Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

reformisAvatar border
TS
reformis
Sejarah Lenteng Agung..(renungan demo Anti Pancasila warga Lenteng besok)
Dear Kaskusers,

Besok sekitar ratusan warga Lenteng yang memaksa pengunduran diri lurah hasil penunjukan Jokowi dan Ahok yaitu Susan Zulkifli karena beragama Kristen akan berlangsung di Balaikota DKI Kebon Sirih. Mereka menganggap Lenteng Agung adalah wilayah dengan proporsi 90% Muslim, sehingga harus dipimpin oleh yang sealiran yaitu Islam Sunni.

Ironisnya, nama Lenteng Agung sendiri adalah nama KAFIR (Lenteng berasal dari kata Kelenteng).. istilah kata kalau kita sebagai Muslim risihkah kita tinggal di daerah dengan nama Gereja Agung, agak ironis memang...

Sedangkan sejarah Lenteng Agung sendiri tidak lepas dari sejarah Depok dan Pondok Cina..berikut adalah sejarahnya

PONDOK CINA, DEPOK.
Ada kawasan dekat kampus UI di Depok namanya Pondok Cina. Sekarang tempat ini ramai dijejali dengan pusat hunian mahasiswa dan pusat jajanan/rumah makan. Mengapa disebut Pondok Cina? Menurut cerita sesepuh Depok. Ini bermula sejak jaman penjajahan Belanda (sekitaran tahun 1900-an) sebelum merdeka. Belanda membangun pusat pemukiman bagi petinggi dan pensiunannya di wilayah Depok (kata Depok konon berasal dari nama orang belanda: De Vooc). Untuk membangun rumah-rumah itu disuruh tenaga bangunan yang terampil, umumnya dari kalangan etnis Cina selain penduduk lokal. Nah orang-orang Cina itu semuanya berasal dari wilayah Jakarta tapi setiap hari harus masuk epok untuk bekerja. Belanda melarang mereka tinggal walau sementara di wilayah depok. Al hasil daripada harus pulang pergi Jakarta-Depok tiap hari, mereka ramai-ramai memutuskan untuk membangun tenda-tenda atau pondok-pondok di lahan kosong di luar batas wilayah yang diperbolehkan. Sejak saat itu wilayah tersebut dipanggil orang sebagai PONDOK CINA.

Dan perlu saya tambahkan sedikit.
Depok itu bukan artinya De Vooc (komplek perumahan), melainkan :
"De Eerste Protestentante Organisatie van Kristenen"
Yang artinya :
Gereja Kristen Rakyat Pertama

Konon kabarnya dulu, Depok merupakan daerah tertutup bagi orang keturunan Tionghoa, makanya orang keturunan Tionghoa yang pergi ke Depok (untuk berdagang misalnya) hanya bisa sampai daerah pinggiran Depok.

Naah, saat datang ke (pinggiran) Depok itu mereka menginap di tempat yang sekarang bernama Pondok Cina.

Lenteng Agung
Tidak jauh dari Pondok Cina tersebut, mereka melaksanakan ibadah di suatu klenteng besar. Sekarang klenteng tersebut masih ada. Daerah tersebut namanya Lenteng Agung


Pasar Minggu, Pasar Senen, Pasar Rebo, Pasar Kamis, Pasar Jumat.
Sesuai dengan jadwal perdagangan para tauke tionghoa dan warga belanda yang beragama Kristen Advent yang (konon) meliburkan diri untuk beribadah pada setiap hari Selasa dan Sabtu.

Mampang & Warung Buncit
Asal katanya dari "Empang" (tambak ikan air tawar). Di daerah mampang tersebut, ada seorang warga Betawi yang sukses berdagang. Tokonya besar dan megah. Si pemilik toko tersebut ternyata adalah seorang pria tambun, perutnya buncit. maka dinamakanlah daerah tsb Warung Buncit.


Jadi intinya sejak zaman 1750 an ..warga Indonesia adalah warga yang heterogen...sama-sama mengerti...hanya orang Belanda saja yang merasa superior...

Demonstrasi warga besok adalah bukan hanya ujian bagi kepemimpinan Jokowi tapi ujian bagi wawasan kebangsaan kita...seperti kita ingat..Indonesia lahir bukanlah karena adanya umat Islam yang menginginkan kemerdekaan tapi konsensus bersama dari Sabang sampai Merauka yang RINDU akan adanya PERSAMAAN RASA..RASA ORANG MERDEKA

As quoted from Abraham Lincoln
"We have, as all will agree, a free Government, where every man has a right to be equal with every other man. In this great struggle, this form of Government and every form of human right is endangered if our enemies succeed."
--August 22, 1864 Speech to the One Hundred Sixty-fourth Ohio Regiment
0
16.1K
162
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.