Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

spectr124Avatar border
TS
spectr124
Hantu Anak SIMA < Pengalaman TS > suaranya menyayat hati

Hantu Anak SIMA &lt; Pengalaman TS &gt; suaranya menyayat hati
Hantu Anak SIMA &lt; Pengalaman TS &gt; suaranya menyayat hati
Hantu Anak SIMA &lt; Pengalaman TS &gt; suaranya menyayat hati

Cerita rakyat Anak Sima ini penuh misteri, ada beberapa sumber yang ane temui menceritakan bahwa sewaktu beliau kecil memang pernah mendengar jeritan tangis Anak Sima. Cerita ini berkembang di daerah hulu sungai / kalsel, waktu itu pernah menjadi cerita yang menghebohkan tetapi sekarang tidak banyak lagi anak muda yang mengetahui kisahnya.

Anak Sima berasal dari anak kapang (anak terlahir dari hubungan tidak sah), karena merupakan anak hubungan gelap maka ibu sang bayi membuangnya ke dalam hutan lebat setelah dilahirkan, untuk membuang rasa malu. Bayi yang baru lahir ini menangis sejadi-jadinya karena ia merasa lapar dan kedinginan. Berhari-hari menangis tidak ada seorang pun yang mendengar sehingga hampir mati.

Tiba-tiba saat itu lewatlah Takau (jenis hantu paling kuat dalam cerita rakyat Kalsel, bisa berubah bermacam bentuk dan ilmunya sangat tinggi). Takau yang lewat ini sangat kelaparan, saat ia mendengar tangisan bayi segera ia menuju ke sumber suara.

” aumm (takau dalam bentuk macan) laparnya ai parut ku, nyaman banar bisa bayi ngini lamun kumakan” geram Takau (lapar sekali perutku, sungguh lezat kalau bayi ini kumakan). Takau pun segera mendekati bayi itu, bayi yang menangis disentuhnya tiba-tiba berhenti menangis. Takau terpesona melihat kecakapan anak ini. Rambutnya ikal,hidung mancung, matanya bulat, bibirnya merah delima, dan tersenyum dengan sangat manis. Takau berubah menjadi bentuk manusia, digendongnya dengan mesra bayi itu, di dalam hatinya tidak ada lagi maksud untuk memakan bayi ini.
Hantu Anak SIMA &lt; Pengalaman TS &gt; suaranya menyayat hati

“bah, baik ku bawa bulik haja bayi ngini, bungas banar, kujadiakan anakku, kusayangi wan kupalihara” kata Takau kegirangan (wah, sebaiknya kubawa pulang saja bayi ini, cantik sekali, aku jadikan anakku, aku sayangi dan aku pelihara). Bertahun-tahun Takau memelihara bayi yang diberinya nama Anak Sima, tetapi anehnya Anak Sima ini tidak bertambah dewasa bentuknya tetap seorang bayi. Karena dipelihara oleh hantu, maka Anak Sima pun memiliki ilmu hantu dari Takau. Takau dan Anak Sima selalu mengembara ke hutan-hutan, kadang digendong kadang dihambin (digendong di punggung/dibopong) Takau sangat menyayangi Anak Sima. Saat Anak Sima lapar maka ia akan pergi sendiri mencari makanannya. Jenis makanan yang paling disukai Anak Sima adalah jantung manusia hidup.

Anak Sima mempunyai ilmu yang lumayan hebat semacam ilmu pengasih, dengan tangisannya orang akan terpesona sehingga mencari-cari sumber suara, setelah orang itu mendekat Anak Sima dengan mesra akan memanggil orang itu ‘Uma-Uma’ (mama). Orang yang dipanggil akan merasa kasihan dan sayang sehingga tidak mampu menahan keinginan untuk menggendong Anak Sima.

Pada suatu ketika, ada seorang ibu tua yang sedang mengumpulkan kayu bakar memasak di hutan. Tiba-tiba ia dikejutkan oleh bunyi suara tangisan bayi, meskipun dalam pikirannya bingung ada tangis bayi dalam hutan, tetapi tangisan itu sangat menggoda untuk dicari. Diperhatikannya sekeliling untuk mencari sumber tangisan itu, didekatinya, ketika sampai dibawah pohon dilihatnya ada seorang bayi yang sangat cantik rupanya.

“Uma” ujar bayi itu. Perempuan tua sangat terkejut mendengar panggilan itu. Langsung saja timbul rasa iba dan sayangnya pada bayi ini. Segera didekatinya bayi yang tadi memanggilnya dengan sebutan mama.

“kur sumangat, anakku” ujarnya (semacam panggilan orang Melayu Banjar, maksudnya mengembalikan semangat yang hilang). Bayi ini segera digendongnya, tetapi anehnya si bayi hanya mau dihambin. Kehendaknya dituruti oleh ibu tua, dalam perjalanan pulang ke rumah dihambinnya bayi ini yang tak lain adalah Anak Sima.

