Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jumadil7Avatar border
TS
jumadil7
Mengunjungi salah satu Danau terdalam di indonesia, Matano
WELCOME TO MY TRHEAD

ts berharap info ini bakal menarik bagi orang-orang dan ingin mengunjunginya

TS SIAP TERIMA emoticon-Blue Guy Cendol (L)DAN emoticon-Rate 5 Star

Mengunjungi salah satu Danau terdalam di indonesia, Matano


100% no repost

Mengunjungi salah satu Danau terdalam di indonesia, Matano


Mengunjungi salah satu Danau terdalam di indonesia, Matano

Ada yang tahu nga' danau matano..???
sebagian dari masyarakat indonesia banyak yang nga' mengetahui keberagaman keindahan negaranya sendiri dan memilih mengenali keindahan negara orang lain. emoticon-SorryMAAF GAN INI FAKTA.
Sebelum saya mau jelasin keindahan danau matano ini, saya mau berikan info letak geografis danau ini.
Spoiler for peta:

Spoiler for SULAWESI SELATAN:


Namanya memang tak semasyhur Danau Toba di Sumatera Utara. Namun, soal sensasi, bolehlah ia bersaing dengan Laut Mati di Jordania. Untuk skala Asia Tenggara saja, kedalaman danau di Desa Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, ini sulit dicari sandingannya.

Danau seluas 16.408 hektar ini memiliki kedalaman hampir 600 meter dengan kejernihan air hingga 20 meter. Peter Hehanussa, ahli limnologi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia yang sejak tahun 1973 meneliti Danau Matano, menyebut danau ini sebagai danau terdalam di Asia Tenggara dan memiliki keistimewaan dibandingkan dengan danau lain di Tanah Air.
SUMBER
Spoiler for matano stile:

Agan-agan masuk kesana nga' dipungut biaya. kecuali menyewa fasilitas seperti perahu atau rumah sewa untuk menikmati indahnya sunrise
Spoiler for sunrise di matano:

Kondisi tersebut menyebabkan suhu air di Danau Matano anomali. Temperatur air di permukaan danau justru lebih dingin. Suhu air bertambah 1 derajat celsius lebih hangat setiap kedalaman 100 meter. ”Kondisi inilah yang membuat Danau Matano kaya akan habitat endemik,” ungkap Peter.

Berbagai keunikan dan keindahan tersebut dapat dinikmati dengan menyewa perahu milik warga setempat. Perahu ketinting yang berkapasitas 10 orang dapat disewa Rp 200.000 per hari. Jika berlibur dengan rombongan lebih dari 10 orang, pelancong dapat menyewa perahu jenis raft seharga Rp 600.000 sehari.

Menurut Nando (30), pemilik perahu sewaan, tarif itu hanya bisa didapat jika menyewa langsung kepada pemilik perahu. ”Biaya bisa lebih mahal Rp 100.000-Rp 200.000 jika menyewa lewat calo,” ujarnya. Ia pun menyarankan agar pengunjung langsung datang ke kios-kios pemilik perahu dan menghindari tawaran calo yang banyak berkeliaran di pintu masuk dermaga.

Spoiler for perahu:

Saat berkeliling danau, alangkah ruginya jika tidak menyambangi sejumlah titik. Setelah melewati deretan rumah panggung di tepi danau, pelancong dapat menikmati hijaunya hutan yang menyelimuti Pegunungan Verbeek. Di dasar gunung terdapat beberapa goa bawah air yang tampak natural dengan juluran akar dan dedaunan pohon di bagian mulutnya.

Selama ini, goa tersebut menjadi tujuan utama peneliti yang tertarik dengan beragam ikan dan batu karang endemik Danau Matano. Sekitar 30 menit perjalanan dari goa, pelancong akan sampai di empat pulau kecil yang biasa disebut Pulau Kucing oleh warga setempat.

Pemandangan di gugusan pulau itu tak terlalu menarik karena hanya berupa deretan pohon mangga. Menurut Namrin (50), warga setempat, pohon mangga itu konon ditanam warga saat melarikan diri dari kejaran DI/TII sekitar tahun 1950-an. Namun, panorama di bawah pulau sungguh indah dan menawan.
Spoiler for show:

Aksesibilitas menuju Taman Wisata Alam Danau Matano dapat dicapai dengan jalur darat dari Kota Makassar sebagai Ibukota Propinsi Sulawesi Selatan. Jarak Kota Makassar ke kawasan Taman Wisata Alam Danau Matano secara keseluruhan adalah ± 620 Km, dengan jalur : Makassar – Parepare – Palopo – Masamba – Malili - Soroako - Taman Wisata Alam Danau Matano. Kondisi jalan darat yang dilalui relatif baik (jalan propinsi, jalan kabupaten dan jalan PT. INCO). Waktu tempuh berkisar antara 12 hingga 13 jam. Selain itu, Taman Wisata Alam Danau Matano dapat ditempuh dengan menggunakan Pesawat Udara jenis Fokker (jumlah penumpang maksimal 12 orang) dari Bandara Hasanuddin (Kabupaten Maros) ke Bandara PT. INCO
Spoiler for Sahabat kaskus saya:


GIMANA GAN, TERTARIK NGA' MAU KESANA


emoticon-Rate 5 StarDAN emoticon-Blue Guy Cendol (L)
ATAU SETIDAKNYA DI KOMENG GAN.

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)


emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus
Diubah oleh jumadil7 26-08-2013 09:23
0
5.2K
59
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.