Kaskus

News

muhviAvatar border
TS
muhvi
10 Tips Sukses Menjual Barang Via FJB Kaskus
Asaalamu'alaikum Wr. Wb.,

Perkenankan ane untuk menulis 10 Tips Sukses Menjual Barang Via FJB Kaskus. Saya akan membahas bagaimana pengalaman sukses saya menjual barang via FJB Kaskus.

Definisi Jual Beli
Jual Beli dinyatakan sah apabila adanya kesepakatan harga antara penjual dan pembeli atas harga dan kondisi barang yang dijual. Tidak ada yang dirugikan antara penjual dan pembeli.

Latar Belakang Jual Beli Online

Jual beli online pada dasarnya sama dengan jual beli langsung melalui toko atau ketemunya penjual dan pembeli di dunia nyata. Ada penjual, ada pembeli dan ada barang yang dijual. Adanya permintaan dan persediaan barang namun karena penjual dan pembeli belum ketemu di dunia nyata maka salah satu solusinya adalah penjual mengiklankan produknya via online website atau forum jual beli seperti FJB Kaskus.

Etika jual beli online juga harus dipahami oleh penjual. Menjadi penjual yang baik menjadi syarat mutlak barang dagangannya laku dan sustainable, bukan hit and run.

Etika Penjual Yang Baik:
1. Jujur
Penjual yang baik wajib jujur untuk menginformasikan barang yang dijualnya. Baik dari sisi kondisi ataupun garansi. Barang baru, barang bekas atau barang rekondisi. Informasi garansi apabila ada. Apakah garansi personal, garansi toko, garansi distributor atau tidak ada garansi harus benar-benar diinformasikan secara tegas dan jelas. Berikan gambar barang anda secara apabila ada gambarnya.

2. Melayani Pembeli Dengan Tulus dan Sebaik-Baiknya
Banyak penjual biasanya lupa akan memberikan pelayanan baik terhadap calon pembeli. Jangan sampai itu terjadi pada anda sebagai penjual. Penjual yang baik harus melayani calon pembeli dengan senang hati. Karena bisa saja pembeli belum tau informasi barang sebenernya. Atau pembeli newbie atau baru dalam jual beli online sehingga pembeli akan banyak bertanya karena ingin benar-benar tau dan pasti atas barang yang akan dibelinya. Kenyamanan atas respon penjual kepada pembeli sebenernya kunci utama untuk closing. Ada pembeli yang merasa nyaman, punya uang dan pengen dilayani dengan ramah dan baik sehingga berkenan membeli barang anda.
Melayani pembeli yang banyak tanya dan belum closing bukan menjadi alasan penjual untuk menjadi marah atau BT karena tidak segera closing. Sebagai penjual yang baik harus konsisten melayani pembeli sebaik-baiknya. Jagan sampai habis pulsa untuk melayani pembeli, karena penjual akan kehilangan kesempatan closing. Cepat mengangkat telepon dari pembeli juga menjadi syarat wajib, kalau ada pembeli telfon tapi tidak diangkat bisa jadi pembeli akan berfikir macam-macam, berfikir tiidak serius melayani pembeli atau bahkan berfikir kita penipu karena tidak bisa dihubungi. Banyak efek negatif kalau tidak segera menjawab telepon pembeli.

4. Cepat dan Tanggap Melayani Pembeli
Pembeli yang tertarik atas iklan penjual biasanya akan langsung meghubungi penjual baik via telepon, sms maupun chat seperti whatsapp, line ataupun media lainnya. Apabila telat merespon pertanyaan pembeli wajib minta maaf dan menginformasikan dengan baik kenapa terlambat merespon pertanyaan pembeli. Karena dalam jual beli online pembeli akan membandingkan dan mencari barang dan harga terbaik. Bisa jadi pembeli tidak jadi membeli barang anda sebagai penjual apabila telat merespon calon pembeli. Kadang ada pembeli yang menyimpan nomor contact kita namun pembeli belum sempat menghubungi kita sehigga kalau banyak tanya itu wajar.

5. Persediaan Barang Yang Cukup
Memiliki persediaan barang yang cukup termasuk syarat untuk dapat menjual dengan cepat. Jangan sampai ada permintaan pembeli yang serius tidak dapat clossing karena stok habis. Penjual yang berpengalaman akan tau kapan permintaan tinggi kapan permintaan akan turun.

