Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
2762
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52241c3d3ecb178e47000007/rip-zebra-cross-di-indonesia
Dear Kaskuser: Dukung Ane di Kaskus Award Mohon Bantuanya Vote Trit Ane ya Gan "RIP Zebra Cross Kita" Ini linknya Gan HT #3 Terimakasih buat Momod, Agan/Sista atas partisipasinya sehingga thread ini bisa HT Garis silang di jalan atau yang publik menyebutnya zebra cross banyak kita jumpai di jalan-jalan termasuk di tempat-tempat keramaian dimana banyak pejalan kaki menyberang jalan. Meman
Lapor Hansip
02-09-2013 12:03

RIP Zebra Cross di Indonesia

Dear Kaskuser:

Dukung Ane di Kaskus Award

Mohon Bantuanya Vote Trit Ane ya Gan

"RIP Zebra Cross Kita"


Quote:
HT #3
Terimakasih buat Momod, Agan/Sista atas partisipasinya sehingga thread ini bisa HT

RIP Zebra Cross di Indonesia



Quote:
Quote:

RIP Zebra Cross di Indonesia

Garis silang di jalan atau yang publik menyebutnya zebra cross banyak kita jumpai di jalan-jalan termasuk di tempat-tempat keramaian dimana banyak pejalan kaki menyberang jalan. Memang zebra cross disediakan bagi mereka yang ingin menyeberang di jalan dengan harapan agar mereka dapat menyeberang dengan tenang dan tentunya aman. Zebra Cross bertujuan menertibkan para pengguna jalan.

Tetapi setelah bertahun tahun zebra cross disediakan di jalan-jalan bertahun tahun itu pula efektivitas penggunaan zebra cross rendah, kenapa demikian?

Pertama, karena kesadaran pengguna jalan yang mengendarai kendaraan bermotor sangat rendah, sehingga ketika melewati zebra cross mereka bukannya memperlambat malah tetap terus memacu kendaraannya. Alhasil, pejalan kaki yang ingin memanfaatkan zebra cross menjadi ketar-ketir menyeberang di tempat yang sudah ditandai dengan zebra cross. Orang yang ingin menyeberang jalan dengan memanfaatkan zebra cross tetap saja bersusah payah karena perlu ekstra hati-hati bahkan perlu dibantu petugas untuk menyetop kendaraan yang lewat.

Padahal, zebra cross diadakan justeru untuk mengurangi beban petugas dan lampu lalu lintas karena dengan adanya zebra cross pengendara diminta untuk mendahului pejalan kaki yang ingin menyeberang. Di negeri ini fenomena itu tidak terjadi karena dua hal pertama tidak ada sosialisasi dan penyuluhan yang signifikan sehingga pengendara bermotor "mengerti" untuk taat pada zebra cross itu.

Kedua, tidak ada atau minimnya penegakkan aturan main dari pihak aparat penegak hukum untuk mengenakan sanksi bagi mereka yang melanggar zebra cross. Petugas di lapangan entah mengerti atau tidak tampak tidak peduli dengan pengguna jalan yang melewati zebra cross tanpa memperlambat bahkan menghentikan kendaraannya, sementara sejulan pejalan kaki hendak menyeberang.

Berbeda dengan di negeri maju dimana fungsi zebra cross betul-betul efektif guna membantu pejalan kaki menyeberang dengan aman. Mereka yang melanggar bahkan menabrak orang bahkan binatang di zebra cross akan dikenakan sanksi tegas dan berat. Beberapa waktu lalu kita pernah menyaksikan melalui layar kaca bagaimana seekor anjing yang menyeberang di zebra cross sementara pengguna kendaraan bermotor memberhentikan kendaraannya guna memberikan kesempatan binatang piaraan itu menyeberang dengan menggunakan zebra cross secara aman. Bayangkan di negeri maju itu binatang saja sangat dihargai, apalagi makhluk Tuhan yang bernama manusia.

