Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

HabenkDFAvatar border
TS
HabenkDF
MMA (Mixed Martial Arts) OFC akhirnya di adakan di Indonesia
WELCOME TO MY THREAD


Spoiler for bukti no repost:



13 September 2013 nanti, sebuah ajang pertarungan bela diri campuran atau dikenal dengan mixed martial arts (MMA) bakal digelar di Jakarta. Petarung Indonesia, Vincent Majid siap menghadapi petarung asal Malaysia, Eugenio Tan untuk memperebutkan gelar juara Kelas Berat Ringan.

Pertarungan bela diri jenis ini tampaknya mulai menjamur. Dari sisi tontonan memang menarik, karena sifatnya yang minim aturan. Bahkan cenderung bebas. Selain itu, mampu mempertemukan berbagai aliran bela diri. Dari gulat hingga silat dan Jiu-Jitsu.

Seni tarung bebas ini, seperti dicatat USA Today, pertama kali diperkenalkan di Jepang oleh Satoru Sayama, pegulat profesional Negeri Matahari Terbit, pada 1985. Namun pertarungan resminya, ungkap Jordan Breen, kolumnis MMA - di antaranya di New York Times dan ESPN.com - pertama kali digelar pada 1986. Itu pun khusus amatir. Sedangkan profesional dimulai tiga tahun kemudian.

Setelah itu, bela diri yang juga dikenal dengan sebutan Shooto tersebut terus berkembang. Masuk ke Amerika di akhir 1980-an, diperkenalkan oleh Yorinaga Nakamura. Anak didik Sayama ini mulai mendirikan Inosanto Academy, pusat latihan Shooto di Negeri Paman Sam, pada 1991.

Dari sinilah lahir para petarung terkenal, di antaranya Erik Paulson, Ron Balicki, Dan Inosanto serta Larry Hartsell. Mereka di bawah bimbingan Nakamura. Seni bela diri ini terus merambah ke Kanada, Amerika Latin, juga Eropa.

Sejak 1993, mulai lahir kejuaraan tarung bebas dengan nama Ultimate Fighting Championship (UFC) yang menggelar turnamen MMA professional di Amerika Serikat. Seperti virus, ia cepat menyebar. Sampai-sampai, Senator Amerika ketika itu, John McCain, menyebutnya “sabung ayam” lantaran ganasnya pertarungan tersebut.

Tiga tahun setelah UFC lahir, McCain sempat berkirim surat kepada seluruh gubernur di Amerika agar melarangnya. Tak berhasil.

Rupanya, sebagai tanah kelahiran seni bela diri campuran itu, Jepang tak mau kalah. Pride Fighting Championship – belakangan menjadi organisasi MMA terbesar di Jepang – lahir pada 1997. Selanjutnya, ajang dengan nama DREAM ikut muncul sebelas tahun kemudian.

Sementara perhelatan serupa yang paling bungsu, namun jadi terbesar di kawasan Asia adalah One Fighting Championship. Ajang tarung yang pertama kali diluncurkan pada 2011 di Singapura inilah yang masuk ke Indonesia setahun setelah itu.

Walaupun dari sisi tontonan televisi sebenarnya, pertarungan seni bela diri campuran nan bebas ini sudah masuk ke Indonesia sejak 2002 lewat program televisi UFC. Dilarang oleh Komisi Penyiaran Indonesia pada 2004, tapi muncul lagi lima tahun kemudian.

Nah kini, yang hadir bukan sekadar tayangan televisi. Tapi pertandingan langsung.

Setelah penyelenggaraan pertama ONE FC tahun lalu, geliat seni bela diri campuran makin terasa. Misalnya, diperlihatkan dengan berdirinya beberapa organisasi yang menaungi bela diri campuran tersebut, seperti Federasi Beladiri Indonesia (FOBI) dan Organisasi Martial Arts Indonesia (OMI).

Jadi, pada pertarungan 13 September mendatang, merupakan kali kedua One FC digelar di Indonesia. Karena itu, selain petarung asal Indonesia dan Malaysia yang bertarung untuk memperebutkan gelar, ada juga pertarungan lain.

Petarung veteran asal Jepang Shinichi Kojima dan Yasuhiro Urushitani akan bertanding. Satu di antaranya akan memegang gelar Juara Dunia One FC Kelas Terbang.

Siapa bakal mengangkat sabuk juara?


Spoiler for Ini petarung MMA indonesia Vincent Majid gan:


Spoiler for Ini petarung MMA indonesia Max Metino gan:


Spoiler for Ini petarung MMA indonesia Vincent Latoel gan:


Spoiler for Ini petarung MMA indonesia Brianata Rosadhi gan:


Spoiler for Komentar CEO ONE FC:


Komentar TS : haha penasaran ane apa indonesia bisa punya sabuk di tarung bebas ini emoticon-Matabelomenurut agan?

Spoiler for Jangan di:

Spoiler for Kalo agan dermawan:

Spoiler for atau:



Spoiler for sumber:
Diubah oleh HabenkDF 20-08-2013 23:02
0
8.8K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.