Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Raginang_OyekAvatar border
TS
Raginang_Oyek
Masih ngasih duit ke pengamen/pengemis/anjal ? baca dulu nih
Agan2 masih berbaik hati ngasih duit ke pengamen/pengemis/anjal?

Ane punya pengalaman kisah nyata. Orang tua ane wiraswasta buka usaha konveksi kecil2an di Bandung bermitra dengan pabrik besar dengan target produksi, bukan target penjualan. sehingga usaha orang tua ane perlu tenaga kerja sebanyak-banyaknya karena mesin produksi dan bahan baku berlimpah. Udah beberapa bulan ini ortu ane ngeluh kalo usahanya mau bangkrut, bukan karena kurang modal atau tidak laku, tetapi karena gak ada tenaga kerja yg mau berprofesi jadi penjahit konveksi. padahal udah meski gaji belum UMR tapi makan pagi dan sore dijamin.

Akhirnya ortu ane buka warung kecil2an, dan sering curhat sama engkoh2 grosir. Ternyata si engkoh2 grosir juga cerita kalo pegawainya banyak yg kabur dan sering gonta-ganti bahkan banyak yg nyolong. walhasil dari ada 11 pekerjanya cuma tersisa 3 orang sehingga si engkoh2 harus turun tangan juga melayani delivery yg biasa dikerjakan anak buahnya.

Engkoh grosir juga cerita kalo teman2nya yg buka kafe atau resto juga terancam tutup karena gak ada tenaga kerjanya, pada berhenti, kabur, dan susah cari pengganti.

apa kaitannya dengan pengamen/anjal/pengemis?

nih, suatu saat di suatu lampu merah di bandung, waktu ibu ane naik angkot.., datanglah pengamen usia 15-20an (usia produktif banget), kemudian setelah nyanyi, ibu ane ngomong :

Ibu Ane : Jang! daek teu digawe di Ibu? meunang duit keur jajan, tuluy dahar dijamin isuk jeung sore.. (De! mau gak kerja di ibu? dapat uang jajang dan makan dijamin pagi dan sore)

Si pengamen cuma ngeliatin ibu ane doang udah gitu gak jawab apa2 sambil pergi ke angkot di belakang untuk ngamen lagi

Sopir Angkot : Ah ibu, nu kararitu patut mah marales hungkul, meunang duit dipake mabok, padahal abdi anu banting tulang narik angkot anu beuki sepi wae neang duit teh hese. numatak tong sina dibere geura. pamalesan hungkul! (Ah ibu, mereka itu orang2 malas, dapat duit dikit langsung pada mabok, padahal saya yang banting tulang narik angkot yang penumpangnya makin sepi aja kerasa nyari duit itu susah, makanya jangan pada ngasih ke pengamen itu)

Nah inilah fakta, semenjak krisis ekonomi 1998 ngamen dan ngemis udah berhasil menyuburkan budaya malas, Industri kecil dan rumah tangga kita sekarang krisis tenaga kerja produktif bukan karena gak ada kerjaan tapi pada malas padahal para pengamen itu rata2 usia emas produktif.

Anak jalanan? aah sama aja..., dulu temen ane pernah aktif di LSM yg nangani anak2 jalanan supaya sekolah, sudah dicarikan orangtua asuh dan yg terjadi mereka ngabur dari sekolah, kembali ke jalanan karena sudah terbiasa dapat duit mudah....

apakah rakyat negara ini suatu saat nanti akan tergantikan oleh orang2 india yg mau bekerja dengan tarif murah seperti di singapore atau di teluk?

ini adalah tanggung jawab kita semua
Diubah oleh Raginang_Oyek 27-08-2013 12:16
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
3.6K
36
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.