Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

arland86Avatar border
TS
arland86
Hiu Berjalan Jenis Baru Ditemukan di Indonesia
WowKeren.com - Satu lagi terungkap kekayaan hayati di Indonesia yang kali ini berasal dari Pulau Halmahera, Maluku. Ilmuwan telah mengkonfirmasi keberadaan spesies baru hiu berjalan di laut dari kawasan Segi Tiga Terumbu Karang.

Hiu jenis baru ini pertama kali terpotret oleh penyelam asal Inggris, Graham Abbott, pada 2007. Namun baru pada 2012 dua spesimen hiu tersebut berhasil dikoleksi untuk kemudian diidentifikasi melalui penelitian. Sesuai namanya, hiu ini "berjalan" di dasar laut dengan meliukkan siripnya untuk mencari mangsa, namun jinak.

Spoiler for pic:


"Perbedaan signifikan spesies hiu berjalan ini adalah pada pola warnanya, utamanya adanya sepasang bintik di bagian bawah kepalanya," ucap Mark Erdmann dari Conservation International. "Sementara bintik-bintik yang ada di bawah kepala lainnya membentuk pola menyerupai huruf U."

Warga lokal sendiri sebenarnya sering melihat keberadaan hiu yang panjangnya 68 cm ini, namun baru sekarang diketahui peneliti. Dinamai Hemiscyllum halmahera, hiu berjalan ini diumumkan dalam Journal of Ichtyology yang terbit pada Juli 2013. Pemerintah pun berharap keberadaan hiu ini akan menjadi duta baru untuk mempromosikan pariwisata kelautan dan pelestariannya.

Hingga kini baru ada sembilan spesies hiu berjalan yang ditemukan dan enam diantaranya ada di wilayah Indonesia. Sedangkan tiga lainnya tersebar terbatas di wilayah Papua Nugini dan utara Australia. "Ini merupakan spesies hiu berjalan ketiga yang dideskripsikan dari Indonesia Timur dalam enam tahun terakhir," ucap pakar hiu dari LIPI, Fahmi.

Hiu berjalan merupakan jenis hiu yang relatif baru dikenal dan sering disebut "hiu tokek". Mereka berhabitat di laut dangkal sehingga cara pernafasannya berbeda dan bisa berenang tapi hanya untuk melarikan diri dari predator. Jenis ini memiliki gigi untuk menggerus cangkang sehingga makanannya udang, kepiting dan hewan-hewan kecil lainnya. (wk/mr)


Negara kita memang indah dan banyak kekayaannya gan.. Bangga jadi orang Indonesia.
0
3.4K
44
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.