Kali ini TS bermaksud mengajak agan buat bernostalgia dengan salah satu bus favorit bus legendaris bus terpopuler. Bagi agan-agan yang sering perjalanan Surabaya-Madiun-Solo-Jogajakarta PP pasti tidak asing lagi dengan bus Sumber Kencono.
Spoiler for buka:
Spoiler for buka:
Po Sumber Kencono Didirikan oleh Setyaki Sasongko yang berpendidikan Lulusan Teknik Mesin dan pernah bersekolah di Jerman, pada saat berdiri hanya berjumlah 6 bus bekas dari PO Maju Mapan. Arti Sumber Kencono sendiri adalah “Sumber Penghasilan”.
Sumber Kencono (SK) adalah fenomena yang nyata. SK adalah mesin uang bagi pemilik PO itu, bagi crew, dan sebagian besar pengguna jasanya. Banyak pengamen dan pedagang asongan yang menggantungkan hidup dari SK di jalur
Surabaya-Madiun- Solo-Jogja.
Sang fenomena ini berangkat tiap interval sekitar 20 menit sekali selama 24 jam non stop di jalur Surabaya-Madiun-Solo-Jogja. Banyak konsumen bus yang jadi penumpang bus ini dan selalu menantinya yang akan membawa mereka ke kota tujuan. Di jalur Surabaya-Jogja PP belum ada PO lain
yang bisa menandingi ‘kedigdayaan’ PO ini.
Coba agan naik bus satu ini. Dalam perjalanan Anda pasti akan disuguhi fenomena yang nyata. Seringnya sesama bus SK yang saling berpapasan. Dekatnya interval pemberangkatan bus satu dengan bus SK di depan dan di belakangnya.
Semua karena populasi armada SK yang memang banyak dan menguasai jalur Surabaya-Jogja, ada sekitar 250 armada yang dimiliki PO yang bergarasi di Krian Sidoarjo Jatim. walaupun ada kompetitor lain seperti PO Mira, PO Eka
Dengan karakter pengemudi tunggal yang membawa bus untuk perjalanan satu rit (pergi-pulang), maka pengemudi dituntut tiba di tujuan lebih awal untuk
memaksimalkan waktu istirahat yang lebih panjang di terminal. Alhasil, sopir
dituntut memacu busnya cepat dan cepat. Whuss whusss…
Meskipun dari awal berdirinya sampai sekitaran tahun 2010 sering terjadi kecelakaan yang melibatkan PO Sumber Kencono. Hal ini tidak menyurutkan niat penumpang untuk berpergian dengan SK dan nikmatilah keganasan mesin-mesin bus
ber-cc besar yang digeber habis di jalan raya. Hingga sempat terdengar kabar kalau ijin trayek PO Sumber Kencono akan dicabut oleh Dishub dan DLLAJ Jawa Timur.
Spoiler for buka:
Seiring dengan ancaman akan dicabutnya ijin trayek Sumber Kencono maka pada tahun 2010 PO Sumber Kencono merubah nama dengan PO Sugeng Rahayu dan Sumber Selamat dengan begitu harapan dari perusahaan Sumber Kencono yang biasa diplesetkan menjadi Sumber Bencono (Bencana) ini bisa menjadi lebih santun di jalan raya.
Bus Sugeng Rahayu dan Sumber Selamat
Spoiler for buka:
Sekian trit dari ane gan, kalo berkenan yang udah ISO boleh dong lempar ijo ijo
Kalo belum ISO boleh bantu rate aja gan
Tapi jangan dilempar gan ane gak lagi bikin rumah
0
8.9K
Kutip
66
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!