Dengan tidak adanya kedua hal tersebut diatas (kesadaran pengguna jalan dan penegakan hukum oleh aparat berwenang), maka percuma saja ada zebra cross, buang-buang uang dan energi serta waktu. Jadi, kesadaran pengguna jalan harus terus ditumbuhsuburkan secara ajeg, kontinyu dan konsisten, maka pihak yang memiliki wewenang untuk melakukan hal itu adalah pemerintah.

Pic

Pic

Pic

Pic

Pic

Pic

Pic

Pic

Pic

Pic

Pic

Pic

Ini Videonya Gan

Quote:




Quote:
Kalo Berkenan Timpuk Ane

emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Terimakasih agan-agan atas ijo-ijo, abu-abu dan batanya

Quote:

RIP Zebra Cross di Indonesia
RIP Zebra Cross di Indonesia
RIP Zebra Cross di Indonesia
RIP Zebra Cross di Indonesia
RIP Zebra Cross di Indonesia
RIP Zebra Cross di Indonesia



Komen Bermutu

Quote:Original Posted By Kaskus Promo
Thread-nya keren, Gan! emoticon-2 Jempol


Sangat bermanfaat dan benar-benar memaparkan realitas yang terjadi di Indonesia (khususnya kota-kota besar).

Semoga dengan thread ini, para pengguna motor sadar dengan fungsi zebra cross yang sebenarnya. Bukan cuma sekedar komen. emoticon-Smilie


Stay Ngaskus & Keep Posting, Gan! emoticon-Toast

Quote:Original Posted By shizen
ane sendiri heran sama pengendara motor sekarang (ane juga pemotor)

tiap ane berenti di belakang garis zebra cross pas lampu merah, eh malah di klaksonin, dimaki2 disuruh maju.. emoticon-Cape d... (S) mau ga mau ane harus maju daripada ribut..

maksud hati ingin tertib berlalulintas.. tapi malah dibilang goblok, gila dll..

Quote:Original Posted By novocal
RIP Zebra Cross di Indonesia

bukan bule nya yg kaget liat motor
tapi motornya yg kaget liat bule nyeberang zebra cross
maklum motor sini anggap zebra cross tuh tmp motor stop pas lampu merah

emoticon-Angkat Beer

Quote:Original Posted By rio_san
Nice thread gan emoticon-2 Jempol

Ane paling gedeg tuh liat tingkah laku pengendara motor/mobil yang berenti di depan traffic light, yg ga laen ya berenti tepat di zebra cross!
How STUPID they are! *maaf
Tapi beneran, gimana ga STUPID, klo berenti di depan traffic light gimana kita tau pas lampu ijo??? Ngandelin klakson dari pengendara di belakangnya??? Mikirlah...dikit aja kok mikirnya, ga usah banyak2...

Quote:Original Posted By launcelotus


IMHO, di negara maju juga ada aturannya. Walaupun ada zebra cross tapi saat lampu lalu lintas sedang menyala hijau untuk kendaraan bermotor, menyeberang tidak diperbolehkan. Pejalan kaki dan pengendara saling menghargai.

Apabila kita menyeberang saat lampu hijau untuk kendaraan bermotor, saat kita tertabrak sampai meninggal/cacat, maka pengemudi kendaraan tersebut tidak akan dikenakan sanksi apapun sama sekali. Tidak akan diharuskan membayar apapun bahkan kendaraannya hanya akan di catat dalam dokumentasi kejadian oleh polisi tanpa proses lanjutan.
Namun sebaliknya apabila ada pejalan kaki yang menyebrang saat lampu lalu lintas sedang merah untuk pengendara mobil/motor, dan mereka tertabrak. Pengendara tentu akan dikenakan sanksi berat.

Ini sikap pengguna jalan yang dewasa. Baik dari pengemudi maupun pejalan kaki mempunyai hak yang sama dalam menggunakan jalan. Semua tidak ada yang diistimewakan.

