Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jakartapeduliAvatar border
TS
jakartapeduli
HUT RI 68 : Lagu Nasional cuma dinyanyiin 2 Bait, Lagu SBY dinyanyiin Full Version


TEMPO.CO, Jakarta - Peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke-68 akan dirayakan dua hari lagi, Sabtu, 17 Agustus 2013. Dan seperti beberapa tahun terakhir ini, lagu ciptaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bakal berkumandang dalam upacara 17 Agustus yang digelar di halaman Istana Negara. Kali ini, tembang gubahan SBY yang akan dinyanyikan adalah Bangga Jadi Anak Indonesia.

Dalam latihan upacara 17 Agustus, kelompok paduan suara sempat memperdengarkan alunan Bangga Jadi Anak Indonesia kepada SBY. Hasilnya, si pencipta lagu memberikan kritikan. "Koreksi saya, lagu Bangga Jadi Anak Indonesia interlude-nya terlalu lengang," kata SBY di Istana Negara, Kamis, 15 Agustus 2013. "Temponya terlalu lambat, kemudian kontribusi dari paduan suara belum tampak benar. Tolong diperbaiki, masih ada waktu."

Menurut SBY, lagu ciptaannya harus selaras dengan langgam daerah yang dibawakan paduan suara. Disajikan dengan aransemen yang mampu membuat suasana bersemangat karena dinyanyikan dalam rangkaian upacara kemerdekaan. SBY juga meminta paduan suara untuk mengurangi durasi lagu daerah. Alasannya, rangkaian lagu dan medley daerah memiliki durasi panjang sehingga akan menyiksa peserta upacara yang terus berdiri.

Untuk itu, SBY memberikan solusi agar setiap lagu daerah hanya dinyanyikan beberapa bait. Kemudian dilanjutkan dengan lagu daerah lain. "Kalau memang susah untuk membuatnya karena tinggal dua hari, jadi jumlah lagunya saja yang dikurangi," kata SBY.

Secara umum, dalam latihan persiapan upacara kemerdekaan, SBY menilai banyak petugas yang masih kurang bersemangat. Suara dan tempo gerak masih dinilai lambat dan lemah. Kritik terutama diberikan kepada pembawa acara dan komandan upacara yang dinilai kurang menampilkan semangat kemerdekaan dalam upacara. "Kalau dari awal lemah, akan mempengaruhi seluruh rangkaian upacara."

http://www.tempo.co/read/news/2013/0...li-Dinyanyikan

aduh pak beye... kalo kepengen narsis n lagunya dikenal bukan dgn cra sperti itu juga kaliii... jelas2 lagu nasional n lagu daerah lebih punya makna sejarah drpd lagu pak beye.. ya shrsnya pak beye ngalah dong...

salam Jakarta
0
4.5K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.