anak.lelebambAvatar border
TS
anak.lelebamb
Bikin Beef Wellington Ternyata Mudah
Hi Gans,

Gara2 kebanyakan nonton Hell's Kitchen, gw penasaran sama si wellington.
Gw mau share pengalaman bikin beef wellington di rumah. Ternyata ga susah2 amat...pertama kali gw nyontek chef Gordon Ramzy


Spoiler for video:


Ya kalian bisa liat kan dia ga nyebut berapa2nya, jadi semuanya to taste aja.

1. Dagingnya
Spoiler for :

Milih dagingnya agak susah juga, kalo kita pake daging lokal harganya emang murah tapi alotnya kaya ngunyah sendal jepit. Gw saranin sih lu pake daging australi yang dikit lebih mahal walaupun gw sendiri pake daging lokal. Sama tukang dagingnya kalo beli daging lokal di pasar bilang aja khas dalam, karena kalo lu sebut Filet Mignon dia bakalan garuk2 kepala emoticon-Big Grin. Yang pasti bersihin dari lemak dan selaput yang melapisi daging itu (lupa namanya apa).



- Potong daging rada besar, kira2 250gr atau lebih, bentuk kotak
- Bumbuin daging pake black pepper dan garam aja

Spoiler for :


Tuang olive oil di atas wajan dan setelah panci panas, letakkan daging. setiap sisi kira2 3 - 5 menit aja. Kalo seperti ini langsung diproses, nanti welingtonnya bakalan basah karena darah dari daging. So bagusnya sih setelah di masak, daging diperes2 sampe airnya keluar secukupnya. Jangan dibuang airnya, tampung aja dulu.
Spoiler for :


2. Jamur
Gw nyoba masak pake jamur sitake segar, walaupun rasanya enak tapi baunya kaya bau jengkol emoticon-Big Grinjadi gw saranin pake jamur champignon




Jamurnya dicacah sangat halus, kalo bisa sih pake chopper atau food processor (bukan blender), nyalaiinnya di-pulse, jangan nyala terus.

Spoiler for :


Gw juga udah nyoba ditambahin hati ayam dan rasanya jadi enak. Harusnya pake foie gras atau hati bebek, tapi yang ada juga jadi lah. Kalo emang mau pake hati ayam, rebus dulu sampe mateng kemudian campur sama jamur dan di chopper.

Tumis jamurnya pake sedikit garam dan olive oil.
Spoiler for :


3. Prep
Setelah jamur dan dagingnya cukup dingin, kita bisa mulai preparation.
Buka lembaran cling wrap (plastic wrap) di atas meja. Oleskan jamur diatas plastik hingga rata kemudian taro daging diatasnya. Setelah itu gulung dan simpan di kulkas selama 20 menit. Tujuannya supaya minyak, lemak daging, tadi pada membeku sehingga jamurnya lengket.


Spoiler for :



4. Puff pastry
Puff pastry bisa dibeli di supermarket. Kalo yang Indonesia punya merek nya EDO. Siapkan puff pastry secukupnya, kalo gw saranin sih lu giling lagi biar tipisan...selain hemat, jadinya lebih garing nantinya. Sisi yang akan diletakkan daging-jamur tadi diolesi sama kuning telur.


Spoiler for :


5. Prep Wellington
Keluarkan daging dari kulkas, buka plastic wrap nya dan hati2 diletakkan di atas puff pastry. Setelah itu dibungkus dengan rapi seperti bungkus kado. Usahakan serapat mungkin dan pastikan tidak ada yang bocor. Jangan sampe ada udara diantara puff pastry dengan daging-jamurnya, karena nanti wellington-nya pecah (meledak emoticon-Big Grin). Oleskan permukaan yang mulus (bukan yang ada keliman/lipetan) dengan kuning telor. Sayat2 seperti tulang ikan atau garis2 dengan gagang sendok, hati2 jangan sampai bocor.

Kalo ga yakin wellingtong nya rapet, boleh aja wellington tadi dibungkus sama plastic wrap dan diteken2. Perbaiki lagi lipatannya kalo sampe terbuka atau bocor.


Spoiler for :


6. Masak
Siapkan oven 250C
Oles loyang dengan mentega dan letakkan wellington nya di atas loyang itu.
Masukkan wellington nya dan panaskan selama:
- Medium rare - 30 menit
- Medium - 38 menit
- Well-done 45 menit

kalo pake oven listrik pas awal2 manggang, pemanas dua2nya nyalain, kira2 setelah puff pastrynya ngembang dan coklat, matiin pemanas yang atas.


Spoiler for :


7. Siapin Saus dan lainnya
Kalo mau disajikan sama salad, siapin aja saladnya.
Kalo mau disajikan sama wortel, jagung dan kacang polong hijau rebus, rebus lah dulu.

untuk menyiapkan sausnya.
Kalo ga punya gravy instan:
- Air daging yang tadi di point 1, masukkan dalam panci. Setelah itu masukkan lemak daging dan kasi black pepper. Tumis hingga harum. Kasi garam secukupnya dan kasi air sedikit aja. Hasinya cuma sedikit saus sebagai perasa.

Kalo punya gravy instan:
- Air daging yang tadi di point 1, masukkan dalam panci. Setelah itu masukkan lemak daging dan kasi black pepper. Tumis hingga harum. Kasi garam secukupnya.
- Larutkan gravy dicampur sama tepung terigu. Tuang ke tumisan yang diatas tadi.
-Aduk dan tambah air jika kelewat kental. cicip apakah garemnya cukup atau belum.
- Kalo mau, tuangkan white wine sedikit, biarkan mendidih sebentar dan matikan api.

8. Penyajian
Potong wellington di tengah2, hati2 karena uap panas segera keluar dari balik roti. Potong lagi sisanya dan ditata dengan semua saus dan sayuran.
- Kalo berantakan ya udah ga papa, namanya juga belajar...rasanya ga berubah kok.
- Kalo ternyata kurang mateng, biasanya chef Ramsay bilang "Look at this, ITS F***ING RAW, ITS RAAAAWWW!" emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin. Padahal solusinya cuma masukkin aja lagi ke oven selama 5 -10 menit
- Kalo kematengan...HAJAAAAAR.


Spoiler for :


Enjoy, bon appetit, gutten appetit, selamat makan
0
49.3K
209
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Oriental Exotic (Asian food)
Oriental Exotic (Asian food)KASKUS Official
2.5KThread2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.