Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

GPO2AAvatar border
TS
GPO2A
Tak Cuma di Aceh, Kuesioner 'Vulgar' Siswa SMP Juga Ada di Sleman!
Jakarta - Kuesioner tentang ukuran kelamin siswa SMP di Sabang, Nangroe Aceh Darusalam, menuai kontroversi lantaran dinilai terlalu vulgar. Tidak cuma di Aceh, kuesioner yang sama juga beredar di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Dr. Mafilindati Nuraini, M.Kes mengakui keberadaan kuesioner berjudul 'Kuesioner Penjaringan Kesehatan Peserta Didik Sekolah Lanjutan' tersebut. Diakui juga, kuesioner tersebut telah diedarkan ke sekolah-sekolah lanjutan setingkat SMP dan SMA.

"Benar, itu kuesioner dari Kementerian Kesehatan. Tujuannya untuk mengetahui tingkat pengetahuan para remaja tentang kesehatan reproduksi," kata dr Mafilindati saat dihubungi detikHealth, Kamis (5/9/2013).

Dalam kuesioner tersebut, para siswa diminta memilih salah satu gambar yang paling sesuai dengan kondisi tubuhnya. Di antaranya meliputi bentuk dan ukuran payudara untuk remaja putri, serta bentuk dan ukuran kelamin pada remaja putra.

Bukan itu saja, kuesioner tersebut juga menanyakan berbagai hal tentang kesehatan para remaja termasuk riwayat imunisasi, serta gangguan-gangguan kesehatan yang pernah dialami. Gaya hidup seperti kebiasaan merokok maupun olahraga juga ditanyakan di dalamnya.

Jika di Sabang menuai kontroversi lantaran ada orang tua merasa kuesioner tersebut terlalu vulgar, dr Mafilindati mengatakan tidak menemui masalah di wilayahnya. Sejauh ini kuesioner telah disebar ke sekolah-sekolah melalui 25 Puskesmas dan belum ada laporan penolakan.

"Vulgar gimana sih, justru itu informasi yang harus diketahui sejak dini. Daripada nanti tanya-tanya, dapat informasi dari sumber yang tidak jelas kan malah bahaya," kata dr Mafilindati.

Soal pencantuman gambar-gambar, dr Mafilindati menilainya tidak vulgar karena hanya berupa siluet. Menurutnya, gambar-gambar tersebut justru menghindari kesan yang lebih vulgar bila harus digambarkan dengan kata-kata.

"Lha nanti kalau diceritakan pakai kata-kata malah lebih vulgar lagi dong," katanya.

[url]http://m.detik..com/health/read/2013/09/05/173921/2350565/763/tak-cuma-di-aceh-kuesioner-vulgar-siswa-smp-juga-ada-di-sleman[/url]

emoticon-Ngakak (S) emoticon-Hammer (S) ancur pendiidikan indonesia
0
4.6K
37
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.