Quote:Original Posted By tilebarakatak
selamat jalan zebra cross, kau akan selalu dihati, karena kau sangat saya agungkan saat SD, sekarang tinggal kenangan, cat mu pun luntur, bukan kami tak mau mengecat ulang, kami takut, takut dikelaksonin meskipun lampu merah nyala...

Quote:Original Posted By kamardesign
RIP Zebra Cross di Indonesia

Buaya berbaris sepanjang zebra cross, kancil pun menyeberang dengan melompat dari punggung buaya yang satu ke buaya yang lain

Quote:Original Posted By hofuyang
pengin nangis, emosi, amarah, letupan murka baca trit RIP zebra cross ini emoticon-Blue Guy Bata (L)
Gue sebagai biker & driver pun MUAK BENCI atas prilaku mengemudi yang suka lewati zebra cross !
Gara2 idiot2 pehobi klakson sok2 kenceng duluan dilampu merah, ane pun jadi "ikut tolol ngelanggar zebra cross"
Tuh orang2 idiot emang bangsadd semua !!

Quote:Original Posted By zayy.al1
pertama gini bro

(fitnah or fact) orang indo ini udh mulai berkurang kesadaran berkendara sepetri aturan "kurang kecepatan sebelum zebra cross" juga "lampu merah berhenti sebelum garis putih" dan yg paling fatal "gunakan lajur kiri, lajur kanan hanya untuk mendahului"

kurangnya pengertian/pemahaman ini bisa jd emg pengendaranya yg batu (keras kepala) dan bisa jd emg pada gak punya sim (buktinya ada razia polisi banyak yg puter balik wkwk fact ya gw sering liat) atau sim nya nembak (otomatis gak tau tentang keamanan keamanan berkendara)

Kurang adanya penyuluhan ttg keamanan berkendara. Di jalan pejalan kaki harus lebih diprioritaskan daripada kendaraan. Jd ngalah ajaa kalo ada org mau nyebrang, apalagi doi udh lewat zebra cross

Quote:Original Posted By ZainThc
Zebra cross di indonesia hanya FORMALITAS pemanis Traffick Light alias lampu merah gan ,

ya itu lah kenapa orang indonesia malas jalan kaki

setelah kemarin ane ke Lembang - dari bandung

liat 5x bule jalan di pinggir trotoar gan , miris liatnya
orang indo mah pd naek mobil ato motor deket juga , sedangkan mereka lebih milih jalan kaki walaupun jauh nya .

trotoar jalan kita udah beralih fungsi jadi jalan experes buat motor ato jualan"
jadi pejalan kaki jalannya dimana ? ya di jalan raya gan emoticon-Frown( emoticon-Cape d... (S)

no offense

Quote:Original Posted By ngracut
masalahnya kondisi praktek hukumnya kurang menunjang gan. kalo kena polisi paling 'damai' aja. mungkin polisinya males krn kasus lalin dianggap ga seberapa. jangankan ga ada kecelakaan, ada kecelakaan pun suka didiamkan begitu aja. boro2 diusut, ditolong aja belom tentu. pd males kali, personel dikit & gaji ga seberapa tp disuruh ngatur org2 yg ga mau diatur (doyan ngotot pula), bisa cape lahir-batin.

zebra cross sbg marka yg juga ada aturan hukumnya pun, pd akhirnya jd keliatan 'lemah' & ga berpengaruh apa2 buat yg melanggar. kompleks jg sih, kalo mau betul2 dipatuhi marka2 jalan, maka harus ada: kesadaran dr pengguna jalan (siapapun tanpa mengenal status, jabatan, dll), sosialisasi hukum yg betul2 bagus (ga cm selebaran, iklan, baligo, spanduk, pamflet, dll tanpa ada tindak lanjut buat yg melanggar), kesungguhan dr aparat hukum di jalan (polantas/dishub), kekompakan & ketegasan dr masyarakat untuk taat pd peraturan di jalan, & yg terakhir semua rambu lalu-lintas harus bekerja dgn baik (jgn mati2 itu lampu merah), dll (selebihnya silahkan ditambahin).