Semakin jauh perjalanan, si perempuan tua semakin merasakan punggungnya berat dan pedih, padahal si bayi badannya ringan. Karena tidak tahan lagi ia pun menengok ke belakang, tetapi yang dilihatnya sangat mengerikan, Anak Sima sedikit demi sedikit memakan daging punggungnya sampai berlubang setelah itu diambilnya jantung kemudian dimakannya. Perempuan tua yang sudah diambil jantungnya segera ditinggalkan lari ke dalam hutan.

Begitulah cara Anak Sima menjerat korbannya. Begitu banyak korban berjatuhan di dalam hutan karena terpesona oleh Anak Sima ini. Semua korban ditemukan dalam keadaan yang hampir sama, tubuh bagian belakang berlubang dan jantungnya telah hilang.

Di daerah yang menjadi sumber cerita ini, sering terdengar bunyi tangisan bayi di samping rumah. Bayi ini menangis sambil memanggil Uma kepada orang di dalam rumah. Bagi yang sudah tahu maka akan menyahut “Aku lainan uma ikam. Uma ikam di anu / di kampung anu” (aku bukan ibumu, ibumu di anu / di kampung anu). Maka Anak Sima yang mendengar jawaban tadi akan segera pergi ke tempat yang disebutkan oleh yang punya rumah. Sehingga terhindarlah mereka dari ancaman Anak Sima.

Menurut kepercayaan, rambut Anak Sima mampu memberi ilmu. Barangsiapa yang memiliki rambut Anak Sima akan mempunyai ilmu menghilang, kebal senjata, dan kaya raya. Tetapi sampai saat ini menurut cerita tidak ada seorang pun yang mampu menangkap Anak Sima untuk dipotong rambutnya.

share pengalaman agan sista boleh percaya atau tidak tapi percayalahane pun percaya dan masih menjadi saksi hidup kalau ane mendengar itu gak sendirian

TS sendiri sewaktu umur belasan tahun sering mendengar Suara orang menangis sambil berjalan disamping rumah nenek didaerah Hulu Sungai Utara, Suaranya itu seperti bayi kemudian berubah sampai tahap orang tua yang menangis karena bertengkar , ane sendiri masih ingat dan bilang tegur dalam hati ketika mendengar tangisan itu untuk pertama kalinya ane pun diem sambil nonton tv, beberapa hari kemudian ane mendengar lagi dan ane pun masih diam, sampai tetangga ane yang sebaya bilang pas kumpul acara main gitar sore " Tadi malam mendengar Suara anak Sima " ane gak tau sima itu siapa , jadi pulang kerumah dan cerita aja sama nenek ane , kata nenek sima itu hantu kalau suaranya keras berarti jauh tapi kalau suaranya kecil atau pelan maka itu dia dekat dengan rumah kita, nah ane pun gak mikir terlalu sampai beberapa malam kemudian tepatnya malam rabu ane pun jam 10 malam nonton tivi pakai acara rebahan dan ingat itu judul filmnya BRAVEHEART diperankan MELL GIBSON ingat pula cuacanya gerimis sayup terdengar, pas lagi seru serunya nonton eh ada suara yang menyayat hati lagi suaranya mulai dari suara anak kecil berubah sedikit demi sedikit sampai akhirnya menjadi suara tangisan orang dewasa, suara itu sangat jelas dan tidak samar seperti kita melihat orang nangis dari dekat nah seperti itulah suasana saat itu diruang tamu nenek ane yang kecil, karena kaget sampe ke ubun ubun ane pun lari kekasur nenek ane yang ada kelambu < kain yang menyelubungi diatas kasur dan dipakai sebagai pelindung terbuat dari kain transparan dan dipercaya melindungi kita dari pengaruh bangsa jin dan lelembut lainnya juga berfungsi sebagai pelindung dari gigitan nyamuk yang bisa mengakibatkan malaria dan demam berdarah> pas masuk kelambu nenek ane ternyata sang nenek ane pun mendengar tapi gak negur, ane sih bilang nek nek itu suara anak sima , nenek ane balas berkata jangan ditegur diamkan saja karena nenek pun sudah mendengar dan tau , wah wah ane kelojotan gan bukan main dari ubun ubun kayak kena setrum sampe badan pun mengigil panas dingin mendapat pengalaman itu, keesokan harinya pas nmgumpul lagi sama kawan kawan mulai lagi kami cerita tadi malam ada anak sima lewat dijalan kecil . intinya kalau mendengar jangan coba coba menjenguk lewat jendela atau negur. serem kan gan. nah itu ane alamin dijaman smp / sma ketika liburan skul , ane tinggal dibanjarmasin karena alm ayah dan emak ane kerja dibanjarmasin jadi sewaktu liburan ane menjenguk nenek ane di-Hulu Sungai Utara, Terakhir ane etemu nenek ane sih dikabarkan kalo sekarang sudah tidak ada lagi suara seperti itu karena penduduk sudah rame jadi keadaan dan suasana bukan seperti belasan tahun yang telah lewat.
Spoiler for ilustrasi kelambu bagi agan yg blm tau kelambu:

Bila agan dan sista berkenan bagi ane
Spoiler for rate 5:

dan
Spoiler for cendol:
Diubah oleh spectr124 04-09-2013 01:42
0
20.5K
103
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.