Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

SmithsrAvatar border
TS
Smithsr
Topi `Anti Nyontek` Mahasiswa Thailand Picu Kritik
MAHASISWA dan mahasiswi terbaik tentu harus mampu menunjukkan kualitas prestasi akademik, hal itu harus ditunjukkan melalui tanggung jawab untuk tidak mencontek seperti diterapkan sebuah universitas di Thailand, mewajibkan mahasiwanya mengenakan ´topi anti nyontek´ saat mengikuti ujian.

Bentuk dari ´topi anti nyontek´ yang terbuat dari kertas ukuran A4 seperti tampak pada foto menunjukkan bagaimana upaya universitas mencegah tindakan curang dari mahasiswa untuk mendapatkan nilai terbaik secara jujur, bukan dari hasil menyontek.

Foto yang diposting ke halaman Facebook dari Kasetsart University, menunjukkan bagaimana mahasiswa dari fakultas Agro-Industri yang tengah mengikuti ujian, sontak mendapat perhatian publik setelah ditampilkan secara online.

Menyusul adanya protes dari publik, universitas di Bangkok tersebut memutuskan untuk mengadakan konferensi pers guna menjelaskan asal muasal munculnya topi unik tersebut.



"Itu adalah hasil kesepakatan antara mahasiswa dan pihak universitas. Tidak ada mahasiswa yang merasa terpaksa memakai topi. Sebaliknya, semua senang untuk melakukannya dan mereka pikir itu sesuatu yang menyenangkan. Mereka merasa lebih santai saat ujian," kata Nattadon Rungruangkitkrai, dosen fakultas.

"Itu tidak dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa siswa Kasetsart sering menyontek. Saya minta maaf jika foto membuat orang lain melihat mahasiswa saya dari sudut pandang negatif."

Beberapa orang berkomentar bahwa foto yang di-uploag di Facebook sebagai hal yang memalukan atau tidak bermartabat.

Nattadon juga mengatakan bahwa pemakaian ´topi anti nyontek´ itu akan menjadi yang pertama - dan terakhir - seperti dilaporkan Bangkok Post yang dilansir metro.co.uk.

Spoiler for sumber:

0
2.6K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.