juga jgn dikait2kan dgn jalanan sempit, rusak, dsb. krn hubungannya tipis banget. kecuali kalo mau cari2 alasan melanggar, apapun bisa (rem blong, dll.). tp ya... mungkin sudah jd rahasia umum, org2 di kita itu pengeluh, susah diatur, manja, & 'rada' pemalas. jd kalo ada peraturan itu kejadiannya: dikeluh-kesahkan (pengeluh), dilanggar (susah diatur), merasa direpotin (manja), & boro2 dijalanin (pemalas). pdhal mereka sadar kalo itu untuk kebaikan mereka jg (rada2 hipokrit (?) - well, I hope I'm wrong about this).

Quote:Original Posted By yogas0206
Keren Gan...
Usul.. Gimana kalo anak2 kaskus bikin Gerakan menyebrang jalan lewat zebra cross di atas pengendara motor seperti di video.
jadi lebih sering kita bikin tindakan seperti itu mudah2an orang2 lain pada ngerti arti zebra cross.
Semacam tindakan demo utuk para pengguna motor..

Kalo berkenan page one gan..
Gak lupa ane kasih bintang2 buat thread bermutu gini


Referensi
Diubah oleh chandrap
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 106 dari 140
RIP Zebra Cross di Indonesia
04-09-2013 10:31
bener gan di indonesia, zebra cross hanya buat perhentian kendaraan di saat lampu merah..penegak hukumny ngga tegas..
0 0
0
RIP Zebra Cross di Indonesia
04-09-2013 10:31
Yang lebih ngenes lagi kadang Zebra Crossnya yang ilang gan...
Boro2 juga zebra cross, kita kalo di lampu merah disuruh berenti di belakang garis aja kadang garisnya ga tau pada kemana. emoticon-Sorry
0 0
0
RIP Zebra Cross di Indonesia
04-09-2013 10:32
ia juga ya ane baru kepikiran kayak gitu ane yang salah satu melanggar soalnya
0 0
0
RIP Zebra Cross di Indonesia
04-09-2013 10:32
nah bener banget gan
kalo berhenti malah sering di zebra cross nya
kapok tuh sampe ada yang jatuh, ada orang nyebrang pake nylonong aja
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

tapi gan
di daerah surabaya tertib kok gan
soalnya sosialisasi rutin di lakukan
nglebihi garis sebelum zebra cross aja udah disemprit kena tilang
emoticon-Matabelo emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0 0
0
RIP Zebra Cross di Indonesia
04-09-2013 10:32
kadang ane tetep berenti di belakang garis sebelum zebra cross, biar tertib gitu. tapi kesadaran yang lain perlu banget buat lalu lintas bener di indonesia