6. Jangan Terburu-Buru Laku
Penjual yang baik tidak boleh terburu-buru untuk closing. Karena tidak semua pembeli akan langsung membeli barang kita. Bisa jadi dia sedang membandingkan dengan produk lain atau penjual lain yang menjual harga sama dengan barang dagangan anda. Berikan informasi sebanyak-banyaknya atas barang dagangan anda, berdasarkan pengalaman saya banyak pembeli ragu atas barang dagangan kita, disitulah fungsi kita penjual menjelaskan barang sejelas-jelasnya supaya pembeli mengerti. Apabila gagal closing penjual tidak boleh marah karena mungkin saja pembeli sebenernya tertarik namun belum ada uang, bisa jadi next time pembeli akan membeli barang anda karena harus menabung dahulu untuk membeli barang anda.

7. Jadikan Diri Anda Sebagai Konsultan Pembeli
Apabila anda menjual cobalah untuk mengerti bagaimana sebenernya keadaan pembeli dan apa yang dimau pembeli. Tidak semata-mata hanya ingin menjual barang saja. Berikan informasi apabila ada pembeli yang tanya walaupun tidak ada kaitannya dengan produk anda bahkan membandingkan produk anda dengan yang lain.

8. Keep Contact Dengan Pembeli dan Berfikir Positif
Jangan membuang/delete contact pembeli yang belum closing dengan anda. Penjual harus tetap berfikir positif walaupun pembeli sudah banyak tanya tapi belum closing. Banyak faktor bisa jadi belum punya uang, belum ada waktu untuk transaksi, atau kesibukan pembeli. Kadang kala penjual di waktu senggang say helo kepada pembeli, kali aja pembeli lupa dengan kita. Berharap kalau sudah ingat dan save contact kita bisa jadi akan membeli barang kita. Apabila kita keep kontak dengan pembeli yang sudah closing dengan kita bisa jadi akan repeat order.

9. Tepati Janji Saat Transaksi (COD, Rekber atau Pengiriman Via Ekspedisi)
COD
Apabila sudah deal untuk COD penjual harus benar-benar untuk menepati waktu kesepakatan ketemu. Usahakan tepat waktu supaya pembeli tidak merasa waktunya hilang karena menunggu penjual yang kelamaan ga sampai di tempat COD. Apabila sekiranya telat unt datang segera konfirmasi pembeli apa sebab telat COD. Kalau sudah COD dengan pembeli, tunjukkanlah sikap santun dan layani dengan sebaik-baiknya.

Rekber
Apabila ada pembeli minta transaksi via rekber sepakati berapa yang harus dibayar untuk melakukan transaksi rekber. Dan informasikan bagaimana tata cara transaksi rekber kepada pembeli supaya memiliki pemahaman yang sama.

Pengiriman Ekspedisi
Biasanya pembeli setelah deal harga baru penjual mengirimkan barang via ekspedisi. Penjual harus segera memberikan resi pengiriman barang kepada pembeli dan sebagai bukti barang telah dikirim. Informasikan estimasi biaya, asuransi dan waktu pengiriman sehingga pembeli merasa aman dan nyaman barangnya telah dikirim dengan baik.

10. Mintakan Referensi Calon Pembeli
Apabila penjual udah closing dengan anda, tetaplah menjaga hubungan baik dengan pembeli. Jangan ragu untuk mintakan referensi calon pembeli lain. Kalau barang anda bagus maka penbeli tidak akan ragu untuk mereferensikan anda bahkan menjadi reseler anda.

Semoga pengalaman saya sebagai penjual dapat menginspirasi anda untuk menjual barang via online.

Ane mengharapkan masukan, sharing pengalaman dan advice juragan dalam jualan supaya ane lebih baik lagi sebagai penjual.

Ane mohon juragan yang puas atas tulisan ane untuk memberikan cendol.

Terima kasih atas waktu yang telah diluangkan untuk membaca pengalaman ane jualan online di FJB Kaskus.

Sukses selalu menyertai Juragan.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
0
6.8K
87
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Ilmu Marketing & Research
Ilmu Marketing & Research
KASKUS Official
6.2KThread2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.