbahurui kayu-kayu nya yang seperti terlihat di gambar
4. Ada beberapa kayu yang mulai rapuh dan belum diganti
5. Dan yang cukup menjadi sensasi ada beberapa bagian jembatan yang bolong gan..
Kebetulan ane orang jakarta yang kerja di Ciamis di salah satu operator merah, jadi kebetulan ane berbagi pengalaman..
Kalau boleh ditaro di Page One Gan..
Quote:
Original Posted By randy.etet►Denger denger ni jembatan suka di pakai buat bunuh diri gan
Ane masih inget, sempet di bahas sama acara sil*t di rcti waktu acara nya masih blm gosip kayak skrg. yang katanya angker dan suka di jadiin tempat bunuh diri, pejwan ya gan
Quote:
Original Posted By pigipugu►hasil lobi Kangjeng Prebu Kusumadiningrat kepada belanda supaya kabupaten ciamis (dulu galuh) biar di lewati rel kreta api. berarti harus membangun dua jembatan di atas Citanduy (mesti nglewati kota banjar). Tentunya, biaya pembangunan jembatan ga murah. Setelah lobi panjang,akhirnya Belanda menyetujui usulan beliau. Hal itu mem-buktikanbahwa R-A-A. Kusuma-diningrat memang masih punya pengaruh besar, padahal pas ngelobi udah pensiun
Spoiler for sopiler:
lihat sop iler. gimana bentuk rel kreta (garis merah) pas mau nglewati jembatan cirahong dan sesudah ngelewati jembatan cirahong. belanda sampai-sampai membuat rel yang menikung ekstrem untuk merealisasikan permintaan kusumadiningrat supaya rel kreta bs ngelewati ibu kota .
karuhun mah emng mantem ngeloby nya ga modal nota protes
pernah sekali sama aki dari manonjaya lewat sini kirain macet ada apa ternyata jembatanya ekstrem.
Quote:
Original Posted By aki2titasik►wah agan dari ciamis ya? ato tasik?
salken gan dari ane, ane dari tasik jg.. dari tempat ane ke TKP mungkin kurang lebih 30 menitan..
emang rada serem tempatnya.. klo ngelintas hawanya takut bobrok tu jembatan..
terus waktu dulu sebelum tempat ini jadi objek wisata , pas malem emang rada sepi jadinya agak
gak tau deh sekarang.. soalnya sekarang udah jadi objek wisata dan terakhir ane kesana ada rest area ato apa gitu.. pada rame sama orang2 :ilove indonesia
nih gan masuk acara reality show juga di sebuah stasiun tv swasta
Spoiler for cekibrot:
page one klo berkenan boleh
Diubah oleh arifdoank 07-09-2013 10:32
0
73.1K
Kutip
1.2K
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!