Quote:
Langkah Mengejutkan Google, "KitKat" Untuk Android 4.4
Google membuat pengumuman mengejutkan dengan merrubah nama menjadi Android generasi mendatang
yang semula bernama Android Key Lime Pie menjadi Android KitKat.Sebelum memutuskan memakai nama KitKat,.coklat batangan yang pertama kali dikenalkan pada tahun 1935 di Inggris, Google bahkan tidak tahu siapa pemegang merek coklat tersebut.
Namun, Google mengatakan kepada BBC bahwa itu telah datang dengan ide bahwa tidak ada pihak yang membayar untuk itu. 'Hal ini tidak mengubah perjanjian atau kesepakatan,' Tegas John Lagerling, Direktur kemitraan global Android, kepada BBC.
Sebaliknya, ide ini untuk melakukan sesuatu yang 'menyenangkan dan tak terduga'. Namun, salah satu ahli merek dagang memperingatkan bisa menjadi bumerang dalam keputusan seperti itu.
'Jika merek Anda "sama" dengan yang lain, Anda pasti menjadi terikat dengan merek lain (yang bersangkutan) dalam baik atau buruk(nya),' kata Simon Myers, Seorang Konsultan Merek Dagang.
'Anda akan menjadi naif untuk menjadikan itu sebagai nama brand anda dan akan timbul masalah reputasi untuk nama baik merek yang bersangkutan sebagai pemilik merek tersebut, meskipun ekuitas merek anda tidak akan terpengaruh.'
Sisi positifnya di seluruh dunia banyak konsumen yang mengetahui bahwa coklat batangan dengan merek kitkat, oleh karena itu nama kitkat sudah tidak asing lagi di telinga konsumen.
Meskipun dengan demikian resiko pasti akan muncul diantara merek satu dan lainnya karena kesamaan nama atau penyebutan merek dagang dengan yang bersangkutan.
Penyebutan yang Tepat
Sejak tahun 2009, Google dan mitra-mitranya dalam Open Handset Alliance telah CODEC setiap rilis jenis nama Android setelahnya dengan update menurut nama alfabet
Pemberian nama ini memang masih sesuai dengan tradisi Google, yang memberi nama versi Androidnya dengan nama-nama kue atau makanan manis dan sesuai abjad. Versi Android sebelumnya diberi nama Cupcake, Donut, clair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich dan yang paling akhir Jelly Bean.
" Kami baru sadar hanya sedikit orang yang tahu rasa Key Lime Pie. Dan salah satu snack yang selalu ada di dapur, saat kami melakukan coding sampai tengah maam adalah KitKat. lalu sesorang berteriak " Hey kenapa kita tidak beri nama KitKat?" "tukas John Lagerling, Direktur Kerjasam Global Android, seperti yang dilansir dari BBC News, Rabu, 4 September 2013 mengenai pemilihan nama tersebut.
" Kami bahkan tidak tahu perusahaan mana yang memiliki nama (KitKat). Dan kami pikir pilihan itu akan sulit. Dan ketika kami berpikir " kenapa tidak" kami memutuskan untuk menemui pihak Nestle. " tambah John lagi.
Mr Lagerling mengatakan ia telah membuat "cold call" (kerjasama dengan baik) ke switchboard dari agen periklanan Nestle Inggris pada akhir November untuk mengusulkan kontrak.
Keesokan harinya, perusahaan Swiss mengundang kami untuk mengambil bagian dalam rapat. Nestle menegaskan kesepakatan hanya dalam 24 jam kemudian.
"Sangat terus terang, kami memutuskan dalam waktu satu jam untuk mengatakan mari kita lakukan," Patrice Bula, kepala pemasaran Nestle kepada BBC.
Quote:
Mr Bula mengakui ada risiko - misalnya, jika OS baru ini terbukti menjadi rawan kecelakaan atau rentan terhadap malware itu bisa menyebabkan nama merek KitKat itu menjadi "tidak baik"
"Mungkin aku akan dipecat," candanya.
"Ketika Anda mencoba untuk memimpin cara baru dalam nama atau penyebutan untuk nama merek dagang Anda selalu memiliki risiko lebih tinggi daripada melakukan sesuatu yang jauh lebih tradisional."
"Anda dapat pergi putaran kolam renang 10 kali bertanya-tanya jika air dingin atau panas atau lalu Anda mengatakan: Mari kita melompat (Melakukan Keputusan anda)'
Sebuah Rahasia
Para eksekutif dari kedua perusahaan bertemu di sebuah acara rahasia yang diadakan di Mobile World Congress di Barcelona pada bulan Februari untuk menyelesaikan rincian tsb.
Sementara itu sebagai bagian dari kerjasama ini, logo robot hijau khas Android bakal tampil di kemasan KitKat, sebagai bagian dari sebuah kompetisi dengan hadiah 1000 tablet Google Nexus. Selain itu untuk menandai kerjasama Google Android dan Nestle, coklat KitKat versi Android, yang berbentuk logo robot Android akan dijual di 19 negara di dunia, termasuk Austrlia, Amerika Serikat, Brazil, Inggris, Jepang dan India.
Tim Android juga mengambil langkah-langkah untuk menjaga unsur kejutan, memberitahukan hanya kepada "Tim khusus" untuk tentang keputusan tersebut.
"Kami terus menyebut nama Key Lime Pie (untuk menjaga rahasia) dan bahkan ketika kita menyebutnya dengan mitra (perusahaan kerjasama) ," ungkap Mr Lagerling.
"Jika kita berkata, 'Menyebut K adalah KitKat (rahasia kami)', maka orang akan terus memiliki pikiran untuk mereka mencoba mencari tahu apa yang akan menjadi keputusan kami."
Kebanyakan karyawan Google akan belajar dari berita hanya ketika patung maskot Android terbuat dari KitKat diresmikan di perusahaan Mountain View, Kampus California.
"Banyak hal, terutama di saat teknologi, menjadi publik speaking (berita) sebelum mereka menklarifikasikannya secara resmi," kata Lagerling.
"Saya pikir itu akan menjadi kejutan besar bagi banyak orang, termasuk Googler."
Kemasan harus diproduksi terlebih dahulu selama dua bulan terakhir. Tapi meskipun skala operasi, kedua perusahaan berhasil menjaga kisah rahasia tersebut, "Menjaga rahasia adalah penting untuk strategi Google," mengakui Mr Bula. "Benar-benar tidak bocor."