PO t shirt warkop dki
0 0
0
RIP Zebra Cross di Indonesia
04-09-2013 10:32
Sama aja ky jembatan penyeberangan. Dibuat, tapi tidak digunakan dengan semestinya. Contoh seperti di daerah pondok indah (sebelah pim 1)
0 0
0
RIP Zebra Cross di Indonesia
04-09-2013 10:32
ane termasuk pelanggarnya gan...lha ya apa kendaraan saling banyaknya..
0 0
0
RIP Zebra Cross di Indonesia
04-09-2013 10:33
parah sudah ne.. kasian pejalan kaki jadix
0 0
0
RIP Zebra Cross di Indonesia
04-09-2013 10:33
Sebetulnya nggak sepenuhnya RIP di Indonesia, pengalaman ane di Manado boleh dibilang bikin ane terharu. Pas mau nyeberang jalan yang gede banget dan ramai abis di sana ane bingung gimana cara nyebrangnya, ada bapak2 yang bilang nyeberang aja di Zebra Cross. Awalnya agak serem sih, tapi begitu ane berada di Zebra Cross spontan semua kendaraan yg mau melintas berhenti. Padahal itu jalan yang sangat ramai.
sebetulnya Zebra Cross itu adalah jalur paling sakral buat pejalan kaki di jalan raya, kalau pejalan kaki terlanggar di sana, nggak ada ampun secara hukum buat pengendaranya.
0 0
0
RIP Zebra Cross di Indonesia
04-09-2013 10:33
jangankan jakarta, di tempat ane aja uda mula kayak gitu gan,
pernah malah di klakson in gara2 kurang maju, alias maju ke zebra cross
malahan mobil yg kbanyakan berada di belakang garis, alias tertib, miris gan emoticon-Mewek
0 0
0
RIP Zebra Cross di Indonesia
04-09-2013 10:34
penyebrang jalan harus diutamakan dulu
0 0
0
RIP Zebra Cross di Indonesia
04-09-2013 10:34
harusnya dikasih palang pintu ky di persimpangan rel kereta.... emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
RIP Zebra Cross di Indonesia
04-09-2013 10:34
hampir semua kota di indonesia begitu...situasinya udah menjadi budaya dan hal lazim..kalo tidak ada tindakan tegas dari aparat bisa jadi akan menular juga ke anak cucu kita..mari dari sekarang ubah cara perilaku kita supaya menuju bangsa yang berbudaya
0 0
0
RIP Zebra Cross di Indonesia
04-09-2013 10:35
makin gilaaak ini apalagi jakarta emoticon-Matabelo
0 0
0
RIP Zebra Cross di Indonesia
04-09-2013 10:36
Waduh banyak yang offside juga ya emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
RIP Zebra Cross di Indonesia
04-09-2013 10:38
Ya begitu lah real nya peraturan di Negara Indonesia Tercinta gan ... emoticon-I Love Indonesia
rasa malu uda ga ad gan, ad peraturan utk dilanggar bkn utk ditaati emoticon-No Hope
bawa motor sok2an kaya maen moto GP gan, d kira dia yg paling di depan pd saat lampu merah hebat wkwkwk ... emoticon-Ngakak , padahal nanti klo ketabrak nyalahinnya org , bla bla bla ... emoticon-Ngakak
aparat penegak hukum buta akan segalanya , yg harusnya memberi sanksi malah ikut2an dan hanya di kasih "kartu kuning" saja ... emoticon-Sorry emoticon-Najis

Kesadaran diri dan kesadaran hukum yg sbenarnya harus di Tambah lagi gan ...
Penyebrang jalan ud ga di hargai gan ... emoticon-Sorry
Nice Thread gan ... emoticon-2 Jempol
0 0
0
RIP Zebra Cross di Indonesia
04-09-2013 10:40
Srkarang malah tempat untuk pengendara motor nunggu lampu merah emoticon-Cape d...
0 0
0
RIP Zebra Cross di Indonesia
04-09-2013 10:40
emang udah makin edan pengandara motor sekarang, banyakan yang melanggar peraturan daripada yang taat emoticon-Hammer kampret dah
0 0
0
RIP Zebra Cross di Indonesia
04-09-2013 10:41
Pengalaman pribadi gan pas ke Austria.
Pas ane mau nyeberang, ane sengaja nungguin temen ane, saat itu posisi ane di tepi jalan depan zebra cross. Nah uniknya, semua mobil pada berhenti, ane bingung kenapa nih mobil pada berhenti ya emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)
Seketika itu juga ane nyadar kalo ano tidak di Indonesia, jadi ane putusin nyeberang duluan. Nyampek seberang, mobil2 pada jalan lagi gan.
Dalam hati ane cuma bisa comment "GILEEEEEE" ane berdiri di seberang jalan aja mobil2 udah pada berhenti, beda banget dengan Indonesia, tangan udah melambai-lambai saja masih ada yang nyerobot
0 0
0
RIP Zebra Cross di Indonesia
04-09-2013 10:42
cat zebra croos dah dianggap sepele gan
0 0
0
Halaman 106 dari 140
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia